Jum'at, 19 Juli 2019

Genmuda – Lulus SMA udah, lolos tes seleksi mahasiswa baru udah, ospeknya (mungkin) juga udah. Satu-satunya hal yang masih harus dijalanin engga lain dan engga bukan palingan ya tinggal kuliahnya.

Pas lagi ngejalanin masa ospek, banyak di antara kamu mungkin pengennya langsung buru-buru kuliah aja. Tapi, sekalinya udah mulai kuliah, kamu malah mulai goyah karena berbagai hal baru dan berbeda yang harus kamu hadapi setiap harinya. Dari yang tadinya semangat 45, eh kamu akhirnya jadi loyo.

Intinya, tahun pertama kuliah emang selalu jadi masa yang paling nyenengin sekaligus yang paling nyebelin di sepanjang kehidupan perkuliahan. Terlepas dari itu, kamu engga perlu panik yang gimana-gimana kok, Kawan Muda. Berikut ini adalah 5 tips supaya kamu bisa bertahan di tahun pertama kuliah:

1. Jangan keburu kebakaran jenggot

via gifwave.com

Iya sih ngomong doang emang gampang. Tapi, stres mikirin hal-hal yang di luar kuasa kamu itu ujung-ujungnya cuma bakal bikin situasi makin keruh alias engga ngebantu nyelesain masalah yang harus kamu hadapin. Lagi pula, manusia ‘kan emang biasanya suka keburu takut sama hal-hal yang belum diketahui. Maka dari itu, biar engga terus-terusan kebanyakan mikir, mending kamu atasi dengan olahraga aja.

2. Susun strategi dan rencana

Sama kayak poin sebelumnya, ngomong emang biasanya lebih gampang dari pada ngelakuin. Apalagi buat hal yang satu ini, yang ada paling cuma jadi wacana doang. Meski begitu, bukan berarti hal ini engga layak kamu coba. Justru, hal ini nantinya bisa ngebantu kamu buat kembali mencapai tujuan kamu di saat kamu mulai ngerasa ‘keluar jalur’. Yang penting sih kamu engga lupa nyimpan catatannya di mana (jangan di hp!).

3. Banyak-banyakin teman baru

via tenor.co

Bertemu orang baru dan banyak-banyakin teman bisa dibilang merupakan bagian yang penting dari dunia perkuliahan. Tanpa mereka, tentu engga ada yang bisa kamu ajak buat ngobrol, belanja, atau jalan bareng. Kamu emang engga harus berteman sama tiap orang yang ada di kampus kamu. Namun demikian, ya minimal kamu punya beberapa orang teman baik lah.

4. Minta bantuan orang lain

Udah kenalan sama banyak orang baru dan punya banyak teman, percuma kalo engga ada yang bisa dimintain tolong. Daripada kamu cuma pusing sendiri, coba deh ngobrol sama orang-orang di sekitar kamu, entah itu senior, dosen, atau bahkan sesama maba lainnya. Bahkan, kalo kamu ada kesulitan dalam belajar, engga usah malu buat ajak teman-teman kamu bikin kelompok belajar. Percaya deh, mereka yang bilang kamu sok rajin nantinya pasti bakal nyesel, Kawan Muda!

5. Jaga hati dan iman

(Sumber: Istimewa)

Engga bermaksud nakut-nakutin, tapi di dunia perkuliahan pada dasarnya kamu bakal ketemu dengan orang-orang dengan pemikiran yang beragam. Oleh karena itu, engga peduli apapun agama dan keyakinan kamu, selalu usahain buat tetap berpegang teguh pada iman kamu. Ibarat kata Patricia Gunawan, iman kamu itulah yang nantinya bakal ngebantu kamu buat nguasain diri di saat-saat sulit.

6. Keluar dan senang-senang

Kalo lagi weekend atau libur, ada baiknya kamu engga usah terlalu maksain diri buat belajar atau nugas. Apalagi kalo di sepanjang weekdays-nya kamu udah kelimpungan sama perkuliahan dan kegiatan UKM atau kepanitiaan yang kamu ikutin, mending kamu luangin waktu kosong buat bersenang-senang. Apapun itu rencana kamu nantinya, ya seengganya kamu keluar dulu deh dari kamar kamu. Selamat mencoba, Kawan Muda! (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer