Minggu, 7 Juni 2020

Genmuda – Korek lobang telinga dengan benda apapun (termasuk cotton bud) bukannya ngebersihin telinga tapi malah berisiko bikin kotorannya tersumbat. Meski gatel sekalipun, keinginan ngorek-ngorek harus ditahan. Karena engga semua gatel terjadi karena telinga kotor.

Departemen Otorhinolaryngology Universitas Texas AS di situsnya bilang kalo penyebabnya bisa jadi karena jamur, infeksi, awal infeksi, atau karena masalah kulit. Kemungkinan, gatelnya juga terjadi karena kebiasaan dikorek-korek loh.

Para dosen Departemen THT universitas malah menganjurkan Kawan Muda buat ke dokter sekiranya rasa gatel udah engga bisa ditahan lagi. Kalo males diperiksa, ada juga obat tetes telinga yang bisa mengurangi gatel.

“Tanggung bulan nih.” Engga ada alternatif lainnya gitu?

via giphy.com

Alkohol 70% juga bisa dipakai sebagai obat tetesnya. Alkohol tersebut biasa dipakai sebagai pembersih luka dan tersedia hampir di semua apotek. Tapi tetap hati-hati ya, kalo kupingnya emang beneran terinfeksi bakal terasa sakit banget begitu bersentuhan sama alkohol. (Engga sesakit diselingkuhin kok)

Sementara itu, situs clearearinc.com bilang kalo gatel di dalam kuping terjadi karena kulit kering. Kalo emang seperti itu, gatelnya bisa diilangin dengan meneteskan lotion atau baby oil supaya kulit kembali lembab.

Kalo gatel karena jamur, cairan Hidrogen peroxida yang harus ditetesin ke dalem telinga. Tapi hati-hati, kalo infeksi jamurnya udah parah banget, telinga bakal terasa sakit sama kayak waktu ditetes alkohol 70%.

Pakai air hangat juga bisa

via tumblr.com

Selain itu situs alodokter.com menganjurkan air hangat untuk membersihkan telinga yang gatel. Tinggal semprotin aja air angetnya pakai semprotan kecil atau bekas botol tetes mata. Rasanya emang agak ngilu buat yang pertama kali ngelakuin ini, tapi kotorannya bakalan terangkut air, kok. Makin kenceng semprotannya makin baik asalkan kamu kuat nahan rasa ngilu.

Terkahir, kalo ternyata telinganya masih terasa penuh dan gatel ya ujung-ujungnya mesti ke dokter THT. Siapa tau gatelnya bukan berasal dari dalam telinga tapi dari tenggorokan. Secara, telinga, hidung, dan tenggorokan memiliki satu saluran.

So, begitulah cara-cara yang bisa dilakuin buat bersihin telinga tanpa perlu mengorek-koreknya pakai cotton buds. Semoga membantu kamu yaw! (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.