Rabu, 22 Mei 2019

Genmuda – Pusing dan bete akibat kebanyakan liat postingan politik di Facebook cuma bisa disembuhin dengan ngebersihin timeline dari postingan-postingan engga penting dan penuh provokasi. Apalagi sekarang jelang musim pilkada.

Kawan Muda pasti sering dong liat postingan di medsos kayak meme calon-calon Gubernur, black-campaign jor-joran, atau kayak artikel yang kebenarannya tuh meragukan. Genmuda.com yakin di antara kamu ada yang ngerasa hal itu mengganggu dan enaknya di-skip. Iya kan?

Nah, berhubung pelaksanaan pilkada serentak makin deket dan postingan kayak gitu makin lama makin banyak. Ada saatnya orang butuh menutup mata dari info-info kayak gitu dan kembali menikmati Facebook sebagaimana wadah pertemanan kayak ngeliatin foto mantan.

Jadi supaya timeline Facebook kamu engga dipenuhin sama berita soal pilkada doang, nih Genmuda.com kasih tau caranya. Simak baik-baik ya!

1. Pakai extention Social Fixer

via genmuda.com
(Sumber: Istimewa)

Kabar baiknya, Social Fixer udah tersedia di Chrome Web Store dan terbilang gampang banget buat digunain. Sedangkan buat pengguna Firefox dan Safari bisa perlu mengikuti beberapa tahapan buat menginstallnya. Liat aja tutorialnya di sini.

Selanjutnya kalo kamu udah diinstall langsung aja masuk ke akun Facebook. Di sisi kanan atas halaman FB, bakalan ada lambang Social Fixer. Gambarnya kayak kunci Inggris. Klik ikon tersebut lalu pilih tab “Filters.”

Di kolom “IF,” masukin aja kata-kata yang ada hubungannya sama Pilgub DKI. Misalnya kayak gini (ahok|sandiaga uno|agus yudhoyono|pilkada dki jakarta|pilkada jakarta|djarot|anies baswedan).

Penting buat kamu inget nih. Pastiin kamu menggunakan kurung buka dan kurang tutup di awal dan akhir kata yang mau kamu filter. Sedangakan buat memisahkan tiap kata kamu tinggal kasih aja tanda pipa ‘|’. Biar lebih jelas liat aja contoh di atas yang udah Genmuda.com pertegas pake bold.

Terakhir pastiin juga kalo kolom “THEN” nampilin tulisan “Hide Post,” abis itu klik “save changes” di pojok kanan atas. Voilà! Kamu udah terhindar dari segala postingan soal Pilgub DKI. (Lanjutin deh stalking gebetan atau mantan)

2. Unfriend

via: Tumblr

Kedengerannya emang kejam, tapi ini cara paling jitu mengurangi postingan-postingan sampah di timeline. Apa lagi kalo ada temen kamu yang jago banget bikin postingan yang bisa nipu si Social Fixer. Karena hampir engga mungkin juga kan setiap kata yang berhubungan sama pilkada kamu blok.

3. Di-unfollow aja

via: Tumblr

Kalo unfriend terasa sadis buat kamu, unfollow aja orang-orang yang sering update postingan sampah apalagi udah mengandung SARA. Dengan begitu kamu engga bakalan liat update doi di timeline tapi tetap masih berteman di Facebook.

4. Detoksifikasi online

via giphy.com

Selanjutnya kamu bisa mendetoksifikasi kehidupan online kamu. Tinggal kurangi aja browsing medsos secara bertahap. Misalnya kamu batasin main FB cuma sehari dalam seminggu, sampe lama-lama bisa survive sehari tanpa perlu ngebuka FB. Kalo masih ngerasa susah coba aja baca di artikel sebelumnya di Genmuda.com.

5. Facebook Customizer

(Sumber: timesnewsdaily.com)
(Sumber: timesnewsdaily.com)

Selain di-upload sama orang, postingan sampah juga bisa muncul lewat iklan di Facebook. Peraturan di FB sih emang udah melarang orang-orang posting iklan apapun soal politik, tapi nyatanya Facebook itu engga sempurna, tetep aja kan ada yang bisa ngiklan politik di sana.

Untungnya masih ada lagi extension yang namanya Facebook Customizer. Cara ini berfungsi buat menyembunyikan tiap iklan di FB. Tinggal install aja, extension-nya langsung berfungsi. Engga ribet kok. Serius.

Dengan lima cara itu pun kamu engga perlu lagi deh bete sepanjang hari cuma karena timeline Facebook dipenuhi obrolan politik yang belum tentu kamu pengen simak. “Please be smart using social media! Have a nice day!” (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.