Senin, 11 Desember 2017
StudentKampus

IPK Gak Sampai 3? Santai. Ini 15 Skill yang Harus Kamu Punya biar Cari Kerja Makin Gampang

via Republika(Sumber: Republika)

Genmuda – Orang pintar belum tentu bermanfaat, tapi orang bermanfaat udah pasti pinter. IP dan IPK bagus di kampus bukan jaminan dalam dunia kerja, kok. Dibutuhin integritas supaya karier terus nanjak.

Bahkan, oknum yang nyari kerja mengandalkan koneksi bisa kesalip jauh sama kamu yang punya kualitas itu. Meski gak ada matakuliahnya, tiap first jobber yang lulus dengan jujur sih harusnya paham soal integritas.

Di dunia kerja, integritas kamu makin berharga lagi kalo didampingi skill penunjang kerja. Gak mesti lulus dengan nilai rata A, di bawah ini adalah contoh kemampuannya.

1. Belajar hal baru

via imgur.com

Pengakuan dari CEO jobdreaming.comperusahaan program manajemen SDM, nih. Namanya, Kevin Watson. Beliau bilang, “Karyawan dengan kemauan lakuin hal baru di luar bidang kerja demi mencapai misi perusahaan, punya potensi direkrut lebih besar.”

2. Ketelitian

Kemampuan perhatiin hal detil juga sama pentingnya dengan kemampuan melihat dari sudut pandang luas. Hal sepele macam typo, pemilihan kosakata, dan cara berpakaian termasuk dalam penilaian calon pemberi kerja loh, gaes.

3. Komunikasi

via medium.com

Komunikasi lisan dibutuhin demi presentasi kerja, sementara komunikasi tulis bermanfaat banget dalam pembuatan proposal. Kamu pikir dunia kerja gak bakal ada dua kegiatan pembuat mumet di kampus itu? Salah. Justru kerja isinya presentasi dan proposal mulu.

4. Komputerisasi

Gak mesti kerja di bidang IT untuk punya skill ini. Malah, nilai minus apabila calon karyawan zaman sekarang gak bisa menggunakan komputer. Bisa Microsoft Office itu wajib. Bisa coding merupakan nilai tambah yang sangat besar, meski baru di level dasar.

5. Cari informasi

via tumblr.com

Dalam dunia profesional, informasi itu mahal harganya dan sangat dibutuhin. Kemampuan ini gak cuma dibutuhin pelamar bidang market research, tapi juga tiap karyawan. Makin gampang dapet info kan makin gampang pelajari hal baru.

6. Berorganisasi

Meski bukan anak band atau tergabung dalam kepanitiaan, minimal paham soal fungsi dan alur komunikasi dalam sebuah struktur jabatan. Misalnya, gini: kamu punya supervisor di kantor dan kamu paham harus melapor kerjaan ke beliau, bukan direksi yang ada di atasannya lagi.

7. Bernegosiasi

via mattsko.wordpress.com

Kemampuan negosiasi merupakan sebuah harta dalam sebuah perusahaan. Jadi, kamu yang jago tawar-menawar di pasar perlu banggain kemampuan tersebut di hadapan pewawancara kerja. Tunjukin aja bahwa kamu bisa ngasih kantor kamu deal-deal lebih menguntungkan.

8. Empati

Drama tusuk dari belakang dan sikut-sikutan di kantor sebenernya bisa dihindari dengan empati. Itulah sebabnya kemampuan yang gak dimiliki orang egois ini sangat dibutuhin demi kondusifnya suasana kantor.

9. Kerja sama tim

via giphy.com

Empati yang tinggi dibutuhin supaya tim bekerja sama tanpa ada yang pengen nampil sendiri. Kalo mau jadi sorotan, mending daftar pencarian bakat atau jadi seleb medsos aja. Jangan masuk ke kantor.

10. Manajemen waktu

Datang kerja tepat waktu merupakan salah satu bentuk manajemen yang baik. Selain itu, dibutuhin juga kemampuan memprediksi serta menyelesaikan tugas sesuai tenggat.

11. Cari solusi

via nypdecider.wordpress.com

Mana ada sih usaha yang berjalan begitu aja. Tiap perusahaan pasti punya permasalahan dari waktu ke waktu. Kemunculannya berpotensi bikin stres semua orang, tapi cuma karyawan jago yang bisa berpikir kritis mencari solusi di momen genting itu.

12. Pengambilan keputusan

Galau adalah hal yang dinilai minus di dunia kerja. Tiap karyawan perlu tegas dalam situasi apapun, terutama saat menentukan mau menerima atau menolak sebuah project.

13. Logika

via community.ew.com

Serius. Bidang kerja apapun butuh logika. Bahkan kerja kreatif pun membutuhkannya untuk menentukan apakah sebuah karya bakal bermanfaat untuk orang banyak atau sekadar memuaskan hasrat pribadi.

14. Melihat minat konsumen

Semua produk perusahaan, baik itu barang atau jasa, dibuat untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Masalahnya, gak ada orang curhat langsung ke produsennya. Itulah sebabnya, semua kantor butuh karyawan yang jago melihat minat konsumennya.

15. Kembangin bisnis

via imgur.com

Ketika kamu berhasil memberikan saran terkait cara lebih efisien buat melaksanakan tujuan perusahaan dan untung lebih banyak, gak mungkin kamu ditolak bos-bosnya.

Kalo boleh jujur, 15 kemampuan di atas emang susa-susah-gampang untuk dipelajari. Kecuali, kamu punya passion terhadap bidang kerja itu. Pasti gampang deh kalo udah suka bidangnya. Jadi, selamat melamar kerja ya, genks. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas

Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.