Minggu, 19 Agustus 2018

Genmuda – Saat dulu banyak anak kecil bercita-cita jadi dokter, insiyur, pilot dan profesi lainnya, sekarang muncul profesi baru yang mungkin awam buat banyak orang tua. Saking awamnya banyak pertanyaan, “Kerjanya ngapain?”, “Oh, kok bisa ya dapet duit?”, atau “Siapa yang bayar?”.

Yup, di era digital kayak sekarang banyak pekerjaan unik yang bisa ngedatengin banyak uang dengan media sosial. Salah satunya adalah menjadi selebgram. Hampir sama dengan seleb pada umumnya orang satu ini dikenal banyak orang lewat platform Instagram. Dengan konsep unik, branding yang bagus, apalagi punya penampilan menarik, banyak pula endorsement yang dateng ke mereka.

So, gak salah dong jika zaman sekarang banyak di antara Kawan Muda yang pengen banget jadi selebgram. Demam seperti ini ternyata gak hanya terjadi di Indonesia doang loh, bahkan di China, ada kampus dengan jurusan yang fokus mengajarkan murid-muridnya menjadi the next selebgram. Dan kalo kamu pikir jadi selebgram itu gampang, coba baca informasi berikut ini.

Berada di Yiwu Industrial and Commercial College, Shanghai, China, kampus ini fokus menyiapkan alumni yang siap untuk jadi selebgram profesional dan siap viral. Tujuannya sih mulia, yaitu biar mereka bisa memiliki penghasilan besar lewat endorment dan gak kalah sama orang kantoran. #YAELAH

Harus Pede dan Syantiek

via: Trend hunter
Kayak gini mahasiswanya gengs!

Buat diterima di sini, para mahasiswa gak ada ujian tulis, tes psikologi, atau tes IQ. Syaratnya mereka cuma harus percaya diri, berpenampilan menarik, dan punya followers banyak. (Ini gak pake beli followers ya). Selain itu, saat mahasiswa lain membawa laptop atau alat tulis, peralatan wajib di jurusan ini adalah hengpong jadul dengan kualitas kamera yang mumpuni dan tongsis.

Angkatan pertama dari jurusan selebgram ini adalah 60 gadis yang merajai dunia live streaming di Tiongkok, kayak Bigo, Tik-tok, dan temen-temennya deh. Kemudian mereka sengaja disaring dan dimasukkan ke sekolah ini. WADAW!

Belajarnya gak gampang

via: AFP
(Sumber: Istimewa)

Biarpun keliharan receh, para calon selebgram ini bukan berarti gak dituntut punya keahlian khusus. Pertama, mereka harus menguasai teknik selfie serta berbagai trend yang tengah populer. Kemudian, mereka diwajibkan pandai melakukan promosi alias endorse. Dan yang paling penting, mereka diajarkan untuk ahli membuat konten menjadi viral namun minim kontroversi.

Asal kamu tau aja, potensi penghasilan selebgram profesional di China ditaksir bisa mencapai sekitar Rp 280 juta – Rp 840 juta per bulan. Bahkan, kalo followers-nya semakin banyak, nilai tersebut bisa diperoleh lewat satu kaling postingan. Pantas aja sekolah ini keliatan penting ya.

Kamu tertarik mencobanya? Atau malah tertarik bikin jurusan serupa? Ajuin aja ke Dekan Fakultas kamu, barang kali dia lebih paham. (sds)

Comments

comments

Fiany Intan Vandini
The youngest reporter on the 2nd floor of Gen Muda Office.