Selasa, 16 Juli 2024

Genmuda – Keberhasilan liburan dadakan biasanya jauh lebih besar daripada liburan yang direncanain dari jauh-jauh hari. Tau sendiri, kan kebiasaan orang Indonesia yang “gue ikut aja deh,” “nyimak gan,” dan banyak berdebat tapi ujung-ujungnya engga jadi.

Karena perencanaan belum mateng, acara liburan dadakan pasti banyak ribet dan terburu-buru hingga akhirnya malah jadi buang waktu. Saat momen itu tiba, ada tujuh aplikasi yang fungsinya meningkat berkali lipat, hingga dapat menolong di saat genting.

1. Aplikasi pesan tiket bioskop

bioskop 7
Makan popcorn sambil nonton. (Sumber: oliveoiltimes.com)

Aplikasi bioskop sangat menolong para moviegoer supaya bisa beli tiket sambil dalam perjalanan. Engga perlu juga buang waktu dengan antre panjang sehingga kehilangan tempat duduk yang spotnya paling favorit. Namun kebanyakan aplikasi bioskop kan cuma bisa dipakai pesan tiket bagi anggota terdaftar, sebagai penggantinya kamu yang engga jadi anggota bioskop bisa pesan tiketnya dengan aplikasi lain, kok.

2. Aplikasi kuliner

©Genmuda.com/2017 TIM.
Caesar Salad. ©Genmuda.com/2017 TIM.

Yoi! Saatnya manfaatkan aplikasi kuliner sebesar-besarnya supaya dapet tempat nongkrong seru yang diskon gede. Sayang banget loh kalo aplikasinya cuma dianggurin gitu aja di ponsel.

3. Transaksi elektronik

via libertybank.ge
Ilustrasi emoney. (Sumber: libertybank.ge)

Aplikasi dompet digital juga besar banget manfaatnya saat liburan dadakan. Sekarang, uang elektroniknya juga udah bisa dipakai bertransaksi di toko-toko offline. Engga perlu lagi ribet buang waktu nyari ATM saat kehabisan uang tunai.

4. Travel agent lokal

via superlayover.com
Kota Tua Jakarta. (Sumber: superlayover.com)

Seandainya males jalan ke mal tapi pengen rasain jadi turis, coba aja manfaatin berbagai aplikasi travel agent atau turisme. Biasanya, aplikasi itu nyediain paket jalan-jalan ke area lokal beserta tour guide-nya. Engga ada salahnya dong ikut kegiatan seperti itu supaya lebih mengenal daerah sendiri.

5. Forum online dan peta

via Istimewa
Untung ada peta. Gak nyasar deh. (Sumber: Istimewa)

Kalo mau jalan-jalan sendiri tanpa bantuan tour guide juga bisa. Cari tau info lokasi serunya lewat berbagai forum online (atau, blog jalan-jalan), terus arah jalannya cari tau lewat peta online supaya engga nyasar. Sering-sering jadi urban explorer seperti ini, maka kamu bisa buka jasa jadi tour guide di aplikasi travel agent lokal.

6. Booking hostel

via travelandleisure.com
Misi, mas. Numpang tinggal sehari ya. (Sumber: travelandleisure.com)

Meski jumlahnya engga banyak, ada aja loh netizen yang mejadikan ruangan di rumahnya sebagai hostel, atau kosan harian. Harganya jelas jauh leibih terjangkau daripada harus walk-in mesan kamar di hotel.

7. Medsos

via welivesecurity.com
Update status dulu, ah…. (Sumber: welivesecurity.com)

Medsos pada akhirnya juga berubah fungsi ketika kamu lagi jalan-jalan dadakan. Bukan cuma buat pamer foto, kamu juga bisa nanya lokasi mana lagi yang harus dikunjungi ke friends dan follower, atau netizen pada umumnya. Dengan begitu, fungsi medsos kembali meluas seperti yang diharapkan para pembuatnya dulu.

Menurut Genmuda.com, aplikasi-aplikasi di atas yang sangat membantu saat berhadapan dengan liburan dadakan. Kalo kamu tau aplikasi lainnya, langsung aja share di bawah ini itung-itung bantu temen sendiri. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.