Senin, 26 Juli 2021

Genmuda – Pemilik komputer gaming standar rutin ngerasa bete, keki, dan galau. Hardwarenya terus terasa cemen dan ketinggalan jaman meski diupgrade tiap tahun soalnya, game baru juga makin tinggi spesifikasi minimumnya.

Permasalahan itu sebenernya engga bakal terjadi kalo hardware langsung diupgrade ke tingkat tertinggi. Paling engga, pake VGA Card sekelas GTX 1080, CPU sekelas i7, RAM 16 GB, dan storagenya pake Solid State Disk (SSD), bukan Hard Disk Drive (HDD) lagi.

Cuma, ya engga semua orang punya kocek minimal 10-20 juta rupiah buat dapetin hardware gila tadi. Tapi, tenang. Di bawah ini adalah cara supaya hardware lama tetep bisa mainin game next gen tanpa banyak hambatan.

1. Apus program lama

via tumblr.com

Game yang udah engga dimainin dan program yang keseringan dianggurin baiknya diapus supaya ada ruang lebih waktu menginstall game baru. Soalnya, ukuran game dari bulan ke bulan kan selalu bertambah.

Kalo dipaksain menginstall tanpa nyediain ruang lebih, komputernya ibarat lari marathon pake sweater, jaket, dan jeans tebel. Engga bisa napas.

2. Defragment

via makeuseof.com
(Sumber: makeuseof.com)

Ibarat di jalan, lalu-lintas bakalan tersendat parah kan kalo kendaraan-kendaraannya engga rapi di jalan. Komputer yang isi storagenya engga tertata juga begitu, gaes. Makanya, rutin ngelakuin Disk Defragmentation, dong!

Caranya gampang banget. Klik aja tombol start, ketik “Disk Defragmenter” atau “Defrag” di kolom pencarian, terus klik ikon balok-balok. Atau, dengan cara buka Windows Explorer–>klik kanan (C:)–> klik “Properties”–>klik tab “Tools”–>klik “Optimize” di kolom Defragment.

3. Jangan maruk

via indiatimes.in

Tutup dulu semua program sebelum memulai game. Jangan sepelein hal itu karena CPU bakalan lambat kalo galau ngejalanin dua program sekaligus. Orang selingkuh aja engga bakal bertahan lama sama kedua hubungannya kan?

4. Update driver

via tech-coffee.net
(Sumber: tech-coffee.net)

Hampir setiap hardware komputer punya software penunjang yang perlu diinstall, atau disebut driver. Programnya harus diupdate terus supaya bisa sederajat sama spesifikasi game yang terus meningkat.

5. “Gaming Mode”

via tumblr.com

Di driver itu, biasanya ada pilihan aktifin “Game Mode.” Tinggal klik, terus setelan hardwarenya bakal disesuaikan otomatis. Kalo ‘tombol sakti’ itu engga ada di driver, kamu bisa aktifin modenya pake berbagai program tune-up.

Coba deh lakuin lima trik itu terus rasain bedanya. Kalo hardwarenya cuma berusa dua atau tiga tahun sih gamenya kemungkinan besar bakal lancar jaya. Duit 10-20 jutanya dipake modal nikah deh. Asik. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.