Sabtu, 18 Mei 2024

Genmuda – Udara lembab saat musim hujan bikin bakteri dan virus makin gampang berkembang biak. Di satu sisi, daya tahan tubuh juga melemah karena hadapi cuaca engga menentu sehingga seseorang jadi lebih gampang sakit.

Tiap orang harusnya makin rajin bersih-bersih saat musim hujan, bukannya malah leha-leha. Soalnya, beberapa penyakit langganan yang muncul saat curah hujan tinggi terjadi karena lalai bersih-bersih. Engga percaya? Di bawah ini buktinya.

1. Masuk angin dan flu

via mnn.com
(Sumber: mnn.com)

Pilek, bersin-bersin, dan sakit tenggorokan adalah ciri umum masuk angin (atau common cold dalam Bahasa Inggris). Penderita flu juga punya ciri tadi tapi ada tambahan demam sampai sakit persendiannya.

2. Diare

via medicalnewstoday.com
(Sumber: medicalnewstoday.com)

Bakteri penyebab diare bisa masuk ke dalam perut dalam beberapa cara. Misalnya, dari tangan, makanan, atau lingkungan yang kotor. Misalnya kamu tetep kena diare, jangan panik. Diare ringan bisa sembuh sendiri asalkan cukup minum, kok.

Makanya, jangan lupa cuci tangan yang bersih pakai sabun sebelum megang makanan biar engga sakit. Begitu sampai rumah cuci juga kaki sampai bersih supaya bakteri yang nempel engga pindah ke tempat tinggal.

3. Tifus

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Bakteri yang masuk ke perut juga bisa menyebabkan tifus. Penderitanya biasa mengalami demam tinggi, gangguan pencernaan, mual, hingga badan lemas terkulai. Cara paling baik mencegahnya adalah dengan rajin bersih-bersih. Tapi, segera ke dokter kalo udah demam sampai lebih dari tiga hari.

4. Demam berdarah dengue (DBD)

Kawa Muda juga perlu bersih-bersih genangan air supaya engga dijadiin tempat berkembangbiaknya nyamuk Aedes aegypti. Soalnya, nyamuk jenis itu adalah inang paling pas buat nyebarin virus dengue penyebab demam berdarah.

Karena nyamuknya lebih suka berkembang biar di air bersih, jangan lupa rutinin juga menguras penampungan air di rumah. Kalo males nyikat, paling engga airnya dikuras dan diisi baru biar telur nyamuknya hanyut.

5. Leptospirosis

via getridpests.com
(Sumber: getridpests.com)

Puncak sebaran Leptospirosis terjadi bersamaan dengan datangnya banjir dan puncak musim hujan. Bakteri penyebabnya tersebar dari tikus, ke air kotor, masuk ke dalam tubuh lewat kulit, lalu menyerang berbagai jaringan terutama ginjal dan hati. Cara mencegahnya udah pasti dengan rajin mandi.

6. Jamur kulit

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Udara lembab dan kotor juga bisa bikin kulit terinfeksi jamur penyebab gatal-gatal, panu, kadas, atau kurap. Daerah yang terinfreksi biasanya ada bercak atau spot putih pucatnya. Jangan digaruk supaya jamurnya engga nyebar ke daerah lain. Mending kasih salep obat jamur dan cegah kemunculannya dengan rajin bersihin badan. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.