Sabtu, 20 Juli 2019

Genmuda – Kawan Muda udah ada planning buat ‘piknik’ di bulan depan? Kalo belum engga usah sedih, karena tanggal 12-14 Agustus 2016 bakalan ada Popcon Asia 2016. Event Pop Culture ini akan kembali diselenggarakan di Jakarta Convention Center, Senayan, dengan tema ‘Pop Revolution’.

Masuk tahun kelima, Popcon Asia 2016 diharapkan kembali mampu menarik minat para pelaku Industri Kreatif di Indonesia. Dan spesialnya lagi nih (kayak martabak), tahun ini kamu berkesempatan buat nambah wawasan dan ilmu soal hak kekayaan intelektual yang menjadi poin utama di industri kreatif.

Dalam acara konfrensi pers Popcon Asia 2016 di Jakarta, Rabu (20/7), Ibu Grace Kusnadi, selaku CEO Revata, –penyelengara, sekaligus penggagas Popcon Asia mengatakan jika di tahun kelima peminat acara tersebut terus bertambah dan mendapatkan banyak dukungan.

“Tingginya potensi industri kreatif Indonesia membuat kita memerlukan suatu wadah untuk berjejaring, berbagi, berkolaborasi, dan meningkatkan kemampuan bagi para kreator.” ungkap Ibu Grace Kusnadi.

Terus yang menarik apa lagi sih? Tenang, supaya engga gagal paham dan update, Genmuda.com udah rangkumin 7 alasan kenapa kamu wajib datang ke Popcon Asia 2016. Cekidot!

1. Tempat berkumpulnya talenta kreatif

(Foto: Genmuda.com/2016 Liki)
Co-Founder Popcon Asia, Sunny Gho (Foto: Genmuda.com/2016 Liki)

Sesuai misinya sejak 2012, Popcon Asia merupakan wadah berkumpulnya para kreator lokal dan internasional yang terkait konten kreatif, kayak komik, mainan, film, dan animasi. Sekarang dengan tema Pop Revolution, Kawan Muda diharapkan bisa tau lebih banyak soal seluk beluk industri kreatif, gimana memulainya, ketemu dengan kreator dari negara lain, dan cara memperluas jaringan serta wawasan kamu.

“Fokus dari penyelenggaraan (Popcon Asia 2016) ini adalah gimana caranya kita berkolaborasi di berbagai bidang untuk memajukan industri kreatif. Bukan hanya satu bidang saja.” jelas Co-Founder Popcon Asia, Sunny Gho. FYI, setiap tahunnya engga cuma talenta lokal aja loh, ada juga para pelaku kreatif dari Asia, Amerika, hingga Eropa.

2. Belanja barang-barang langka dan eksklusif

Karena ada sekitar 210 booth yang unik sekaligus lucu (baca: menggoda penggemar Pop Culture) di Popcon Asia, Kawan Muda engga bakalan bosen deh buat keliling JCC. Dan yang paling menarik, kamu juga bisa ketemu langsung sama kreator atau artist idola kamu di booth dan venue Popcon Asia 2016. Lumayan kan bisa foto bareng atau minta tanda tangan mereka biar makin ekslusif.

Masih kuran? Kawan Muda bisa juga kok jajalin beberapa game buatan developer lokal dan internasional. Kalo dari bocoran konfrensi persnya sih, tren virtual reality bakalan jadi hal menarik yang wajib kamu coba di Popcon Asia 2016.

3. Cari tau soal HKI, konsultasi, sekaligus ngedaftarinnya

Foto: Genmuda.com/2016 Liki
Ari Juliano Gema, Deputi Fasilitasi Hak Kekayaan Intelektual (HKI) dan Regulasi, Badan Ekonomi Kreatif (Foto: Genmuda.com/2016 Liki)

Jujur deh, kamu pasti ada yang masih bingung soal seluk beluk ngedaftarin HKI buat karya/merek kamu sendiri. Belum lagi berapa besar biaya yang harus kamu keluarin. Nah, dengan dukungan dari BEKraf, di sini kamu engga cuma bisa cari tau soal HKI, tapi juga bisa ngedaftarin HKI karya kamu secara gratis dan dibantu oleh para ahlinya.

