Senin, 30 November 2020

Genmuda – Pesona pantai, cuaca, dan kebudayaan pada akhirnya bikin Bali lebih terkenal daripada area lain Indonesia bagi turis asing. Bahkan turis lokal pun lebih suka pergi ke Bali daripada ke destinasi lainnya.

Tahun 2017, Bali jadi tempat wisata terbaik dunia berdasarkan pilihan turis-turis pengguna TripAdvisor.com. Di situ disebut kalo Pulau Dewata ibarat surga dunia dengan pemandangan kayak di kartu-kartu pos.

Pesona romantisnya Bali juga sering disebut tingkat dewa. Makanya, jadi tempat bulan madu banyak pasangan baru. Ciyee. Selain Bali, ada juga loh area wisata romantis di Indonesia. Di bawah ini misalnya. Pasti bisa jadi alternatif.

1. Pulau Moyo

via amazingindonesia.com
(Sumber: amazingindonesia.com)

Gak jauh dari Bali, ada Pulau Moyo. Pulau kecil sebelah utara Pulau Sumbawa itu adalah destinasi tulis kelas dunia. Pemandangan pantainya cantik natural. Meski tergolong pulau kecil (sekitar 30 ribu hektar), pasir putih, laut jernih, dan hutan yang belum terjamahnya sajiin pemandangan terbaik.

2. Kepulauan Banda

via rofaramadhani.blogspot.com
(Sumber: rofaramadhani.blogspot.com)

Bayangin kombinasi pemandangan Gunung Api, hutan, laut dengan keanekaragaman hayati, dan pasti makanan enak-enak. Nyam! Semua itu bisa diperoleh di kepulauan area Banda, seperti Pulau Neira, Pulau Lonthoir, Pulau Pisang, Pulau Hatta, Pulau Ay, Pulau Rum, juga Pulau Gunung Api Banda.

3. Yogyakarta

via daftarwisatajogja.blogspot.com
(Sumber: daftarwisatajogja.blogspot.com)

Pemandangan kabut pagi ditambah lingkungan asri dan tata kota penuh nilai sejarah beri romantisme tersendiri loh pada berbagai lokasi di Yogyakarta. Gak jauh dari pusat kota, ada Dataran Tinggi Kaliurang, Pantai Ngrenehan, ada juga Pantai Parangtritis.

4. Surabaya

via grahawisatatour.com
(Sumber: grahawisatatour.com)

Ibu Kota Jawa Timur ini hampir-hampir mirip Jakarta. Banyak macet dan penginapan mewahnya. Tapi, ada lebih banyak lokasi wisata kuliner di Surabaya daripada di Jakarta. Anti-mainstream, tapi jalan-jalan romantis sambil makan-makan jauh lebih baik daripada kelaparan.

5. Kampung Sampireun, Garut

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Kampung Sampireun adalah sebuah resort romantis di Garut, Jawa Barat yang ngasih nuansa pedesaan asri dalam manajemen modern. Telaga buatan di tengah-tengah area penginapannya itu loh yang melengkapi desain taman dan nuansa pemandangan asli Garut-nya.

6. Pulau Bintan, Kepulauan Riau

via theamaingindonesia.com
(Sumber: theamazingindonesia.com)

Kemewahan dan keromantisan Pulau Bintan cuma bisa terjelaskan dengan sempurna setelah telapak kaki kamu menapaki lembutnya pasir putih dan segarnya air biru berbuih sambil melihat pemandangan mata hari terbenam yang gak terhalang apapun.

7. Taman Nasional Taka Bonerate, Sulawesi Selatan

via pesonaindonesia.com
(Sumber: pesonaindonesia.com)

Di area paling selatan Sulawesi Selatan ada taman laut berupa pulau karang yang di kelilingi pantai asri, serta punya telaga air asin di tengah-tengah pulaunya. Taman Nasional Taka Bonerate adalah tujuan romantis kalo kamu mau onyo-onyoan sama doi tanpa terganggu klakson atau suara bising knalpot motor.

Kuy lah ke sana mumpung Sabtu-Minggu masih jadi hari libur bagi kamu dan doi. Kalo udah, jangan lupa tinggalin komen di bawah ini, yes. Kalo belum tapi mau komen juga boleh, kok. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.