Senin, 26 Juli 2021

Genmuda – Kamu udah tau belum Kawan Muda siapa Joey Alexander? Wah, parah kalo belum tau. Jadi dia tuh pianis muda Indonesia yang udah mendunia. Baik di Tanah Air maupun di kancah internasional.

Kabar terbarunya nih, dia bakalan tampil di acara pembukaan Grammy Awards 2016 loh, gokil engga sih? Dia bisa nunjukin kemampuan bermain pianonya di acara bergengsi itu, ditonton di seluruh dunia, ditemenin artis-artis dunia, di panggung spektakuler, asli keren abis. Dan ternyata doi baru berusia 12 tahun.

Sebelumnya, pianis jazz belia dari Indonesia ini berhasil masuk dua kategori penghargaan tahunan industri musik Internasional Grammy Awards 2016, yang ke-58. Dua kategori itu adalah Best Jazz Instrumental Album buat album solo pertamanya, My Favorite Things (2015), dan Best Improvised Jazz Solo buat lagunya yang berjudul ‘Giant Step’ di album tersebut.

Ngintip dari situs resmi Grammy Awards 2016, kategori yang didudukinya juga memuat nama-nama besar yang jadi pesaingnya, kayak Terence Blanchard featuring The E-Collective dengan album Breathless, Robert Glasper & The Robert Glasper Trio dengan Covered: Recorded Live At Capitol Studios, Jimmy Greene dengan Beautiful Life, dan John Scofield dengan Past Present.

Prestasi Joey emang cukup ngagetin buat seorang anak yang baru berusia 12 tahun. Pianis cilik yang sekarang tinggal di New York itu udah nempatin urutan ke-59 dalam Billboard Hot 200 dan mengalahkan Metallica. Wah! Fans Metallica iklhas ya, terima, dia anak bangsa.

Pemilik nama lengkap Josiah Alexander Sila, yang lahir di Denpasar, Bali ini meroket sejak tahun 2014. Beberapa media terkemuka internasional memberitakan penampilannya, sebut saja The New York Times. Media yang berbasis di New York itu menyebut Joey Alexander sebagai musisi muda dengan sentuhan jazz yang menakjubkan. Engga sampe di situ, The Guardian dan The Telegraph juga memberitakan dirinya.

Rencananya, acara pembukaan Grammy Awards 2016 ini akan digelar pada 15 Februari 2016 waktu setempat. Sejumlah nominator dan undangan VIP dari industri musik internasional akan hadir pada acara yang dihelat di Microsoft Theater, Los Angeles, Amerika Serikat tersebut.

(sds)

Comments

comments

Bobi Brilyan Bastenjar
Valar Morghulis