“Tentunya kesempatan ini kamu buka minimal untuk 1000 pendaftar HKI, akan kami bantu secara finansial dan berlaku untuk seluruh Indonesia. Selanjutnya mereka bisa konsultasi masalah HKI secara gratis sampe ngerti ‘one by one’, dari talkshow hingga pendaftarannya di hari Minggu, tanggal 14 Agustus.” jelas Ari Juliano Gema, Deputi Fasilitasi Hak Kekayaan Intelektual (HKI) dan Regulasi, Badan Ekonomi Kreatif.

Tapi perlu ditekankan juga ya, mereka yang dibantu oleh BEKraf setidaknya memiliki aset kekayaan di bawah 50 juta rupiah. Jadi tunggu apa lagi, buruan deh konsul sama ahlinya.

4. Kesempatan mencari pekerjaan di industri kreatif

Misalnya kamu orang yang pengen terjun ke industri kreatif terus masuk ke acara bursa lowongan kerja. Masalah yang sering dihadapi pasti minimnya posisi untuk minat kamu. Belum lagi tiap taro CV atau lamaran belum tentu dibaca pihak perusahaan. Sedih engga?

Tapi jangan khawatir, di Popcon Asia 2016 kamu bisa cari tau kesempatan kerja di industri kreatif. Ada pula sesi porfolio review oleh para perusahaan-perusahaan kreatif dari dalam dan luar negeri yang sedang mencara talenta berbakat. Kuncinya sih cuma satu, sebelum datang siapin aja dulu CV dan rapihin porfolio kamu buat dipresentasiin biar makin pede. Semangat!

5. Jadi yang paling update

Acara konfrensi pers (foto: Genmuda.com/2016 Liki)
Debora Manja, Ari Juliano Gema, Anthony Krawczyk, Jonathan M Gunawan, dan Sunny Gho dalam Acara konfrensi pers Popcon Asia 2016, Rabu (20/7), di Jakarta (foto: Genmuda.com/2016 Liki)

Maksudnya, selama penyenggaraan Popcon Asia 2016 kamu engga cuma disuguhin sama hal-hal berbau komik dan mainan. Ada pula informasi seputar film, animasi, dan game. Di tahun lalu aja ada isu terbaru film ‘AADC 2’ barengan Riri Riza dan Mira Lesmana, hingga teaser pertama game ‘Assassin’s Creed: Syndicate’ di Asia. Gokil kan?

Kalo dari hasil konfrensi pers hari ini, beberapa rumah produksi film, game developer, dan studio animasi udah siap memperkenalkan karya-karya terbaru mereka. “Untuk detailnya saya tidak bisa pastikan ada siapa saja, namun film Warkop DKI Reborn (Falcon Picture) mungkin akan ada bocorannya.” ungkap ibu Grace.

6. Kolaborasi kreator lokal dan internasional

Kolaborasi antara kreator lokal dan mancanegara di Popcon Asia 2016 diwujudkan dengan menggandeng pusat kebudayaan asing diantaranya Korean Cultural Center Indonesia yang membawa Street Art Collaboration Project kolaborasi Artime Joe & Dhado Wacky, serta kehadiran Park Taejoon yang merupakan Webtoon Comic artist dan penyanyi.

Sementara Institut Français d’Indonésie (IFI) membawa Normaal Studio, yang memproduksi series Peanut dan berbagai series pemenang award di Annecy Festival. NewSide Studio bersama Director Chelebourg bakalan unjuk kebolehan virtual reality-nya.

7. Jalan-jalan

Daripada weekend kamu memble, kenapa engga dateng ke Popcon Asia 2016? Siapa tau kamu dapat inspirasi atau kenalan baru, terus jadi pacar. *klasik. Jangan lupa cari tau jadwal lengkapnya di sini. Siap-siap nabung ya (Siapa tau khilaf). See you there guys!

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.