Kamis, 22 Agustus 2019

Genmuda – Siapa sih yang gak kenal Instagram? Pasti banyak dari Kawan Muda yang punya akun Instagram dong? Selain penggunanya yang makin banyak, Instagram juga menjadi ladang penghasilan bagi banyak orang. Gak heran kan kalo semakin ke sini banyak remaja yang terobsesi menjadi influencer dan selebgram.

Tapi nih, kamu juga perlu tau perjuangan jadi influencer atau selebgram gak cuma modal tampang cakep atau konten bagus. Masih banyak hal-hal yang perlu diperhatikan supaya akun kamu gak terlihat ganggu oleh banyak orang,namun tetep bisa kelihatan menarik.

Dilansir dari Bazaar, Tan France, seorang penulis, perancang busana, dan influencer asal Inggris memberikan 10 tips buat kamu yang tertarik menjadi selebgram secara efisien dan gak terlihat ‘ganggu’ oleh follower kamu. Berikut ulasannya.

1. Caption gak terlalu panjang

via: tumblr

Ini menjadi hal utama untuk menarik minat dan komentar follower kamu. Menurut Tan, sangat penting membuat caption yang gak terlalu panjang dan berulang-ulang. Cara ini lebih berkesan dan gampang diingat oleh orang lain.

2. Bikin username yang gampang diingat

Misalnya nama kamu terlalu panjang dan susah diingat sebaiknya kamu bikin username atau nama profile secara singkat tapi gampang diingat.

“Saya pikir ini akan bikin orang mengingat akun kita dengan baik.” jelasnya.

3. Posting stories yang terjadi sama hidup kamu

“Aku merasa postingan stories adalah ciri khas diri seseorang. Ini akan berbeda dengan feed di Instagram.” jelasnya.

Oleh sebab itu, Tan menyarankan supaya kita memposting sesuatu yang rutin kita kerjakan sebagai identitas diri tanpa harus terlihat annoying di mata orang lain. Entah mau story tutorial, review, atau apapun, selama hal itu terjadi sama kebiasaan kamu.

4. Tapi, jangan terlalu banyak post stories

Lebih lanjut ia juga menyarankan bahwa sebaiknya jangan terlalu banyak bikin stories dalam satu hari kalo engga mau dianggap nge-spam sama follower kamu.

“Biasanya saya posting 4-5 kali dalam sehari, namun itu sudah cukup banyak. Jika saya harus melihat postingan orang sampai 10 kali dan itu tidak menarik, percaya bahwa orang tidak akan tertarik.” tambah Tan.

5. Batasi endorsement

via: Giphy

Pernah gak lihat influencer kece tapi postingannya barang endorse atau iklan semua? Menurut Tan semua itu harus punya batasan, bahkan untuk sekelas influencer.

“Jika saya bukan seorang influencer, orang mungkin akan menyewa banner atau iklan untuk mempromosikan iklan mereka. Tapi saya gak mau jadi billboard berjalan, saat menerima sponsor saya harus memastikan produk itu sesuai dan ada peran saya di dalamnya.” jelas Tan.

6. Jangan kebanyakan selfie

via nuskool.com

Selfie terlalu banyak di feed Instagram juga kurang efisien dan menarik follower, apalagi ‘sorry’ hasil fotonya gak bagus-bagus banget. Meski gak ada larangan, namun sebaiknya posting foto selfie jika dirasa itu perlu dan emang punya nilai estetika tersendiri.

7. Jangan jadi sombong

via: Playbuzz

Saat followers bertambah dan kamu berhasil menjadi seorang influencer, Tan menyebutkan jangan lah menjadi sombong. Kenapa? Soalnya seorang selebgram bisa jadi besar karena peran followernya.

8. Dibikin simpel, jangan kebanyakan basa-basi

via: Tumblr

Saat live atau posting sesuatu pastiin juga kalo apa yang kamu omongin itu to the point dan gak kebanyakan basa-basi. Hidari juga penggunaan kalimat standar kayak “Hai guys!” atau “whats up guys.”.

“Tidak perlu cara seperti itu, karena semua orang punya cara masing-masing untuk menyapa secara online.” ungkap Tan.

Ia juga menyarankan untuk memulai dengan percakapan sederhana seperti, ‘Apa kabar, kali ini aku akan membagikan sesuatu atau semacamnya’,”

9. Pose terbaik adalah pose bikin kamu percaya diri

Tumblr

Wajar kok kalo kamu sering foto berkali-kali demi dapet pose, ekspresi, dan angle terbaik. Karena bagi Tan, pose terbaik untuk diposting adalah ketika kita yakin pose itu terbaik dan bikin kita percaya diri.

10. Edit seperlunya

Jangan membohongi diri kamu sendiri untuk terlihat cantik atau ganteng di Instagram. Tan menilai editing tetap diperlukan, namun jangan sampai terlihat lebay dan mengubah bentuk tubuh kamu yang asli. (sds)

Comments

comments