Minggu, 22 Oktober 2017
StudentKampus

Daripada Sibuk Nyari Jasa Skripsi, Mahasiswa Tingkat Akhir Mending Nyari 7 Jasa Ini Aja! (Keliatannya Curang, padahal Nggak)

©Genmuda.com/2017 TIMLagi ngerjain apa sih, kak? Sini aku bantuin. ©Genmuda.com/2017 TIM

Genmuda – Hidup sebagai mahasiswa itu keras! Keluarga, sodara, dan masyarakat seolah menuntut penyandang pendidikan tinggi untuk serba tau, kreatif, baik, terampil ngatur uang, dan lebih parahnya lagi, gaul dalam berorganisasi. Mana bisa semua orang memiliki semuanya.

Mahasiswa pada umumnya merupakan tipe orang yang masuk kelas jam 08.00 tapi berangkat dari kosan jam 07.50, ada deadline tugas untuk jam 13.00 tapi baru dikerjain jam 08.00, atau orang yang besok ujian tapi malamnya masih nonton bola/drama.

Gak sedikit mahasiswa yang pada akhirnya “keluar jalur.” Kecurangannya beragam, mulai dari nitip absen hingga nitip bikin skripsi ke jasa pembuatan tugas akhir. Mahasiswa semester enam ke atas pasti paham banget betapa menggiurkannya jasa-jasa kecurangan itu.

via imgur.com

Semua demi memperoleh ijazah (yang sekarang juga bisa beli), lulus tepat waktu, dan pastinya foto pake toga. Risikonya sama sekali gak dipikir. Berdasarkan hukum, penjiplak tugas akhir terancam pencabutan gelar, penjara maksimal dua tahun, hingga denda 200 juta rupiah.

Serem, kan? Makanya, bikin skripsi jangan ngasal. Daripada lulus kuliah karena jasa skripsi, mending kamu beli aja jasa-jasa di bawah ini yang meski keliatan curang, tapi masih bisa dimaklumi banyak orang.

7. Jasa download jurnal internasional

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Bahan skripsi yang gak tersedia di buku manapun yang ada di Indonesia kemungkinan besar tersedia di jurnal internasional. Buat kamu yang gak punya akses ke kumpulan hasil penelitian tematis itu, ada loh orang yang jual jasa download jurnal internasional.

Cek aja Google. Jumlahnya gak kalah dari para penyedia jasa pembuatan tugas akhir. Dengan begitu, kamu punya lebih banyak sumber daripada temen atau bahkan dosennya. Lulus dengan skripsi bernilai A udah di depan mata.

6. Jasa beli barang luar negeri

Mahasiswa ambisius mungkin gak cuma pengen beli jurnal, tapi juga buku ilmiah yang cuma terbit di luar negeri. Untuk memperolehnya, pake aja jasa beli barang luar negeri.

5. Jasa terjemahan

via Istimewa

Biar isi jurnal, buku, dan sumber lain yang berbahasa asing gak salah diartikan, mintalah pertolongan temen jurusan bahasa untuk menerjemahkannya. Kalo mau lebih hemat biaya, pakai aja google translate.

4. Jasa pesan antar print kilat (dan murah)

Mahasiswa tingkat akhir yang kegiatan sehari-harinya nulis skripsi sambil ngejar-ngejar dosen pembimbing belum tentu sempet ngeprint hasil kerjaannya untuk dikumpulin. Makanya, manfaatin jasa pesan-antar print kilat.

SERIUS! Di jaman yang udah mengenal internet dan ojek online, beberapa warung percetakan menyediakan jasa tersebut. Tinggal kirim file ke email sambil sertakan request percetakannya, bayar, dan voila! Filenya dikirim langsung ke alamat tujuan.

3. Jasa suvenir murah berkualitas

via tenor.com

Setelah lulus, kamu mau ngasih kenang-kenangan apa untuk dosen pembimbing? Gebetan mau dikasih apa? Buat sahabat apa? Jawabnya ada di jasa penyedia suvenir murah berkualitas.

2. Jasa backup laptop

Mahasiswa tingkat akhir harus membackup laptop supaya data-data skripsi gak hilang meski laptop mendadak rusak. Kamu yang gak paham caranya bisa dateng ke toko komputer manapun dan minta komputer kamu dibackup. Lakuin aja daripada nyesel.

1. Jasa pendamping wisuda

via thedailytouch.com

Ketika temen-temen pada diwisuda dengan pasangan, masa kamu sendirian aja? Makanya, ajak temen, gebetan, atau keluarga yang bersedia nemenin wisudaan kamu.

Tujuh jasa di atas tentu aja gak mengecilkan jasa ojek online, warung makan, dan laundry yang memudahkan hidup para mahasiswa tingkat akhir. Menurut kamu, jasa apa lagi nih yang bermanfaat buat anak-anak kampus tanpa merusak integritasnya sebagai mahasiswa? (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.