Jum'at, 17 November 2017
StudentSekolah

Cara Ini Harus Kamu Pahami biar Jago Belajar dengan Sistem Kebut Semalam

via Istimewa(Sumber: Istimewa)

Genmuda – Setelah bersantai tanpa pikiran, tenggelam di drama korea, dan tersasar di game kesayangan, mari kembali ke realita. Masih ada tugas juga ulangan yang mungkin harus dihadapi besok, lusa, juga besok lusa.

Buat anak-anak kuliah yang berkewajiban bikin makalah, selamat begadang dan harap-harap cemas sama hasilnya. Buat anak SMA yang butuh menghapal sebuah materi, kamu masih bisa belajar pake sistem kebut semalam. Caranya bisa dilakuin dengan cara-cara di bawah ini.

1. Dalam keadaan sehat

via imgur.com

Sepele tapi penting. Seperti kata pepatah lama, “Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.” Otak manusia cuma bisa menyerap banyak informasi dalam waktu relatif cepat ketika badan lagi bener-bener fit. Jadi, jaga kesehatan baik-baik, ya.

2. Ketika perut kenyang

Ingatlah street smart ini, gengs: Logika gak akan pernah ada tanpa logistik. Makanya, isi perut dulu sampe kenyang sebelum mulai belajar sistem kebut semalam. Gak usah sampe kekenyangan biar gak ngantuk. Terus, minum susu tawar steril juga kalo perlu biar besoknya nggak ngedrop.

3. Baca berkali-kali

via istimewa

  • Kali pertama baca, tujuannya cuma satu: menyelesaikan materi yang harus dipelajari.
  • Kali kedua baca, tujuannya berubah: memperhatikan detil-detil materi yang harusnya dipahami secara bertahap.
  • Kali ketiga baca, tujuannya makin detil: mencari hubungan antara poin-poin materi yang dipelajari. Bahkan rumus matematika, fisika, dan kimia pun punya hubungan antara satu dengan yang lain. Benang merah itulah yang harus dipahami banget.
  • Kali keempat baca, tujuannya lebih kreatif: menghubungkan materi pelajaran dengan sesuatu yang menarik buat kamu. Misalnya, rumus aljabar diasosiasikan dengan lagu “Indonesia Raya.” Harapannya, rumus itu bisa teringat tiap kali kamu nyanyi lagu tersebut dalam hati.

4. Sambil nanya

via cbc.ca

Sebelum buka buku, sebaiknya Kawan Muda udah punya pertanyaan yang harus dibahas. Ketika buka buku, belajar lah demi mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Pertanyaannya sendiri harus dibuat berdasarkan kisi-kisi ujian yang pernah dikasih guru. Belajar dengan cara macam ini bikin materi ulangan lebih gampang dipahami dalam waktu relatif lebih singkat.

5. Sambil nulis

Menulis ulang materi biasanya punya efek yang sama kayak nulis materi itu di otak. Makanya, guru jaman dulu sering nyuruh para murid mencatat di kelas. Itu supaya materinya gampang nyangkut.

6. Dengan mendiskusikannya

via playbuzz.com

Cara belajar jaman sekarang juga oke, kok. Tapi, kamu butuh partner. Soalnya, materi pelajaran yang sering dibahas dalam sebuah diskusi pasti akan lebih nempel di ingatan.

Manfaat cara belajar dadakan itu paling berguna saat menghadapi tugas atau ulangan isian, essay, atau pilihan ganda. Sementara itu, paling gak berguna banget saat menghadapi ulangan lisan kayak hapalan Pembukaan UUD 1945. Gitu deh. Selamat mencoba. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.