Senin, 25 September 2017
StudentKampus

Dear Maba, Ini Barang-barang yang “YAY or NAY” untuk Lo Bawa ke Kosan

(Sumber: Tumblr)

Genmuda – Masuk masa-masa ospek, kuliah di luar kota, dan belajar hidup mandiri, akan memberikan predikat mahasiswa baru merangkap sebagai anak kosan. Sebagian anak muda mungkin menyambutnya dengan bahagia atau juga menjadikannya sebagai nestapa, karena saat ngekos lo bakal melepaskan semua fasilitas pemberian orang tua.

Tapi sebelum beberapa bulan atau tahunan meninggalkan rumah untuk menuntut ilmu, gak ada salahnya sekarang Genmuda.com kasih tau lo barang-barang apa aja yang sebaiknya lo bawa dan gak bawa dari rumah selama jadi anak kosan. Berikut ulasannya, gengs!

Pakaian formal

Kalo ini sih Genmuda.com YAY!

via kentandlime.com.au
(Sumber: Istimewa)

Biarpun sejumlah kampus memperbolehkan mahasiswa pake kaos atau jeans saat kuliah, tapi bukan berarti lo gak perlu sedia pakaian formal, kayak celana atau rok bahan, kemeja lengan panjang, hingga sepatu pantofel. Lagian tiap dosennya biasanya punya aturan masing-masing di kelas mereka. Jadi gak ada salahnya lo bawa stok pakaian formal dari rumah ke kosan. Daripada harus beli lagi?

Koleksi kesayangan

Kalo ini sih Genmuda.com NAY!

via ©Genmuda.com/2016 Liki
Koleksi mainan misalnya ©Genmuda.com/2016 Liki

Mau koleksi alat makeup, action figure, poster idola boyband, jersey bola, vinyl, atau sneakers, rasanya itu semua gak penting-penting banget lo bawa ke kosan. Inget, kuliah S1 itu paling gak butuh waktu 4 tahun, jadi ngapain sih harus bawa semua koleksi lo? Belum tentu semuanya bisa lo urus? Ini ngekos bro/sis, bukan pindah rumah.

Kabel roll

Kalo ini sih Genmuda.com YAY!

via Istimewa
Biarpun wireless perlu modal colokan listrik juga kan (Sumber: Istimewa)

Anggaplah kabel roll ini penyambung nyawa lo selama ngekos. Kenapa? Karena mayoritas kostan cuma nyediain satu-dua sumber listrik doang. Kebayang dong kalo lo harus ngecas hp, laptop, nyalain kipas angin, atau barang elektronik secara bersamaan. Jadi udah wajib hukumnya bawa kabel roll ke kosan. Kabelnya gak perlu sepanjang 50 meter, emangnya kostan lo pos ronda.

Satu dining set lengkap

via: Ali Express
(Sumber: Istimewa)

Kalo ini sih Genmuda.com NAY!

Inget, lo lagi ngekos bukan mau berumah tangga. Gak perlu lah bawa satu set dining set dari rumah ke kosan. Bawa aja alat makan standart, kayak gelas/mug, piring, sama mangkok masing-masing satu biji. Terus jangan lupa bawa sendok, garpu, sama pisau. (Gak lucu aja kalo lo makan soto ayam pake tangan) Lagian belum tentu lo masak tiap hari.

Mie instan

via: Google
(Sumber: Istimewa)

Kalo ini sih Genmuda.com YAY!

Misalnya di rumah ada stok mie instan satu kardus, gak ada salahnya lo bawa beberapa bungkus buat stok di kosan. Percayalah, banyak hal-hal gak terduga yang memaksa lo berkawan dengan mie instan. Apalagi kalo akhir bulan dan belum dikirimin uang jajan. Sedia mie instan gak haram kok, yang haram itu makan instan temen kosan tapi gak bagi-bagi. *canda.

Kasur

via: Blogspot
(Sumber: Istimewa)

Kalo ini sih Genmuda.com NAY!

Biar ada semboyan ‘ada harga ada kualiatis’, namun segembel-gembelnya kosan pasti mereka udah menyidiakan kasur, bukan sleeping bag. Kalo gak dapet kasur mendingan lo cari kosan lain aja. Gak perlu dibuat ribet. Orang minggat dari rumah aja gak kepikiran bawa kasur, masa lo yang niat merantau rela bawa kasur dari rumah?

Jemuran Baju

via: Report Seharga
(Sumber: Istimewa)

Kalo ini sih Genmuda.com YAY!

Anggap lo terlalu sibuk dan gak sempet cuci baju kotor, tapi masa iya pakaian dalam lo juga harus di laundry? Di saat inilah lo perlu yang namanya jemuran baju. Biasanya sih ada tempat khusus di kosan yang dijadiin lokasi tempat jemur baju. Etapi, kalo lo muka tebel, cuci jeroan di laundry juga gak apa-apa. Asal kuat mental aja kalo diomongin penjaganya.

Foto orang tersayang

©Genmuda.com/2017 TIM
Raisa dan Isyana foto bareng sebelum luncurin single terbaru mereka di Jakarta, Kamis (30/3). ©Genmuda.com/2017 TIM

Kalo ini sih Genmuda.com YAY!

Ada kalanya anak kosan bakal kangen sama rumah beserta orang-orangnya. Daripada galau berkepanjangan bawa aja foto-foto orang tersayang buat hidup lo, bisa orang tua, temen, pacar, atau mungkin mantan pacar. Siapa tau dengan melihat foto mereka lo semakin semangat kuliah dan lulus cepet. Amin.

Alat kebersihan

(Sumber: Shutter Stock)

Kalo ini sih Genmuda.com YAY!

Inget kebersihan sebagian dari iman, semakin lo bersih, semakin banyak peluang lo punya pacar. Gak percaya? Baca aja artikel ini. Walau ada kosan yang menyediakan jasa bersih-bersih, harganya pasti lebih mahal. Sekarang kita anggap aja lo ngekos di kosan biasa yang harus lo bersihin sendiri. Minimal lo bawa sapu sama kain pel deh.

Gitu deh barang-barang dari rumah yang ‘YAY or NAY’ buat lo bawa ke kosan. Kira-kira masih ada yang kurang gak menurut lo? Mau ditambahin? Tulis aja komentar lo dibawah siapa tau lo juga bisa jadi penulis di Genmuda.com.

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.