Selasa, 18 Desember 2018

Genmuda – Kawan Muda tau dong kalo gelaran Liga Primer Inggris bakal mulai Sabtu ini, 11 Agustus 2018. Sejumlah tim udah mulai bebenah membentuk skuat terbaru mereka.

Sementara juara bertahan Manchester City dipastikan bakal punya rival lebih banyak dari perombakan besar-besar sejumlah tim. Arsenal dan Chelsea jadi dua pesaing yang tampil dengan pelatih baru.

Sedangkan Spurs dan Manchester United tetep setia dengan pelatih mereka, meskipun keduanya gak bisa dibilang aktif dalam bursa transfer musim panas ini.

Terus apa aja sih yang paling dinantikan sama fans sepakbola dari gelaran kasta tertinggi di negeri Ratu Elizabeth tersebut?

Tampilan baru Arsenal setelah era Wenger

via: Metro.co.uk
(Sumber: Metro.co.uk)

Cobaan pertama pelatih baru The Gunners Unai Emery, bakal langsung diuji pada laga pertama saat menjamu juara bertahan Manchester City di Emirates Stadium pada Minggu (12/8), malam.

Berdasarkan data Opta, 10 dari pertemuannya dengan Guardiola, Emery belum pernah meraih satu kemenangan. Hasilnya Guardiola unggul enam kali kemenangan dan empat kali hasil seri.

Catatan serupa juga nyaris sama saat bentrok dengan Jose Mourinho (Manchester United). Dari lima kali pertemuan, Mou memenangi empat laga dan satu hasil seri.

Sebaliknya, Emery justru punya rekor lebih baik saat bertemu Mauricio Pochettino (Tottenham Hotspur) dengan hasil 4 kali menang, dua kali kalah, dan satu hasil seri. Hal serupa juga terjadi saat Emery mengalahkan Jurgen Klopp (Liverpool) di final Liga Europa 2015/2016 dengan skor 3-1.

Pembuktian Maurizio Sarri

via: AFP
(Sumber: AFP)

Dipecatnya Antonio Conte dari kursi pelatih Chelsea jadi pembuktian bagi penggantinya, Maurizio Sarri. Pelatih Italia ini jadi salah satu aktor di balik kegemilangan Napoli dalam membayang-banyangi Juventus di Serie A dalam tiga musim belakangan.

Kalah di Community Shield, hari Minggu lalu (5/8) emang belum jadi pembuktian kuat mengingat sejumlah pemain bintang The Blues absen pada laga tersebut. Ditambah lagi, target utama Sarri adalah gelar Liga Inggris.

Liverpool makin ganas

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Liverpool jadi momok besar Manchester City musim lalu. Dari empat pertemuan terakhir mereka, The Reds selalu bisa mempecundangi The Citizen, termasuk mendepak mereka di perempat final Liga Champions.

Gak mau keluar dari perebutan gelar, Liverpool tercatat paling aktif dalam bursa transfer musim ini. Fabinho, Naby Keita, Xherdan Shaqiri, dan Alisson Becker jadi amunasi baru The Reds untuk menyambut musim 2018/2019.

Dengan pembelanjaan segitu banyak, Jurgen Klopp juga pasti dituntut gak cuma menangin Liga Premier, tapi juga gelar Liga Champions yang kemarin digagalin sama Real Madrid.

Salah bakal tetep mengila?

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Musim lalu pemain Mesir ini emang tampil impresif. Total 32 gol dan 11 assist Salah juga ikut berkontribusi mengantarkan finish di urutan empat besar.

Tapi itu musim lalu, gimana kalo musim depan? Apakah dia bakal tetep on fire? Mengingat penampilannya di Piala Dunia 2018 bersama Mesir juga flop banget!

Machester City bisa juara lagi?

via: Sportskeeda
(Sumber: Getty Images)

The Citizens tercatat sebagai tim paling produktif musim lalu dengan raihan 100 poin di Liga Inggris. Mereka juga baru menangin gelar Community Shield 2018.

Dalam bursa transfer kali ini City emang gak terlalu banyak beli pemain ketimbang Liverpool. Namun Pep gak terlalu ngebet untuk kembali mengulang torehan 100 poin.

Dirinya menilai kalo musim 2018/2019 bakal jadi lebih sulit bagi anak asuhnya, karena tim-tim lain udah mulai membaca taktik City musim lalu dan banyak yang menambah amunisi baru.

Terlepas dari itu semua, menarik ditunggu apakah City bisa mematahkan kutukan juara Community Shield yang bertahan sejak 8 tahun belakangan. Kita tungguin aja ya!

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.