Senin, 14 Oktober 2019

Genmuda – Yang namanya sampah kayaknya engga pernah ada abisnya nih, Kawan Muda. Tapi, dari sekian banyak sampah yang ada, sebagian di antaranya sebenarnya engga boleh langsung dibuang ke tempat sampah loh.

Kamu mungkin udah engga asing lagi dengan beberapa benda yang sebaiknya engga dibuang ke tempat sampah karena zat-zat berbahaya yang ada di dalam benda-benda tersebut. Sebut aja kaleng aerosol, alat elektronik, korek api, baterai, dan petasan yang belum meledak.

Tapi, di samping kelima benda itu, ternyata masih ada sejumlah benda lainnya yang juga engga kalah berbahaya dan sebaiknya engga dibuang langsung ke tempat sampah. Apa aja sih memangnya? Berikut ini adalah 5 di antaranya, yang mungkin bakal bikin kamu terkejut:

1. Lem dan perekat

(Sumber: Google)

Lem dan perekat terdiri dari pelarut dan bahan kimia beracun lainnya, sehingga engga boleh dibuang dalam bentuk aslinya. Kamu biarin aja keduanya sampai benar-benar kering (kayak cat dan pewarna aja). Kalau engga, kamu tempelin di karton atau koran dulu dan biarin sampai kering sebelum dibuang.

2. Obat resep yang engga kepakai atau udah kadaluarsa

(Sumber: livescience.com)

Jangan sekali-sekali ngebuang obat resep yang engga kepakai atau udah kadaluarsa ke toilet, saluran air, atau tempat sampah. Kalau kamu ngelakuin hal tersebut, kamu malah bikin obat-obat ampuh itu larut ke tanah dan air, sehingga bisa berpotensi ngerusak lingkungan.

3. Kosmetik

(Sumber: maddycoupons.in)

Kosmetik biasa punya kandungan kimia yang engga bisa hilang hanya dengan air. Oleh karena itu, ngebuang kosmetik ke toilet, saluran air, atau tempat sampah juga berpotensi ngerusak lingkungan. Untungnya, ada beberapa merek dan perusahaan yang punya program daur ulang kosmetik, kayak misalnya MAC. Kamu bawa aja wadah bekas kosmetik kamu, nanti mereka yang daur ulang.

4. Termometer kaca

(Sumber: studentsurvive2thrive.blogspot.com)

Termometer raksa jadul biasanya berisi 500 miligram merkuri, yang bisa berbahaya buat kesehatan kalau sampai termometer itu tiba-tiba pecah (apalagi kalau dilempar ke tempat sampah, ya jelas aja bakal pecah). Kalau kamu harus berurusan sama termometer yang pecah di rumah, kamu ikutin aja petunjuk buat ngebersihinnya pada tautan ini.

5. Rambut

(Sumber: shemazing.net)

Mau itu rambut manusia atau binatang, dua-duanya sebenarnya sama-sama dipenuhi nitrogen. Tambahin aja benda yang satu ini ke tumpukan kompos kamu buat ngebantu nyiptain pupuk murah bagi tanaman kamu (tapi tanaman yang engga bisa dimakan aja ya). Kamu juga bisa loh ikutan kegiatan sumbang rambut buat anak-anak penderita kanker. (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer