Sabtu, 21 Mei 2022
Kekinian

Resmi Digelar, Indonesia Fashion Week 2016 Angkat Tema ‘Reflections of Culture’

Parade 17 desainer Tanah Air di acara pembukaan IFW 2016 di JCC, Kamis (10/3) (Foto: Genmuda.com/2016)

Genmuda – Indonesia Fashion Week (IFW) kembali digelar nih, Kawan Muda. Ajang peragaan busana tahunan itu bakal berlangsung mulai hari ini, Kamis (10/3), sampai hari Minggu (10/3) mendatang di Jakarta Convention Center (JCC).

Di tahun kelimanya ini, IFW mengusung tema ‘Reflection of Culture’. Menurut Presiden IFW Poppy Dharsono, tema tersebut sengaja dipilih buat nonjolin budaya lokal alias budaya asli Tanah Air dan ngebantu para desainer ngepromosiin pasar fesyen Indonesia, baik secara local maupun global. Engga heran, acara pembukaan IFW 2016 pun diawali dengan tarian daerah Cilinaya, yang berasal dari Bali.

Presiden IFW Poppy Dharsono bersama sejumlah pejabat pemerintahan di acara pembukaan IFW 2016 di JCC, Kamis (10/3) (Foto: Genmuda.com/2016)
Presiden IFW Poppy Dharsono bersama sejumlah pejabat pemerintahan di acara pembukaan IFW 2016 di JCC, Kamis (10/3) (Foto: Genmuda.com/2016)

Lebih lanjut, acara pembukaan IFW turut dihadiri oleh sejumlah perwakilan Kedutaan Besar dari sejumlah negara sahabat. Selain itu, ada pula sejumlah petinggi pemerintahan, mulai dari Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Irman Gusman sampai Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia Puan Maharani, yang ngewakilin Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Lantas, gimana nih dukungan pemerintah buat IFW? Well, secara keseluruhan sih pemerintah jelas ngedukung penyelenggaraan IFW. Meski begitu, pemerintah juga berharap Indonesia, khususnya Jakarta, bisa jadi salah satu pusat mode dunia. Hal tersebut kayak yang udah disampein Pak Ketua DPD. Beliau bahkan berharap IFW bisa diadain setiap 6 bulan sekali loh, Kawan Muda.

Model ikon IFW 2016 (Foto: Genmuda.com/2016)
Model ikon IFW 2016 (Foto: Genmuda.com/2016)

Hal senada pun disampein sama Ketua Komisi VI DPR RI Achmad Hafisz Tohir. “Kami di Komisi VI sangat mendukung upaya-upaya pemerintah maupun swasta. Apalagi saat ini kita sedang mengalami kelesuan ekonomi global, justru yang seperti inilah yang bisa membangkitkan ekonomi nasional. Kami sangat mendukung anak bangsa yang ingin menggulirkan sektor riil dengan produk mereka,” jelas beliau.

Sementara itu, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Indonesia Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga justru berharap supaya fesyen Indonesia bisa memenuhi 40% pangsa pasar dalam negeri di era Masyarakat Ekonomi Asean. “Ini tantangan bagi desainer kita. Pangsa pasar kita harus dipenuhi oleh desainer-desainer kreatif yang mengangkat nilai-nilai budaya lokal indonesia,” ujar beliau.

Sebaliknya, Ibu Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia pun nambahin kalau pihaknya berharap bakal ada makin banyak karya anak bangsa yang lahir lewat IFW. “IFW ini juga bisa secara efektif digunakan untuk memperkenalkan hasil karya dan kreativitas anak bangsa yang tidak kalah dengan internasional,” jelas beliau.

Fashion show koleksi 'Alta Moda' dari perancang Italia, Camillo Bona di acara pembukaan IFW 2016 di JCC, Kamis (10/3) (Foto: Genmuda.com/2016)
Fashion show koleksi ‘Alta Moda’ dari perancang Italia, Camillo Bona di acara pembukaan IFW 2016 di JCC, Kamis (10/3) (Foto: Genmuda.com/2016)

Lantas, kalau dari segi acaranya sendiri, ada apa aja sih di IFW tahun ini? FYI, total ada 480 brand, 32 fashion show, dan 12 ribu outfit yang bisa kamu lihat di IFW 2016. Di samping itu, kamu juga bisa ngelihat beragam talk show, workshop, dan kompetisi desain di  ajang fesyen bergengsi yang diadain sama Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) itu.

Tapi, belum lengkap rasanya kalau engga ngomongin soal model yang jadi ikon IFW 2016. Mereka adalah Bunga Jelita, Ikhsan Saleh, dan Katherine Luandha. Ketiganya tampil menawan dengan berbalut koleksi busana ‘Jajaka’ karya desainer ternama Indonesia, Ivan Gunawan.

Booth Hijup.com di IFW 2016 (Foto: Genmuda.com/2016 Gabby)
Booth Hijup.com di IFW 2016 (Foto: Genmuda.com/2016 Gabby)

Engga ketinggalan, di penghujung acara pembukaan IFW 2016 ada pula fashion show koleksi ‘Alta Moda’ dari perancang Italia, Camillo Bona. Menyusul setelahnya, giliran parade 17 desainer Tanah Air — termasuk Itang Yunasz, Adjie Notonegoro, Mel Ahyar, Dian Pelangi, serta Danjyo Hiyoji yang hadir buat ngewakilin era tahun 70, 80, dan 90-an.

So, mumpung baru hari pertama, mending kamu buru-buru ke JCC buat ngelihat IFW 2016 deh, Kawan Muda. Apalagi kalau kamu cewek pengguna hijab, di sana kamu bisa nemuin banyak banget referensi desain, model, dan segala macam hal lainnya yang terkait sama hijab. Don’t miss it! (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer