Minggu, 24 Januari 2021

Genmuda – Kepintaran android canggih sekalipun belum terasa sempurna apabila cuma berisi aplikasi-aplikasi bawaan. Kalo pilihannya tepat, aplikasi tambahan yang semacam jadi aplikasi wajib ini bisa ngeluarin lebih banyak kepintaran Android dan meringankan performanya.

Coba deh download aplikasi di bawah ini. Mau kamu imigran dari produk Apple, Windows Phone, atau pengguna lama, kombinasi 7 aplikasinya gampang dipakai, sangat berguna, dan bikin Android kamu makin canggih.

1. Nova Launcher

via play.google.com
(Sumber: Play.google.com)

Nova Launcher yang sekarang udah berkembang begitu pesat sehingga memungkinkan modifikasi hampir di tiap tampilan Android. Bukan cuma tampilan muka, tampilan lock screen juga bisa diedit sesuka hati.

Udah gitu, ukuran ikon bisa diubah sesuai selera. Bukan promosi atau gimana, tapi aplikasi banyak guna ini terbilang kecil dan gak bikin lemot. Benar-benar sebuah aplikasi wajib Android, terutama buat ponsel bertampilan boring.

2. AirDroid

via play.google.com
(Sumber: play.google.com)

Gampangnya, AirDroid tuh seperti kabel tak terlihat yang menghubungkan Android dengan Mac atau Windows kamu. Selain transfer file, kamu juga bisa buka notifikasi Android karena notifikasinya masuk ke komputer kamu secara langsung. Bahkan aplikasinya bisa mendeteksi lokasi ponsel dan mengakses aplikasi-aplikasi di dalamnya, termasuk kamera ponsel. Aplikasi wajib banget, kan?

3. Firefox/Dolphin/Opera

Firefox adalah salah satu web browser terbaik untuk Android
Firefox untuk Android (Sumber: Mozilla)

Ketika aplikasi browser bawaan terlalu cemen sementara Google Chrome terlalu berat, downloadlah Firefox, Dolphin, atau Opera browser. Masing-masing punya kemampuan yang sama dengan Chrome tapi lebih hemat RAM. Malah, Dolphin browser udah dipasangi pemblokir iklan dari sananya.

4. LastPass Password Manager

Aplikasi yang fungsinya nginget semua password akun medsos, forum, e-commerce, atau keanggotaan lainnya ini gak bakal bikin kamu buang waktu menekan tombol “forget password.” Saking canggihnya, bahkan LastPass ini bisa menyarankan password yang paling kuat.

5. Aplikasi email

via play.google.com
(Sumber: play.google.com)

Semua aplikasi email itu penting banget, tapi kandidat terkuatnya jelas GmailBlue Mail, Yahoo Mail, dan Microsoft Outlook. Pilih aja salah satu di antara itu, pasti gak bakalan nyesel. Terutama, karena semuanya gampang dipakai dan bisa login banyak alamat email.

6. Google Keep/Evernote

via play.google.com
(Sumber: play.google.com)

Smartphone gak cocok disebut smart kalo belum ada aplikasi catatan yang multifungsi. Dengan Google Keep, kamu bisa nyimpen catetan, peta, gambar, dan coretan tangan, lalu mengaksesnya di gadget lain. Sementara itu, Evernote cocok dipakai untuk tugas kelompok karena punya fungsi satu catatan untuk rame-rame.

7. ASUS File Manager

File manager ini bisa dipakai kok di ponsel-ponsel bukan merk ASUS dan aplikasinya bertindak layaknya manager sejati. Soalnya, bisa mengatur file yang ada di ponsel, DropBox, OneDrive, dan beberapa penyimpanan cloud lain.

Selain itu, aplikasinya udah punya alat pengompres yang kadang dibutuhin misalnya untuk install aplikasi bukan dari PlayStore. Penggemar musik pun akan seneng karena File Manager yang merupakan aplikasi wajib yang ada di tiap Zenfone ini bisa streaming lagu. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.