Rabu, 29 Juni 2022

Genmuda – Tanggal 4 Mei diperingati ‘May The 4th Be With You’ atau yang umum dikenal sebagai hari Star Wars sedunia. Perayaan dan nuansa film sci-fi ini pasti udah jadi budaya pop di sejumlah negara, termasuk di Indonesia.

Bersamaan dengan hal itu, pada hari Rabu (4/5), Disney Indonesia bekerja sama dengan 501st Legion Indonesia mengelar acara ‘May the 4th Hospital Visit’. Sesuai dengan tema acaranya para karakter Star Wars ini menginvasi Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Cipto Mangunkusumo.

“Mau ngapain ke RSCM? Perang sama pasukan rebellion?”, “Ya engga lah!”. Jadi kehadiran Darth Vader dan dua Stormtrooper ini punya misi yang mulia loh! Dalam memperingati Star Wars Day di Indonesia, ketiga karakter antagonis di film ‘Star Wars’ ini bermaksud untuk menghibur para pasien, –terutama anak-anak, di RSUP Cipto Mangunkusumo.

Dokter Dr.dr.Aryono Hendarto SpA (K), kepala departemen anak, selaku perwakilan dari RSCM dalam acara 'May the 4th Hospital Visit', Rabu (4/5) (Foto: Genmuda.com/2016 Liki)
Dokter Dr.dr.Aryono Hendarto SpA (K), kepala departemen anak, selaku perwakilan dari RSCM dalam acara ‘May the 4th Hospital Visit’, Rabu (4/5) (Foto: Genmuda.com/2016 Liki)

Sekitar pukul 10.15 WIB, acara dibuka oleh Dr. dr. Aryono Hendarto SpA(K), kepala departemen anak RSCM.

“Biasanya dokter yang menghibur pasien, sekarang dokter dari luar angkasa yang akan menghibur para pasien.” diselingi oleh tawa para anak-anak yang udah engga sabaran nungguin Darth Vader cs.

Acara yang digelar di Lobby Gedung Kiara RSCM ini dilakukan dalam dua sesi, pertama dikhususkan untuk umum dan semua pasien rawat jalan, dilanjutkan dengan kunjungan ke ruangan anak-anak yang sedang menjalani rawat inap. Selain diisi kegiatan storytelling, origami, dan mewarnai, para pasien anak-anak (bahkan orang tua dan dokter) juga berkesempatan buat berjabat tangan dan selfie bareng Darth Vader.

Salah satu pasien di RSCM yang berkesempatan foto bersama Darth Vader pada hari Rabu (4/5) (Sumber: Genmuda.com/2016 Liki)
Salah satu pasien di RSCM yang berkesempatan foto bersama Darth Vader pada hari Rabu (4/5) (Sumber: Genmuda.com/2016 Liki)

Meski baru pertama kali diadain di Indonesia ternyata respon masyarakat terhadap acara hospital visit ini cukup positif. Genmuda.com sempat mewawancari salah satu ibu bernama, Ria. Diakuinya, acara ini cukup menarik dan engga cuma menghibur anak-anak tapi juga orang dewasa. “Kebetulan saya lagi jenguk saudara, pas ngelihat [Darth Vader] langsung mau foto barengan anak saya. Kebetulan saya dan suami juga suka Star Wars.” jelasnya.

Hal senada juga diutarakan oleh salah satu anggota 501st Legion Indonesia, Julian Widjaja,

“Jujur ini baru pertama kali kita hospital visit. Dan lumayan kaget karena antusias para anak-anak cukup besar.”

Lewat slogan ‘Bad guys doing good’, 501st Legion sendiri hanya menampilkan karakter-karakter antagonis dari film Star Wars dan seluruh penampilan mereka ke publik harus bersifat amal atau non profit. Hal ini dikarenakan 501st Legion Indonesia bukan cosplay club atau fan base club, jadi semua penampilan mereka harus mendapatkan persetujuan dari pihak Disney serta Lucas Film. Kostumnya sendiri punya standar masing-masing jadi engga boleh asal-asalan.

FYI, meski jumlah anggota 501st Legion yang baru terdaftar di Indonesia cuma ada sembilan orang, tapi buat kostum Darth Vader-nya ternyata udah berhasil mendapatkan penghargaan kostum terbaik di Asia, bahkan tahun lalu Darth Vader besutan anak bangsa ini dipercayai buat memimpin parade Star Wars di Disneyland Hongkong. Gokil engga tuh gaes?

Meski acaranya berlangsung sederhana namun kedatangan para karakter Star Wars emang jadi penghibur buat adik-adik kita serta sejumlah dokter dan pengujung di RSCM. “Selamat hari Star Wars Sedunia, May The 4th be with you!”

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.