Kamis, 19 Oktober 2017
Kekinian

7 Istilah ‘Gaul’ di Tahun 2016 yang (Mungkin) Bikin Geleng-geleng Kepala

via: Google(Sumber: Istimewa)

Genmuda – Jangan ngaku anak gaul kalo pas nongkrong engga pake istilah kekinian. Apalagi kalo Kawan Muda pencetus istilah gaul dan disebarin sama temen-temen kamu. Lucunya, banyak istilah yang yang lahir gara-gara salah ngomong, eh jadinya malah viral.

Di penghujung tahun 2016 ini emang banyak banget istilah yang lagi trend. Contoh gampangnya aja sama istilah ‘makar’ yang punya arti upaya menggulingkan pemerintahan. Bahkan istilah tersebut sempet jadi nomer satu loh di Google Trends Indonesia.

Jika wawasan kamu engga luas, pasti kamu bakalan gagal paham sama istilah-istilah baru yang beredar di masyarakat. Engga lucu aja kan kalo misalkan pas nongkrong ada istilah baru kamu cuma bengong dan engga tau artinya apaan. Walau banyak yang belum masuk di KBBI, engga ada salahnya kamu cari tau arti dari istilah-istilah berikut ini:

1. “Salfok”

via: Giphy

Istilah ini tuh sebenernya singkatan dari salah fokus. Istilah ini punya arti kayak gini, “Kamu lagi nonton parade gajah, tapi ngeliat monyet lagi bergelantungan fokus kamu jadi ke monyet.” atau singkatnya, “Temen kamu lagi ngomongin kerjaan, kamu malah ngebayangin Raisa minum es cendol.” Yak pokoknya gitu deh. Sering kan denger, “Jangan salah fokus dong!”

2. “Kuy lah!”

Kuy? Maksudnya apaan sih? Nah, misalnya kamu diajak sama temen kamu, “Kuy lah”. Kuy di sini sini artinya salam kayak ajakan, “Ayolah”. Jadi kalo temen kamu bilang “Kuy lah sob!” Jangan sampe engga kuy ya, entar kamu malah ketinggalan lagi.

3. “BM”

via: Giphy

Eits, BM yang dimaksud bukan plat kendaraan daerah Pekanbaru ya. BM di sini punya arti, “banyak mau”. Istilah tersebut sering dipakai kalo pacar atau teman kamu pengen sesuatu. Artinya hampir sama deh kayak ngidam. Kalo udah ‘BM’ harus diturutin pokoknya, tau kan ancemannya apa kalo gak diturutin?

4. Takis

Takis di sini bukan managemennya Awkarin ya. Takis dalam istilah yang nge-hype ini punya arti sikat (bacanya dibalik). Seringkan cowok-cowok kalo lagi ngobrolin cewek bilang “Takis Bro” Padahal kalo di kamus Bahasa Indonesia, takis sendiri punya arti seperti menghindar atau menghindari barang yang menuju ke arah kamu. Ya namanya juga bahasa gaul, yang engga masuk akal tetep bisa diakalin.

5. “Yoms”

via: Tumblr

Kata ‘yoms’ berartikan “iya”. Dan kalo dikulik, sebenarnya ini adalah singkatan dari kata “Yomans!” Atas dasar nongkrong asik dan ngirit, lahirlah istilah “Yoms”. Kalo ngobrol sama yang seumuran mungkin masih nyambung, tapi kalo sama orang tua yang ada malah gagal paham.

6. Nge-Hype

Nge-hype biasanya dipakai buat sesuatu hal atau fenomena yang lagi hits atau viral di masyarakat. Sebenernya ini udah jadi istilah lama, tapi engga tau kenapa kayaknya keren aja kalo dipake saat nongkrong bareng temen-temen kamu.

7. “Sans”

via: Tumblr

Kalo dalam bahasa Prancis, kata ‘Sans’ artinya tanpa. Namun beda konteksnya kalo di Indonesia. Entah siapa yang ciptain, ‘Sans’ punya arti, “santai aja”. Kayak buat ngegambarin supaya engga perlu panik. “Jadi sans ajalah…” (sds)

Comments

comments

Al Fanny Panestika
Wannables, penyuka ice cream dan colak colek Nutela