Jum'at, 19 Juli 2019

Genmuda – Liverpool memastikan tiket final Liga Champions 2018/2019 setelah berhasil comeback atas Barcelona pada Rabu (8/5) dinihari WIB. Setelah di leg pertama tertinggal 3-0, The Reds langsung memukul balik El Barca dengan skor 0-4 di Anfield.

Tanpa kehadiran Salah dan Firmino yang sedang cedera, anak asuh Jurgen Kloop bermain ngotot sejak menit awal. Hasilnya, Origi dan Wijnaldum menjadi pahlawan buat Liverpool setelah keduanya berhasil mencetak sepasang gol. Origi di menit 7 dan 79, Wijnaldum di menit 54 dan 56.

Torehan ini berhasil mengantarkan The Reds buat ngeraih trofi si Kuping Panjang sambil menunggu hasil pertandingan antara Tottenham Hotspurs dengan Ajax. Terlepas dari comeback epik atas Barcelona, Liverpool juga berhasil mencatatkan rekor baru di Liga Champions yang Genmuda.com lansir dari Opta.

9 kali ke final

Dibandingin sama tim Liga Inggris lainnya, The Reds layak sombong karena udah berhasil masuk ke final Liga Champions sebanyak 9 kali. Di atasnya cuma Real Madrid (16 kali final), AC Milan (11 kali final), Bayern Munich (10 kali final).

Tim Inggris yang masuk 2 kali final beruntun

Setelah musim sebelumnya kalah dari Real Madrid, ini jadi kali kedua secara beruntun Liverpool lolos ke final Liga Champions. Seenggaknya cuma ada dua tim Inggris yang berhasil mencapai rekor tersebut yakni Liverpool dan Manchester United di musim 2008 dan 2009.

Tim keempat yang berhasil comeback dengan selisih 3 gol

Sepakbola emang bukan matematika, buktinya The Reds adalah tim keempat yang berhasil comeback dalam fase knock out Liga Champions dengan selisih gol lebih dari tiga. Sial buat Barcelona, karena ini adalah kali kedua secara beruntun mereka dikalahin karena comeback setelah musim lalu dibalas oleh AS Roma.

Alexander-Arnold paling rajin bikin umpan

Gol penentu Liverpool emang dicetak sama Origi, tapi semuanya gak lepas dari peran Alexander-Arnold yang jeli melihat peluang. Soalnya saat pemain Barca lengah menjaga Origi doi dengan cerdik ngasih umpan langsung yang terarah. Atas umpannya tersebut, Arnold udah berhasil mengemas 14 umpan di musim ini alias menjadi yang terbanyak di antara pemain Liverpool lainnya.

Wijnaldum dan Ryan Babel

Masuk sebagai pemain pengganti dan langsung mencetak brace buat Liverpool bikin Wijnaldum sebagai pemain kedua yang berhasil mencetak dua gol meski harus masuk dari bangku cadangan di ajang Liga Champions. Sebelumnya torehan tersebut dipegang sama Ryan Babal atas dua gol ke gawang Bensiktas pada musim 2007. Wijnaldum juga menjadi pemain pengganti pertama yang berhasil menjebol dua gol ke gawang Barcelona di Liga Champions. (sds)

Comments

comments

Fiany Intan Vandini
The youngest reporter on the 2nd floor of Gen Muda Office.