Senin, 19 Agustus 2019

Genmuda – Hacker punya banyak cara nge-hack akun Instagram orang lain. Misalnya, dengan menyisipkan kode tertentu ke aplikasi yang didownload dari internet atau dengan menjebol Instagram langsung.

Target utamanya bisa jadi para artis buat nyebarin berbagai foto pribadi. Bisa jadi, orang-orang tajir demi mencuri data perbankan. Atau, bisa jadi kamu. Iya, kamu yang lagi baca tulisan ini.

Kenapa kamu bisa kena hack? Ibarat mancing, para hacker berharap kamu (dan banyak pengguna Instagram) memasukkan data-data pribadi yang kemudian bisa dia jual atau dia manfaatin demi mencari untung sendiri.

Semua perbuatan hacker di akun kamu pasti ninggalin jejak. Itu bisa ditelusuri tanpa perlu bisa nge-hack juga, kok. Coba deh amati tanda-tanda di bawah ini. Bila terdapat pada akun kamu, artinya akun kamu baru aja kena hack.

1. Ada data yang berubah

via imgur.com

Tau-tau, bio IG kamu berubah jadi hal lain dan masuki link yang gak kamu tau kemana tujuannya. Terus, foto profil ikutan berubah jadi foto cewek yang gak kamu kenali. IG kamu dihack, tuh!

Namun, ada kemungkinan lain. Bisa jadi, itu prank dari teman-teman yang mencuri kesempatan saat kamu ninggalin ponsel dalam keadaan membuka Instagram. Makanya, hati-hati ya.

2. Mengupload foto yang gak pernah diupload

Tau-tau akun kamu memposting foto produk aneh-aneh? Bisa jadi hackernya udah menguasai penuh akun kamu. Tapi, jarang banget ada hacker yang nekat ninggalin jejak sebesar itu karena biasanya mereka sembunyi-sembunyi.

3. Following kamu nambah

via tenor.com

Kebiasaan pengguna Instagram (baca: kamu) adalah memerhatikan follower tanpa mempedulikan following sendiri. Jumlah following bertambah satu mungkin kamu gak tahu. Padahal, bisa jadi itu ulah hacker.

Oh, iya. Ada pula hacker yang menjual jasa “jual-beli follower.” Mengandalkan kemampuan hacknya, dia memaksa akun lain memfollow akun tertentu. Makanya, cek jumlah following kamu, ya.

4. Teman memberitahu kamu

Saat akun Taylor Swift kena hack, Hayley Williams memberitahunya. Saat akun kamu kena hack dan mulai posting aneh-aneh, pasti ada teman yang memberitahu kamu. Percaya aja.

5. Instagram memberitahu kamu

via tenor.com

Bisa jadi, Instagram mendeteksi upaya masuk-paksa dari hacker. Cek email. Bila ada email peringatan dari Instagram, langsung periksa akun kamu dan langsung waspada, deh.

Cara kedua biasanya ada kesamaan otentifikasi dimana Instagram akan menanyakan apakah kamu login di daerah tertentu dengan akun kamu secara bersamaan. Jika itu bukan kamu, langsung aja bilang enggak.

6. Kamu gak bisa log in

Pada tahap ini, besar kemungkinan akun kamu gak bisa diselamatkan lagi. Ikhlaskan aja karena hackernya udah mengganti password dan kemungkinan besar mengganti email untuk log in ke Instagram.

Bila itu kejadiannya, Genmuda.com sarankan ganti password email dan password semua akun online yang kamu miliki. Itu termasuk medsos, akun PS Network, akun STEAM, bahkan akun game online.

Selain di Instagram, 6 tanda di atas juga berlaku buat akun medsos lain. Saran Genmuda.com, sih, kamu sebaiknya ganti password secara rutin biar para hacker kebingungan gimana cara menjebolnya. Lebih detil, baca juga artikel ini. Stay safe, gengs! (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.