Rabu, 12 Desember 2018

Genmuda – “Katanya jatuh cinta bikin kita jadi gila.” Tapi kamu jangan langsung percaya gitu aja, tanpa tau mana yang baik dan yang buruk buat kamu.

Maksud Genmuda.com nih, saat kamu jatuh cinta, kamu juga perlu mengenal pasangan kamu. Jangan sampai di balik sifatnya yang cemburuan, over protektif, egois atau posesif, kamu baru sadar kalo doi adalah seorang sosiopat.

Sosiopat sendiri adalah gangguan kepribadian antisosial, dimana pelakunya memiliki pola mengabaikan atau melanggar norma sosial, hukum, dan hak orang lain tanpa ada penyesalan. Sejumlah ahli juga menyebut prilaku ini sangat erat dengan psikopat.

Menurut kriminolog asal Inggris, Scott Bonn, kepada Huffington Post, sikap sosiopat sebenarnya sulit untuk dikenali. “Dia bisa saja ada di sebelah Anda dan tidak akan diketahui bahwa dirinya adalah seorang sosiopat,” jelas Bonn.

Tapi Bonn juga ngasih beberapa tanda dari seseorang sosiopat. Biar kamu gak penasaran, langsung aja simak fakta berikut ini:

1. Doi punya kendali penuh buat hidup kamu

via: Tenor

Wajib kamu curigai kalo pacar kamu pegang kendali penuh akan hidup kamu. Dengan cara inilah seorang sosiopat berusaha memanipulasi prilaku kamu dan mengendalikan hidup kamu. Pokoknya 24 jam penuh di harus tau aktivitas kamu.

2. Menawan sih, tapi ada yang aneh

via: Giphy

Saat kamu ngerasain hal seperti ini bisa jadi doi emang sosiopat. Menurut Dr. Igor Galynker, associate chairman for research di departemen psikoatri, Mount Sinai Hospital, AS, “Ada seseuatu yang aneh dalam pesona mereka, kadang (pesonanya) bisa dimunculkan dan dimatikan.”

3. Kelihatan sempurna banget

via: Metro

Bukan maksudnya buruk sangka nih, tapi menurut kriminolog David Wilson, seorang sosiopat bisa terlihat sangat menarik dan memberikan banyak perhatian kepada orang lain. Cara ini dianggap bisa membuat lawan mereka tertarik, tanpa kamu sadari bahwa si sosiopat sedang memanfaatkan kedekatan tersebut untuk informasi yang dibutuhkannya.

4. Hatinya berubah-ubah

Orang sosiopat juga punya suasana hati yang sering berubah-ubah tanpa alasan jelas. Kalo kata Bonn, hal ini karena seorang sosiopat suka mengendailkan dan memanipulasi, sehingga jika mereka berpikir kemampuan mereka terancam, mereka akan memberikan rasa gelisah.

5. Memanfaatkan sifat baik kamu

Ketawan selingkuh kamu maafin, doi berbohong kamu ikhlasin. Stop deh! Kamu harus tau kalo pacar yang sosiopat juga hobi buat berbohong. Buat mereka gak sulit loh untuk memalasukan perasaan.

6. Cinta mereka terasa ‘fake’

via: giphy

“Aku gak bisa hidup tanpa kamu”, “Aku beruntung punya pacar kayak kamu.” klise banget ya denger kata-kata kayak gitu? Nah, seorang sosiopat sering melakukan itu meski tanpa emosi alias lempeng-lempeng aja,

7. Pernah melakukan tindakan kriminal dan menolak untuk bertanggung jawab

Gak usah mikir yang terlalu ribet, pernah gak pacar kamu bilang gini, “Bukan aku yang salah”. Kemudian dia melempar kesalahan ke orang lain. Menurut Galynker, ini salah satu hal paling bermasalah.

8. Gak punya teman baik atau orang dekat

via: Tumblr

Bonn bilang jika individu sosiopat akan berusaha menghindari kehidupan pribadi mereka, serta hubungan masa lalu. Ketika kamu tanya masa lalunya dan doi langsung kesal, bisa jadi doi punya ciri-ciri sosiopat.

9. Suka menghina dan kejam

via tumblr

Yaudah, kalo udah sampe level ini hubungan kalian bisa dibilang udah gak sehat. Jadi ngapain harus dipertahankan?

10. Doi suka membuat kekacuan

via: Metro.co.uk

Seorang sosiopat cendrung memprioritaskan keinginannya serta menikmati bagaimana mereka mengambil risiko dan mencari sensasi. Sialnya, kamu cuma bisa ditinggalin untuk ngeberesin kekacauan yang udah mereka buat.

Comments

comments

Fiany Intan Vandini
The youngest reporter on the 2nd floor of Gen Muda Office.