Rabu, 11 Desember 2019

Genmuda – Jadi mahasiswa baru alias maba adalah fase anak kampus yang harus dilewati. Sama halnya anak SMP yang baru masuk SMA, lo harus mengikuti rangkaian acara kampus sebelum benar-benar mengikuti kegiatan akademik.

Tahapnya ada ospek universitas, fakultas, sampai jurusan. Tiap kampus mungkin punya aturan ospek berbeda, tapi yang jelas tipe-tipe maba di bawah ini pasti bakal lo temui nantinya di dunia kampus. Siapa aja? Atau mungkin lo termasuk di dalamnya? Yuk, cekidot!

1. Maba pemberontak

Orangnya susah diatur, lagaknya kayak jagoan, dan selalu merasa paling benar. Maba kayak gini jelas jadi sasaran empuk buat di-gencet senior. Entah udah bawaan atau lagi pansos, yang jelas tipe kayak gini suka bikin gaduh suasana di kampus.

2. Maba gak kayak maba

Ada maba kayak gini? Ada. Dia bisa aja seumuran atau mungkin lebih tua daripada lo. Bedanya dia cuma telat masuk kampus karena satu dan lain hal. Nah, maba tipe ini yang saat diospek bikin segan seniornya.

3. Maba yang menyatukan semua

Entah senior, junior, bahkan dosen bisa bersatu karena maba ini. Alasannya bisa satu karena dia sering jadi rebutan antar golongan. Pokoknya semua orang akan cinta damai kalo berhasil di dekat dia.

4. Maba kelewat pintar

Dia masuk kampus dari jalur prestasi, kuliahnya dibiayai oleh beasiswa, tiap semester dan mata kuliah koleksinya nilai A. Gak heran kalo maba tipe ini bakal lebih cepat viral dan lulus daripada seniornya yang ngospek. Tipe maba ini nih yang sering diprospek dosen buat jadi asdos atau calon dosen berikutnya.

5. Maba ninja

Via: Tumblr

Pas ospek aja jarang hadir, apalagi pas kuliah? Tipe maba kayak gini bakalan jadi mahasiswa misterius yang mungkin aja ada di setiap angkatan.

6. Maba salah jurusan

Nah, maba kayak gini umumnya paling lama bertahan satu semester. Selebihnya? Ikut ujian lagi buat ke jurusan lain dong. Kasus salah jurusan ini bisa terjadi karena banyak hal, pertama emang gak sesuai passion, kedua faktor eksternal, sedangkan yang terakhir emang karena dia udah tajir dan kebanyakan duit. Orang kaya mah bebas!

7. Maba visioner

Tahun pertama harus ambil semua SKS tanpa harus ngulang. Tahun kedua mulai cari kerja sambilan. Tahun ketiga udah mulai persiapan skripsi. Tahun keempat lulus tepat waktu. Semua mahasiswa juga maunya gitu. Tapi maba kayak gini jelas punya rasa optimis dan gak gampang nyerah. Semoga aja semangatnya gak kendor.

8. Maba supel

Ini tipe maba yang asik buat diajak nongkrong. Sikapnya yang gampang membaur sering kali jadi penyambung lidah buat angkatannya. Sisi baik ini kadang-kadang suka dijadikan tumbal untuk jadi ketua kelas atau ketua angkatan. Mamam deh tuh!

Comments

comments