Jum'at, 15 November 2019

Genmuda – Stres akibat rentetan ujian masuk perguran tinggi, ujian sekolah, dan ujian nasional bukan cuma muncul menjelang ujian tapi juga setelahnya. Meski pengaruhnya sangat besar sama masa depan, hasil ujian “raja terakhir” anak-anak sekolah itu harusnya engga bikin idup susah.

Perasaan was-was mikirin jawaban dan kemungkinan engga lulus bikin suasana yang harusnya nyantai jadi runyam. Masa sih hidup anak muda udah penuh tekanan? Makanya, coba kamu lakuin beberapa tips di bawah ini biar saat-saat menunggu hari penentuan berjalan tanpa banyak tekanan.

1. Atur napas dulu

via istimewa

Berdebar-debar itu pasti. Kalo engga berdebar, berarti kamu udah mati (amit-amit). Biar degup jantung engga kenceng terus, coba deh atur napas dalam-dalam. Tarik napas lewat hidung sebanyak-banyaknya selama 4 detik, tahan di dalam badan hingga 2 detik, lalu keluarin perlahan lewat mulut. Ulangi 6-10 kali sampai kamu ngerasa tenang. Atau, ikuti grafik yang Genmuda.com kasih di atas.

2. Jangan ngomongin ujian!

Yang lalu biarlah berlalu. Kalo mantan jahat aja haram buat diomongin, kenapa ujian ini engga diperlakukan kayak gitu? Stop ngebahas ujian sama temen karena jawaban yang udah kamu kumpulin engga bakal bisa diubah. Buat sementara waktu, jauhi juga anak-anak yang suka nyombongin jawabannya. Inget, hidup itu untuk masa depan, bukan masa lalu (alasan).

3. Singkirkan catatan yang udah lewat

Ya, simpan dulu catatan ujian yang udah lewat jauh-jauh dari mata. Engga ada gunanya juga. Ketika mata pelajaran itu bakal diuji lagi di tes berikutnya, baru ambil lagi catatannya.

4. Jalan

via giphy.com

Bukan jalan dalam arti jalan-jalan, tapi jalan secara harfiah. Kamu butuh banyak gerak supaya tubuh bisa memproduksi hormon endorphin, hormon yang melawan rasa stres. Jadi, coba luangin waktu 10 menit buat jalan di sekitar tempat tinggal, di sekolah, atau waktu nunggu angkutan umum.

5. Ke taman

Kamu butuh tempat adem dan banyak oksigen seperti di taman biar otak jadi tenang. Engga perlu jauh-jauh, coba aja berelaksasi di halaman atau kebun tetangga. Kamu juga bisa beli tanaman pot dan meletakkannya di kamar biar suasana engga suram.

6. Pesta! (Kecil-kecilan dulu)

Setelah ngelakuin tiga hal di atas, harusnya mood udah kembali normal. Sekarang, saatnya dinaikin dengan cara pesta. Tapi, kecil-kecilan dulu aja, misalnya dengan menghadiahi diri makanan enak yang diidam-idamkan. Pesta besarnya simpen setelah hasil ujiannya keluar dengan nilai memuaskan.

7. Ngakak

via giphy.com

Setelah perut terisi, pasti udah bisa ngakak, dong. Jadi, jangan ragu nyari temen buat becanda atau nonton video-video kocak di internet.

8. Dengerin musik favorit

Alternatif dari ngakak adalah dengerin musik favorit. Pastinya jadi moodbooster, kan?

9. Main game

Engga ada salahnya juga kok main game, asalkan engga lupain tugas-tugas rumah yang harus dikerjain biar gak diomelin orang tua. Kalo sampe diomelin, nanti jadi bete dan stres lagi.

10. Persiapan ujian selanjutnya

via giphy.com

Masih adakah ujian di hari, minggu, atau bulan berikutnya? Kalo iya, coba siapin diri dari sekarang, karena itu jauh lebih produktif daripada meratapi yang udah lewat. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.