Minggu, 24 Juni 2018

Genmuda – Ilmu Pengetahuan menutup kemungkinan fenomena mistis terjadi di dunia. Semua pengalaman seram, penampakan misterius, dan suara-suara aneh yang dikaitkan dengan “dunia lain” hanya terjadi di dalam kepala.

Richard Wiseman berpesan kayak gitu lewat buku Paranormality, 2011. Lewat bukunya, mantan pesulap yang kini jadi psikolog University of Hertfordshire Inggris itu mengajak tiap orang gak perlu hidup dihantui hal mistis.

Menurut dia, semua hal yang menyangkut urusan “paranormal” memiliki penjelasan ilmiah tentang hal yang sesungguhnya sedang terjadi. Setelah makin dipahami, kejadian macam ini justru gak serem lagi.

1. Dierep-erep setan

via stuff.co.nz
(Sumber: stuff.co.nz)

Fenomena dierep-erep setan terjadi saat seseorang merasa bangun tidur tapi gak mampu menggerakkan seluruh badan, napas sesak, dan melihat sosok hantu seperti menindihnya. Itu yang terjadi bagi orang Indonesia.

Namun demikian, pendeskripsian warga Amerika Serikat terhadap fenomena yang secara ilmiah bernama sleep-paralysis itu berbeda. Hantunya berada di kaki atau di sebelah tempat tidur, bukan menindih di badan.

Wiseman yakin, sleep-paralysis terjadi ketika kesadaran manusia terbangun lebih dahulu daripada tubuhnya. Itulah sebabnya anggota badan gak bisa digerakin meski mata udah melek.

2. Lokasi angker

via tribun news
(Sumber: Tribun News)

Coba perhatiin lebih seksama. Sebuah lokasi dinyatakan angker bukan karena terbukti banyak hantu. Melainkan, karena kisah-kisah kecelakaan, pembantaian, atau yang berhubungan dengan kematian dari masa lalu.

3. Tiba-tiba merinding

via kompas.com
(Sumber: kompas.com)

Fenomena lain yang sering dikaitin sama urusan mistis adalah merinding. Konon, bulu kuduk manusia merinding karena ada hantu di dekatnya. Padahal, merinding bisa juga terjadi karena kedinginan.

“Sering kali terjadi perbedaan suhu di satu area dengan area lain pada tempat yang sama. Berdasarkan riset saya terhadap beberapa respondel, area yang lebih dingin umumnya disebut sebagai area angker,” tulis Wiseman berdasarkan pengalamannya.

4. Tiba-tiba mendengar suara gaib

via netralnews.com
(Sumber: netralnews.com)

Karena keburu merinding, otak manusia yang pada dasarnya kreatif langsung ngeluarin sugesti bahwa area itu angker dan berbahaya. Lama-lama, rasa takut muncul dengan sendirinya. Jantung berdegup kencang.

Dalam kondisi waspada macam itu, seluruh indera akan lebih sensitif. Suara embusan angin dari jendela, riuh kendaraan dari jarak jauh, bahkan suara dengung alat elektronik bisa terdengar. Karena asal-usul suara itu gak bisa terlihat, jadilah dikira itu suara hantu.

5. Tercium aroma mistis

via majlistaklimalhidayah.wordpress.com
(Sumber: majlistaklimalhidayah.wordpress.com)

Aroma mistis yang di maksud adalah aroma kemenyan, melati, darah, bakaran singkong, bangkai, sawo, kemenyan, kabel gosong, pandan, harum parfum, anyir, bau apek.

Misalnya bau itu tercium, lihat sekeliling. Jangan-jangan memang ada warga yang sedang melakukan ritual keagamaan. Soalnya, semua bahan di atas bisa dijadikan persembahan, loh.

6. Area itu terlihat berhantu!

via genmuda.com
(Sumber: Istimewa)

Apabila ada teman bilang kalo suatu tempat terlihat berhantu, bilang ke doi kayak gini: “Sebuah tempat bisa keliatan indah, jelek, dan kumuh karena dekorasinya. Bukan karena hantunya.”

Wiseman berargumen, sebuah tempat dikatakan berhantu karena area itu gelap, terlihat kumuh, kotor, atau karena diasosiasikan sebagai hal yang membahayakan hidup. Pada zaman purba, hewan buas biasa bersembunyi di area gelap. Pola pikir macam itu masih tersisa di otak manusia modern.

7. Tapi, area itu memang ada hantunya!

©Genmuda.com/2016 TIM
©Genmuda.com/2016 TIM

Kalo emang melihat sosoknya secara nyata, detil, dan termaterialisasi, kamu kabur aja. Namun, kecil kemungkinan hantu menampakkan diri secara nyata layaknya kamu melihat tukang nasi goreng mendorong gerobak dengan lampu petromak menembus kegelapan malam.

Berdasarkan penelitian, semua orang yang mengaku mengalami kejadian mistis hanya yakin merasakan sesuatu yang aneh — sesuatu yang tak terjelaskan, luar biasa, misterius, atau menakutkan.

Banyak yang bilang melihat hantu, sedikit yang berhasil mendeskripsikan sosoknya. Deskripsi itu pun berbeda, sesuai tipe hantu yang mereka percayai mendekam di suatu area.

Tapi, ada pemilik kekuatan astral yang emang bisa melihat hantu

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Makhluk halus emang ada. Mereka tinggal di alam dengan frekuensi yang berbeda dari alam manusia. Banyak pihak mengaku bisa menangkap frekuensi asing dan melihat sosoknya.

Yasudah. Biarkan aja. Toh, orang itu gak merasa takut dan gak nakut-nakutin kamu. Misalnya dia berhasil bikin bervolume-volume buku dan film terlaris soal pengalaman mistis yang dialami, itu bagus!

Kamu pun gak rugi. Malah, kamu ikut menikmati pengalaman mistis mereka sambil ngemil dan makan popcorn. Jadi, gak perlu takut lagi sama hal-hal yang berbau mistis.

Kecuali, kamu pulang malam ini sendiri dan ditengah jalan melihat sesosok putih tiba-tiba terangkat dari darat ke langit. Hihihihi. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.