Sabtu, 6 Maret 2021

Genmuda – Peringatan, gaes! Jangan pernah gunain password yang sama buat medsos yang beda. Karena, itu bikin para hacker di seluruh dunia kegirangan. Men! Mereka bakal gampang banget buat nge-hack semua akun media sosial kamu. Apa lagi, kalau ada kebocoran data di salah satu medsos.

Kasus kaya gitu baru-baru ini menimpa bosnya Facebook Mark Zuckerberg. Akun Twitter dan Pinterest doi dibajak hacker yang namain diri OurMine Team. Ngutip dari Kompas, sang hacker ngaku dapat password media sosial Zuckerberg dari dalam basis data LinkedIn.

Sekitar Mei lalu, emang sosial media profesional itu sempat kebocoran basis data. Tercatat sekitar 6,5 juta password pengguna bocor. LinkedIn udah kasih tau semua penggunanya dan menganjurkan ubah password.

Reset Password Engga Membantu

mark zuckerberg kena hack
Begini tampilan profil Twitter Mark Zuckerberg waktu kena hack. (Sumber: Kompas.com)

“Tapi, kebocoran data tersebut tak selesai dengan reset password semata. Pasalnya ada banyak orag yang memakai satu password untuk berbagai media sosial lain miliknya. Bisa saja, Zuckerberg merupakan salah satu orang itu,” tulis Kompas.com dalam laporannya, Senin (6/6).

Ketika di-hack, nama akun Twitter dan Pinterest Zuckerberg pun berubah jadi Hacked By OurMine Team. Bio akun  Twitternya pun diubah menjadi “Hey, we are just testing your security, please dm us for contact!”

Selain itu, hacker juga mengetuit berbunyi “Hey, @Finkd Anda ada dalam database LinkedIn dengan password ‘dadada’! DM untuk buktinya.” Akun @Finkd merupakan akun Twitter resmi Mark Zuckerberg, sementara akun Pinterestnya bernama @zuck.

Disuspend

Mengetahui kebobolan itu, Twitter langsung men-suspend akun tersebut. Setelah bisa diakses lagi, twit yang dibuat hacker itu udah dihapus. Engga lama kemudian, Pinterest juga memulihkan akun milik CEO Facebook itu.

Itu jadi pelajaran banget buat semua pengguna media sosial. Soalnya, kasus kebocoran data kaya gini udah ada berkali-kali. Misalnya aja, waktu situs biro jodoh/perselingkuhan Ashley Madison bocor data-datanya sekitar April tahun lalu. Banyak banget pengguna situs itu yang ketar-ketir takut namanya dipublikasiin dan ketauan sama pasangannya.

Selain itu, pernah ada juga broadcast message yang ngasih tau kalau database Path lagi kena hack, dan dikhawatirkan data-datanya dicuri. Intinya, mulai sekarang kita bisa ganti password secara rutin, dan gunain password yang beda di tiap media sosial kita. Cari tau juga beberapa jenis password yang paling gampang banget di bobol di sini. “Keep safety ya gaes!” (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.