Selasa, 16 Juli 2019

Genmuda – Tanggal 4 November ini bisa dibilang bakal jadi salah satu hari bersejarah buat Indonesia. Sejumlah massa ormas dari berbagai wilayah di Tanah Air hari ini serentak turun ke jalanan Ibu Kota dalam rangka aksi unjuk rasa ‘Tangkap Ahok’

Seperti dilansir BBC Indonesia, demo yang katanya merupakan ‘Aksi Bela Islam II’ itu secara khusus nuntut agar Gubernur Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dipenjara karena dianggap ”menistakan agama, menodai Al-Quran, melecehkan ulama, dan menghina umat Islam”. Tuduhan tersebut menyusul omongan Ahok di sebuah acara bahwa sebagian orang pasti engga bakal milih dirinya karena ditipu (politisi) dengan (ngegunain) surat Al-Maidah ayat 51.

Sementara itu, Pak Ahok sendiri sebetulnya udah nyampein permintaan maafnya dan bilang bahwa dirinya sama sekali engga berniat atau bermaksud buat ngelecehin ayat suci Al-Quran. Bahkan, sebagian tokoh Islam juga bilang bahwa beliau engga bisa dituding sebagai seorang penista agama.

Namun demikian, tentu ada sejumlah pihak yang masih engga puas dengan permintaan maaf Pak Ahok maupun pendapat para tokoh Islam tersebut. Contohnya adalah Front Pembela Islam (FPI), ormas pimpinan Habib Rizziek Shihab, yang jadi panitia buat unjuk rasa hari ini.

Rencananya, aksi unjuk rasa tersebut bakal berlangsung mulai siang hari setelah sholat Jumat, dengan arak-arakan dari Masjid Istiqlal ke Istana Negara. Belum diketaui pasti berapa jumlah massa yang berpartisipasi, tapi Kapolri Jenderal Tito Karnavian, seperti dikutip dari SINDOnews, ngeprediksi bahwa bakal ada 50 ribu orang pengunjuk rasa yang terlibat.

Banyak pihak pun khawatir aksi unjuk rasa tersebut bakal berlangsung ricuh dan engga murni ngomongin soal agama. Sejumlah kantor bahkan sampai ngeliburin karyawannya buat antisipasi. Akan tetapi, pihak penyelenggara udah bilang bahwa demo tersebut bakal berlangsung damai dan tanpa kerusuhan. Presiden Joko Widodo juga udah merintahin aparat polisi dan TNI supaya bersikap profesional dalam ngamanin demo tersebut.

Well, berhubung isu SARA merupakan urusan yang sensitif banget, ada baiknya sih kita engga asal ikut-ikutan berkomentar atau malah ngeprovokasi orang lain buat setuju sama pendapat kita, Kawan Muda. Terlepas dari kita berada di negara demokrasi, toh proses hukum ‘kan juga lagi berlangsung. Bukan ngeguruin atau gimana, tapi sebagai sesama umat beragama yang ilmu agamanya bisa dibilang masih jauh banget dari kata sempurna, ya mending kita introspeksi diri sendiri dulu aja.

So, daripada ngurusin demo padahal kamu engga tau kayak gimana sebenarnya duduk perkaranya atau cuma karena kebawa sentimen semata, mending kamu lakuin hal lain aja buat ngisi waktu kamu di sepanjang hari ini. Berikut ini adalah 10 kegiatan yang bisa kamu lakuin daripada ngurusin demo:

1. Disko

©Genmuda.com/2016 Liki
©Genmuda.com/2016 Liki

Kamu seminggu belakangain ini mungkin udah ngelihat meme ‘Indonesia Cinta Disko’ kayak gambar di atas. Kalo ngutip lirik The Upstairs, mending mah kita “berdansa resah diorbitkan rasa” dan “disko, disko, disko darurat” aja, Kawan Muda. Daripada kaki pegel gara-gara long march, mending pegel gara-gara disko aja hehehe.

2. Nge-gym

©Genmuda.com/2016 Liki
©Genmuda.com/2016 Liki

Hayo, buat para cewek-cewek nih khususnya, kamu pilih turun ke jalan atau turunin berat badan? Kalo kamu lebih milih yang kedua, mending kamu ke gym aja daripada ngurusin yang lagi demo. Ingat, di dalam tubuh yang sehat ‘kan terdapat jiwa yang sehat pula. Hidup Generasi Muda sehat!

3. Cari pacar

©Genmuda.com/2016 Liki
©Genmuda.com/2016 Liki

Yang masih pada jomblo mana suaranya nih? Ketimbang nge-scroll timeline medsos engga jelas terus isinya tentang Demo 4 November lagi dan lagi, mending coba deh kamu iseng-iseng bukan Tinder. Lumayan ‘kan, sekalian senam jari juga gara-gara nge-swipe kiri kanan.

4. Sholat jumat

©Genmuda.com/2016 Liki
©Genmuda.com/2016 Liki

Wahai kamu para lelaki Muslim yang taat dan soleh, jangan sampai kamu ngelewatin sholat Jumat cuma demi mantengin demo. Yang pada demo ‘kan mulainya juga baru setelah sholat Jumat, jadi mending kamu utamain sholat Jumat dulu aja. Upah-Mu bakal besar di surga, nak…

5. Nonton bola

©Genmuda.com/2016 Liki
©Genmuda.com/2016 Liki

Ngaku Indonesia? Ngaku cinta persatuan dan persaudaraan? Mending kamu dukung tim nasional Indonesia aja dalam laga uji coba Piala AFF lawan Myanmar di Stadion Thuwunna, Yangon. Jangan cuma nyanyi ‘Garuda di Dadaku’-nya aja yang kenceng, tapi dukungannya malah loyo.

6. Ngelarin skripsi

©Genmuda.com/2016 Liki
©Genmuda.com/2016 Liki

Nah, lagi-lagi ini nih balada terbesar mahasiswa tingkat akhir. Bilangnya sih pengen buru-buru lulus, ninggalin dunia kampus yang kelam, ngerasain nikmatnya gaji pertama, dan semacamnya. Tapi, ngelarin skripsi aja masih angot-angotan dan lebih semangat buat ngelarin nonton drama Korea. Demi wisuda yang HQQ, yuk pacu lagi semangat kamu, Kawan Muda!

7. Mikirin bayar utang

©Genmuda.com/2016 Liki
©Genmuda.com/2016 Liki

Ayo yang udah pada gajian atau udah dapet kiriman uang dari ortu tapi utang-utangnya masih belum dilunasin … Malu juga kali sama ibu warteg sebelah kerjaannya kasbon terus. Bela-belain beli kaset PS, belanja baju baru, sama hangout tipa weekend bisa, masa ngelunasin utang masih nunda-nunda?

8. Kelarin tugas/kerjaan

©Genmuda.com/2016 Liki
©Genmuda.com/2016 Liki

Hari ini sebagian dari kamu mungkin boleh aja diliburin atau bahkan ngeliburin diri sendiri. Terlepas dari itu, jangan lupa kalo sama tugas/kerjaan yang jadi tanggung jawab kamu. Apalagi kamu kamu udah dikejar-kejar deadline, mending tinggalin dulu deh ngurusin demo dan segala perintilannya.

9. Siap-siap LaLaLa Festival

©Genmuda.com/2016 Liki
©Genmuda.com/2016 Liki

Dalam hitungan jam, festival musik hutan internasional pertama di Tanah Air bakal digelar di Hutan Pinus Cikole, Lembang, Bandung. Yup, LaLaLa Festival bakal digelar besok, Sabtu (5/11). Oleh karena itu, buat kamu yang pengen datang ke festival musik tersebut, kamu jelas harus persiapin diri kamu dari sekarang. Masa ketemu sama Kodaline, Jasmine Thompson, dan artis-artis lainnya kamu engga cetar?

10. Daftar BTW Project-nya Genmuda.com

btwproject

Engga kalah penting dari poin-poin sebelumnya, ada pula acara ‘Be The Wow (BTW) Project’ yang pastinya wajib banget kamu ikutin kalo kamu pengen tau seluk-beluk dunia kreatif, khususnya dari segi animasi, crafting, dan pattern sketching. Walau pendaftarannya masih dibuka sampai tanggal 21 November mendatang, mending kamu buru-buru daftar dari sekarang karena kuotanya terbatas. Para pembicaranya seru abis dan acaranya gratis loh! (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer