Sabtu, 22 September 2018

Genmuda – Hari yang ditakutin banyak pengguna Instagram akhirnya tiba juga nih, Kawan Muda. Instagram sekarang akhirnya resmi ngikutin jejak Facebook loh!

Di bulan Maret yang lalu, Instagram sempat ngumumin bahwa pihaknya bakal ngubah urutan postingan yang kamu lihat di feed kamu. Dengan adanya perubahan tersebut, postingan pertama yang bakal kamu lihat adalah postingan yang (katanya) kamu peduliin alias pengen kamu tahu banget.

Singkatnya, postingan di Instagram sekarang udah engga ditampilin secara kronologis berdasarkan urutan waktunya. Dengan kata lain, tampilan feed Instagram udah sama kayak News Feed Facebook, perusahaan induk dari layanan jejaring sosial berbagi foto dan video itu.

(Sumber: Instagram)

FYI, menurut pihak Instagram, orang-orang rata-rata udah ngelewatin sekitar 70% postingan di feed mereka. Bahkan, saat ini orang-orang jadi makin susah buat ngikutin perkembangan berbagai postingan yang ada gara-gara Instagram sendiri makin hari juga makin berkembang.

Nah, berawal dari situ, beberapa bulan terakhir ini pihak Instagram akhirnya berusaha ngehadirin urutan postingan yang baru, berdasarkan algoritma-algoritma tertentu. Pihak Instagram pun berhasil nemuin kalo orang-orang malah jadi lebih banyak nge-like foto, lebih banyak ngasih komentar, dan lebih aktif terikat dengan komunitas Instagram.

Intinya, pihak Instagram yakin bahwa urutan postingan yang baru bisa ngebantu kamu supaya engga ngelewatin postingan-postingan favorit kamu. Engga peduli dengan adanya perbedaan tempat dan zona waktu atau engga maupun sebanyak apa akun yang kamu follow, postingan yang bakal muncul pertama kali seharusnya adalah postingan yang kamu suka dan pengen kamu like.

Well, sebenarnya perubahan Instagram yang terbaru itu engga bakal benar-benar kamu rasain kalo kamu engga merhatiin waktu dari masing-masing postingan yang muncul di feed kamu. Mengingat tulisan waktu di postingan Instagram kecil banget dan letaknya di bawah deretan komentar, ya wajar aja kalo kamu engga begitu ngeh sama perubahan tersebut.

(Sumber: techradar.com)

Namun demikian, baru juga resmi diluncurin, eh ternyata udah ada yang engga setuju aja sama keputusan Instagram buat ngubah urutan postingan di feed-nya itu. Pemilik akun bernama ultracruz misalnya, doi ngomentarin di blog Instagram bahwa,

Ini merupakan fitur yang mengerikan untuk dipaksakan kepada para pengguna setia. Saya dulunya menyukain Instagram, namun hal-hal seperti ini mengubah Instagram jadi Facebook. Saya berencana meninggalkan Instagram saat ‘fitur’ baru ini mengacaukan feed saya.

So, gimana dengan kamu, Kawan Muda? Kamu termasuk ke pengguna yang pro atau justru kontra sama perubahan urutan postingan di feed Instagram itu? Atau jangan-jangan kamu malah engga peduli sama perubahan tersebut? Share dong pengalaman kamu di kolom komentar! (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer