Rabu, 22 Mei 2019

Genmuda – Sementara Umat Muslim di Mekkah lagi berada pada puncak ritual ibadah haji, mereka yang di tempat lain ngerayain Idul Adha. Perayaan yang punya nilai sejarah kuat dan disimbolin dengan menyembelih hewan kurban ini disambut meriah dengan ketupat, opor, dan pastinya Salat Ied, mirip Idul Fitri aja.

Sementara itu, beberapa daerah punya cara ngerayain tersendiri. Di Semarang biasa ngelakuin tradisi “apitan.” Ditandai dengan pembacaan doa untuk keselamatan warga lalu arak-arakan. Warga kemudian berebut jagung, padi, terong, cabe, tomat, atau hasil panen lain yang diarak.

Acara rebut-rebutan makanan juga jadi khasnya orang-orang Jogja, gaes. Nama tradisinya “Grebeg Gunungan.” Seperti namanya, warga Jogja mengarak hasil bumi yang ditumpuk menggunung jadi tiga gunungan dari Keraton menuju Masjid untuk upacara pembacaan doa. Setelah itu, gunungannya dicomot-comotin.

Warga Pasuruan beda lagi. Mereka adain acara “manten sapi.” Sapi-sapi kurban didandanin kayak pengantin dan dikalungin kembang tujuh rupa sebelum disembelih. Hewan kurbannya juga dibalut kain kafan, sorban, dan sajadah untuk nandain kesucian orang yang berkurban.

Tradisi Kaul Negeri dan Abda’u di Maluku Tengah agak mirip di pasuruan. Bukan didandanin, tiga kambing kurban digendong para pemuka agama dengan kain kayak lagi gendong anak kecil. Kambingnya diarak keliling kampung sambil takbiran sebelum akhirnya disembelih sesuai ketentuan.

Lain dari yang lain, masyarakat adat Banyuwangi punya cara unik. Idul Adha mereka sambut dengan menjemur kasur secara serentak dari pagi di depan rumah masing-masing. Sesekali, kasur itu dibalik pakai alat tebah atau sapu lidi biar bersih. Kegiatan bernama “Mepe Kasur” itu jadi simbol untuk menjauhkan hal-hal buruk dari rumah.

Unik-unik, kan? Itulah masyarakat adat Indonesia. Tapi, kamu sadar engga sih kalo masyarakat melek teknologi yang banyak berkenaan sama dunia digital juga punya adat tersendiri dalam menyambut hari besar, terutama hari raya Idul Adha?

Jaman sekarang, kayak ada yang kurang kalo acara besar engga dirayain dengan meme. Di antara meme kocak yang berserakan di internet, di bawah ini adalah pilihan Genmuda.com. Silakan dinikmati dan jangan lupa salam buat tetangga cakep yang akhirnya ketemu lagi setelah Salat Idul Adha.

1. Percakapan halu

percakapan. #qurban #iduladha #tukangsatekasiandehlu

A post shared by KEMBALIAN SASA (@jokesreceh) on

Entah yang bikin subtitle videonya, para aktor, atau penontonnya yang halu. Kocak lah.

2. Sakti banget nih sapi

Sekali lagi, Tahilalats mempertontonkan plot twist yang di luar nalar.

3. Becandaan om-om

via istimewa
(Sumber: istimewa)

Umm…. Lucu gak, ya? Ketawa gak yaaa?

4. Meme anak muda banget dah

Sah ga ya ? #instagram #instagood #instapet #instadaily #kurban #picoftheday #dagelan #guyonan #candaan

A post shared by Ari Lesmana (@lesmana1055) on

Gak muda kalo gak galau.

5. Sebenernya sih kasihan

via istimewa
(Sumber: Istimewa)

Sabar ya, mbing.

6. Buat yang khawatir kolesterol karena kebanyakan daging

https://www.instagram.com/p/BYfEAvwFxA0/?tagged=iduladha

Beklah…! Sak ae Karpet Masjid.

7. Now and then

via istimewa
(Sumber: Istimewa)

8. Relatable

via istimewa
(Sumber: Istimewa)

Leh uga.

9. Kurban edisi greget

via istimewa
(Sumber: istimewa)

Motongnya pake gergaji mesin, Pak biar gampang.

10. Kebenaran yang HQQ

Yeah!

(sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.