Kamis, 25 April 2019

Genmuda – Engga bisa dipungkiri, rasa penasaran anak kecil emang lebih besar dari sebagian orang dewasa ya, Kawan Muda. Bisa dikarenakan perjalanan hidup mereka yang terhitung masih secuil banget nih, jadi segala sesuatu yang masih baru di pikiran mereka pasti deh dilakuin.

Makannya, sering banget kan kita disuruh sama orang tua buat berjaga sikap di depan anak kecil. Karena di balik kelucuan yang terlihat, mereka juga punya daya serap yang tinggi. Contohnya nih, sering banget kan kita engga boleh ini-itu, kayak males-malesan, ngomong kasar, galak, dan lainnya di hadapan anak kecil. Posesif! Lha (?)

(Sumber: sociorocketnewsen)

Seperti yang satu ini, seorang anak laki-laki di daerah Luoyang, China, sedikit melakukan eksperimen yang berujung jadi pelajaran penting banget buat dirinya. Entah karena kejahilannya atau emang engga sadar, anak laki-laki itu menjatuhkan sebatang korek kayu ke saluran air bawah tanah. Dan seketika terjadi ledakan, Kawan Muda, yang mementalkan dirinya dan kedua orang di sekitar. Wah, bahaya banget kan.

Diberitakan zaeega, ternyata gorong-gorong kota Luoyang mengandung banyak kandungan gas metana, yang akhirnya menjadi daya ledak karena reaksi dari api. Haduh, untung engga ada korban jiwa, Kawan Muda, dan ledakannya pun cuma terjadi dalam radius kecil. Tapi, kamu liat deh video-nya, penutup lubang saluran airnya sampe mental jauh gitu.

Video singkat itu akhirnya jadi populer di kalangan anak-anak di Tiongkok buat ngasih tau kalo hal kayak gitu tuh sangat berbahaya. Lubang kecil yang ada di tempat umum sekalipun bisa mencelakakan diri, terutama buat anak kecil yang suka kepo, “Itu lubang apaan sih?”

Untungnya, di Indonesia belum banyak yak saluran air bawah tanahnya. Kalo di Negara kita adanya got yang mampet. Eh, engga itu doang deh, ada juga tumpukan kabel yang kemarin sempet heboh. Iya kan?

Emang metana itu apa sih emang, Kawan Muda?

Metana adalah zat hidrokarbon paling sederhana yang berbentuk gas dengan rumus kimia CH4. Zat ini tuh salah satu gas rumah kaca yang berkontribusi dalam perubahan iklim di planet kita loh, pemanasan global itu tuh. Nah, dari kasus di atas, metana yang pada dasarnya kasat mata dan engga berbau itu bisa meledak kalo tercampur dengan udara terus kena api.

Sementara, Metana diproduksi terutama dari hewan-hewan mamalia dan juga dilepaskan dari simpanan bahan bakar fosil, seperti tambang batu bara dan gas. Buat hewan, dikenal sebuah proses yang bernama metanogenesis, –salah satu bentuk respirasi anaerob yang digunakan oleh organisme yang mendiami tempat pembuangan akhir.

Lantas, keuntungan dari zat ini apa Genmuda? Metana juga bisa dijadikan pembangkit listrik loh, Kawan Muda. Selain itu, Metana dalam bentuk terkompresi juga bisa dipakai sebagai bahan bakar kendaraan. Tapi bahayanya cuma satu, yaitu merusak atmosfer bumi. Kebayang kan kalo planet Bumi ini engga dilindungi atmosfer?

Anywaykentut kita juga ada kandungan gas Metana-nya loh. Jadi kurang-kurangin ya kentut sembarangan, nanti atmosfer bumi kita makin rusak. He-he. (sds)

Comments

comments

Bobi Brilyan Bastenjar
Valar Morghulis