Kamis, 18 Juli 2019
Kekinian

GIIAS 2016 Lebih Dari Sekadar Pameran Mobil dan Motor Loh!

©Genmuda.com/2016 TIMToyota menggunakan sempet-sempetnya mamerin mobil konsep tenaga hidrogen+oksigennya di GIIAS. ©Genmuda.com/2016 TIM

Genmuda – Pameran mobil skala internasional, Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 resmi dimulai di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Kamis, (11/8) lalu. Wakil Presiden Jusuf Kalla resmi membuka gelaran itu dihadapan ratusan brand otomotif yang membuka booth.

Kali ini, GIIAS mengusung tema ‘Green Technology for a Better Future.’ Pertamina dan Bank Mandiri pun jadi sponsor besar kegiatan ini. Bukan hanya itu, para petinggi brand-brand otomotif berskala internasional pun datang buat membuka acaranya.

Ada sekitar 361 merk otomotif yang memamerkan produknya di sana. Selain mobil penumpang, motor, truk, dan bus pun ikut dipajang di acara tersebut. Bahkan produsen aksesoris kendaraan, peralatan bengkel, hingga spare part juga ambil bagian nih guys.

Tempat berkumpulnya pegiat otomotif

©Genmuda.com/2016 TIM
Skuter Peugeot yang lagi diusahaain laris di pasar Indonesia juga dipamerin di GIIAS 2016. ©Genmuda.com/2016 TIM

Berdasarkan pengamatan Genmuda.com, acara itu bukan cuma dijadiin ajang jualan, ngeluncurin produk, promosi, atau ajang cuci mata doang. Pengusaha otomotif juga aksesoris kendaraan pun gunain kesempatan ini buat menjalin koneksi dan gedein bisnisnya.

“Tentunya kemajuan sebuah industri akan berpengaruh positif unduk industri lainnya. Dengan dukungan Kementerian Perindustrian dan Kementerian Perdagangan, kami berharap pameran ini memperkuat dan mengembangkan industri otomotif Indonesia,” kata Wapres yang populer dengan inisial JK itu.

Hal serupa juga diucapin Ketua Umum Gaikindo Yohanes Nangoi. Beliau bilang, ‘Industri otomotif Indonesia punya peran besar terhadap roda perekonomian.’ Diharapkan, pasar otomotif domestik bisa berkembang dan berujung terjadinya ekspor yang menguntungkan Indonesia.

Data Gaikindo

©Genmuda.com/2016 Liki
Inovator dalam negeri juga dapet ruang. Ini mobil Android Mahasiswa UII, Yogjakarta yang diundang buat pameran di GIIAS 2016. ©Genmuda.com/2016 Liki

Dalam siaran persnya, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) pun ngebeberin pertumbuhan sektor otomotif dalam negeri. Menurut datanya, jumlah kendaraan roda empat di Indonesia bertambah sekitar 1,2% atau sebanyak 531.929 unit selama semester 1 tahun 2016.

Selama periode itu, pabrik otomotif dalam negeri pun udah memproduksi 601.461 unit. Jumlahnya naik 3,8% dibanding periode yang sama tahun lalu. Ekspor kendaraan jadi (CBU) periode semester I 2016 pun telah mencapai 93.998 unit, sementara kendaraan terurainya (CKD) sebesar 91.194 set.

“Indonesia berkapasitas memproduksi 1.928.131 unit setelah ada investasi oleh beberapa perusahaan anggota Gaikindo. Untuk mempromosikan dan mengenalkan pontensi otomotif Indonesia ke luar negeri itulah alasan kami mengadakan GIIAS,” kata Yohanes seperti tertulis di siaran persnya.

Indonesia International Automotive Conference turut diselenggarakan di GIIAS 2016

GIIAS 2016
Indonesia International Automotive Conference (IIAC) tahun ini bertajuk “Auto Industry Globalization” pada 12 Agustus 2016, di ICE, BSD – Tangerang. (Sumber: Istimewa)

Engga cuma habis sampe di situ aja nih Kawan Muda, Jumat (12/8), diselenggarakan pula Indonesia International Automotive Conference (IIAC) yang udah berlangsung untuk ke-11 kalinya di tahun ini. IIAC turut dihadiri oleh beragam asosiasi mulai dari Japan Automobile Manufacturer Association (JAMA), Korea Automobile Manufacturer Association (KAMA) serta Asosiasi Mobil Malaysia (AAM).

Melalui tema ‘Auto Industry Globalization’ bertujuan untuk mengeksplorasi faktor-faktor penentu bagi Industri otomotif Indonesia untuk berkiprah secara global. Dimana, dalam hal ini dibutuhkan peraturan pemerintah yang komprehensif mengenai sumber energi, lingkungan, infrastruktur serta peraturan untuk mendukung daya saing industri otomotif Indonesia.

Nantinya konferensi tersebut diharapkan bisa meningkatkan investasi pengembangan dan pencapaian tujuan roadmap industri otomotif Indonesia. Sehingga dapat memberikan multiplier effect yang lebih besar bagi industri otomotif dan dalam mendorong perekonomian nasional untuk menjadi lebih baik.

“IIAC akan mempertemukan para pemangku kepentingan dari pemerintah dan industri Otomotif untuk menyamakan tujuan dan langkah yang harus di jalankan untuk terus memberikan dorongan bagi perkembangan industri Otomotif Indonesia,” ujarnya Yohannes Nangoi, Ketua Umum GAIKINDO kepada media.

Well, kalo kamu masih penasaran update terbaru dari GIIAS 2016, stay tune terus ya di Genmuda.com. “Happy weekend!” (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.