Kamis, 28 Mei 2020

Genmuda – Pemanfaatan teknologi Artificial Intelligence (AI) dan Neutral Language Processing (NLP) dalam bentuk speaker mungkin bukan hal baru lagi buat Kawan Muda. Tapi pernah gak lo temuin speaker pintar yang full menggunakan bahasa Indonesia?

Sekarang ada speaker pintar pertama yang menggunakan bahasa Indonesia dan asli buatan anak bangsa bernama Widya Wicara Prima. Seperti speaker pintar kebanyakan dengan fitur AI dan NLP, perangkatnya bisa lo operasikan dengan perintah suara.

Melalui peluncuran online perdananya, Selasa (12/5), Chief Marketing Officer PT Widya Informasi Nusantara, Handlee Susanto, bilang bahwa Widya Wicara sangat dekat dengan kebiasaan orang Indonesia dengan berbagai fitur penunjang keseharian dengan teknologi berbasis suara.

“Kami dengan sangat bangga mempekenalkan Widya Wicara speaker pintar dengan bahasa Indonesia karya anak bangsa.” kata Handlee.

Widya juga berkolaborasi dengan beragam aplikasi digital untuk menyajikan konten lokal yang dekat dengan masyarakat Indonesia mulai dari Svara, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Pro Sehat, Audio Buku, Muslimnesia, dan sumber-sumber lainnya.

(Sumber: PT Widya Informasi Nusantara)

Lo juga dapat memerintahkan Widya Wicara buat memutarkan musik, radio, podcast dengan beragam tema, informasi seputar kesehatan, pantau Corona, membaca Al-Qur’an, fitur Ramadhan, berita terupdate, perkiraan cuaca, kalender, membaca buku, pengingat waktu, alarm, kuis interaktif (periode tertentu), kalkulator, membaca horoskop, serta tanya jawab pertanyaan standar.

“Kami merancang Widya untuk menjadi semakin pintar seiring berjalannya waktu. Kami berharap Widya juga mampu mencerdaskan masyarakat dengan memberi akses lebih kepada informasi yang berguna.” tambahnya.

Buat spesifikasinya, Chief Operation Officer PT Widya Informasi Nusantara, Patrick Simamora, mengungkap bahwa Widya Wicara Prima dibekali oleh memori 8GB yang dapat berguna untuk menyimpan MP3 sehingga dapat memutar musik dalam kondisi offline. Daya jangkau speaker diklaim mencapai jarak 8-10 meter dengan kondisi terbuka, tanpa adanya halangan atau sekat dalam ruangan.

Terdapat enam buah microphone yang berfungsi untuk menangkap suara lebih jelas. Dengan kapasitas 12V / 1.5A speaker ini bisa langsung lo colok dari sumber daya terdekat di dalam ruangan. Sedangkan respon frekuensinya mencapai 150Hz – 18Khz (±6dB).

(Sumber: PT Widya Informasi Nusantara)

Widya Wicara Prima dapat diaktifkan dengan menggunakan koneksi internet dan mengunduh aplikasi Widya Wicara di Playstore, –dan akan menyusul di Apps Store dalam waktu dekat. Kemudian penggunanya mendaftarkan akun mereka dan melakukan pairing dengan speakernya.

Jika sudah pengguna cukup mengucapkan, “Hai Widya,…” atau “Halo Widya,….” lalu Widya dapat merespons langsung atas sebuah perintah yang diberikan.

Untuk saat ini speaker Widya Wicara Prima baru hanya dijual secara online di Shopee dan nantinya secara offline di beberapa gerai di JABODETABEK, Medan, Pekanbaru, Semarang, Yogyakarta, Solo, Surabaya dan Makassar. Speaker pintar ini dibanderol dengan harga Rp 1.499.000, dengan dua pilihan warna yaitu hitam dan putih. (sds)

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.