Minggu, 19 Agustus 2018

Genmuda – Seleksi CPNS biasanya diselenggarakan sekitar akhir Juli. Namun, enggak untuk tahun 2018. Kekosongan informasi itu akhirnya dimanfaatin oleh pihak gak bertanggungjawab untuk menyebarluaskan informasi hoax tentang CPNS 2018.

Gara-gara hoax itu juga, calon abdi negara pada penasaran kapan sih pendaftaran CPNS yang asli diumumkan. Sebagian bakal calon PNS, bahkan udah ada yang jadi korban hoax dengan mengirimkan seberkas data diri mereka ke alamat palsu.

Berdasarkan info yang Genmuda.com himpun hingga 30 Juli, inilah 7 fakta yang harus kamu tau tentang seleksi calon pegawai negeri sipil 2018.

1. Dibuka awal Agustus 2018

via riau.go.id
(Sumber: riau.go.id)

Dikutip dari detik.com, 28 Juli, Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, (PAN-RB) Mudzakir, pembukaan pendaftaran CPNS bakal diumumkan pada awal Agustus 2018.

2. Pendaftaran satu pintu

Selain karena pesta demokrasi Pilkada, penundaan itu terjadi lantaran Badan Kepegawaian Negara (BKN) selaku salah satu unsur penitia seleksi CPNS 2018 masih menggunakan sistem satu pintu.

Kepala Biro Humas BKN, Mohammad Ridwan dikutip detik.com, 9 Juli, bilang, “Mau di daerah ataupun pusat, pendaftaran dilakukan secara online melalui situs sscn.bkn.go.id.”

Tuh, jadi kamu jangan gampang percaya ya kalo ada yang kasih informasi pendaftaran di luar dari situs tersebut.

3. Tiap provinsi punya lokasi tes

Terbuka dalam skala nasional, tes CPNS 2018 bakal berlangsung di tiap provinsi. Ridwan bilang kalo “Minimal, ada satu lokasi tes pada tiap provinsi.” Which means, kamu gak perlu capek-capek terbang ke Jakarta.

4. Butuh 100 ribu guru baru

via ANTARA FOTO
(Sumber: ANTARA FOTO/Andika Wahyu/mes/13)

Kalo ditotal, Pemerintah masih butuh sekitar 700 ribu guru PNS. Dikutip jawapos.com, 18 Juli, Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud, Hamid Muhammad, menegaskan, “Tiap tahun akan diangkat 100 ribu guru.”

5. Gak sama dengan jumlah pensiun

Menteri PAN-RB, Asman Abnur bilang pemerintah masih menghitung jumlah CPNS yang dibutuhkan tahun ini. Jumlahnya bakal disesuaikan dengan jumlah pensiunan PNS 2017 yang mencapai 220 ribu pegawai.

“(Prosedur perekrutan) kita memaki sistem plus-minus gross. Jadi, yang kita terima kurang dari jumlah (pensiunan) itu,” kata Pak Asman, dikutip detik.com, 11 Juli.

6. Atlet dan diaspora dapat prioritas

Pak Asman Abnur juga bilang kalo Pemerintah membuka jalur prioritas untuk diaspora. “Anak-anak kita yang pintar di luar negeri. Mudah-mudahan, tenaga mereka akan memperbaiki lagi struktur kita ke depan,” terang Pak Asman.

Selain itu, pemerintah juga akan membuka formasi prioritas bagi para atlet berprestasi. “Atlet peraih medali emas tingkat dunia, kalau mau jadi aparatur, kami prioritaskan. Mereka bisa menjadi instruktur dan pelatih nasional,” kata Pak Asman.

7. Informasi resmi cuma dari medsos BKN

Ya, gaes. Informasi resmi tentang CPNS 2018 cuma disebar lewat medsos BKN dan medsos-medsos pemerintah terkait. Jangan percaya situs pengepul informasi karena bisa aja mimin akunnya malah kejebak hoax. Semoga bermanfaat dan gak kemakan hoax lagi, ya! (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.