Rabu, 12 Agustus 2020

Genmuda – Dunia maya belakangan ini lagi diramein sama yang namanya #MannequinChallenge nih, Kawan Muda. Kalo kamu sering nontonin berbagai videonya, kamu pun pasti bakal ngeh kalo ada satu lagu yang sering banget digunain orang-orang buat ngiringin aksi mereka.

Saat ini, lagu #MannequinChallenge tersebut mungkin udah terngiang-ngiang banget di kepala kamu, cuma kamu belum tau aja apa judulnya maupun siapa penyanyinya. Kabar gembira buat kamu, kini kamu udah engga perlu pusing-pusing lagi nyari tau informasi seputar lagi tersebut, soalnya Genmuda.com punya jawabannya.

FYI, lagu yang diputar di sebagian besar video #MannequinChallenge itu merupakan lagu milik duo hip hop Rae Sremmurd (feat. Gucci Mane) yang berjudul ‘Black Beatles’. Orang-orang biasanya cuma nampilin bagian hook utama lagu tersebut, yang dimulai dengan lirik “that girl is a real crowd pleaser“.

Lebih lanjut, ‘Black Beatles’ sebetulnya udah dirilis dari pertengahan September yang lalu dan cukup populer pada saat itu. Namun demikian, video klipnya baru benar-benar ngeroket sejak #MannequinChallenge viral di dunia maya. Bahkan, Rae Sremmurd udah ngebikin #MannequinChallenge versi mereka sendiri di salah satu konser mereka dan kerap nge-regram #MannequinChallenge dari sesama artis maupun teman-teman mereka loh (lumayan lah ya sekalian promosi).

Terlepas dari itu, sampai sekarang masih belum diketaui kenapa ‘Black Beatles’ jadi semacam lagu wajib buat #MannequinChallenge. JSYK, di samping fakta bahwa bukan Rae Sremmurd yang memulai tren #MannequinChallenge, lirik lagu maupun video klipnya juga sama sekali engga nampilin soal maneken atau orang yang lagi berdiri kayak patung. Oleh karena itu, mungkin semuanya balik lagi kepada pilihan dari para pelopor #MannequinChallenge itu sendiri.

So, gimana, Kawan Muda? Kamu udah pernah ngelakuin #MannequinChallenge belum nih? Atau jangan-jangan kamu malah masih belum tau apa itu #MannequinChallenge? Well, buat kamu yang masih bingung dan penasaran, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu kamu tau seputar #MannequinChallenge:

1. Apa itu #MannequinChallenge?

Sesuai namanya, #MannequinChallenge pada dasarnya merupakan tantangan di mana seseorang atau sekelompok orang terlibat dalam sebuah video singkat dengan gaya mematung layaknya maneken. Selama orang-orang tersebut jadi maneken, kamera bakal nyorot mereka satu per satu dan otomatis mereka engga boleh ngedipin mata maupun bergerak sedikitpun. Walau demikian, kadang ada pula video yang diakhiri dengan semua peserta #MannequinChallenge mulai bergerak lagi.

2. Apa tujuannya?

Mannequin challenge

A post shared by Adele (@adele) on

Engga kayak #IceBucketChallenge yang tujuan utamanya buat ngumpulin sumbangan amal, #MannequinChallenge bisa dibilang sama sekali engga terikat dengan tujuan tertentu semacam itu. Singkatnya, #MannequinChallenge lebih kepada kegiatan buat senang-senang aja. Kalopun ada artis atau tokoh yang ngegunain #MannequinChallenge buat ajang promosi, itu pilihan mereka.

3. Kayak gimana peraturannya?

Kayak yang Genmuda.com sampein di awal, selama ngejalanin #MannequinChallenge pada dasarnya kamu harus tetap diam dengan gaya apapun itu yang kamu pilih. Dengan kata lain, kamu engga boleh ngedipin mata, engga boleh bergerak sama sekali, dan engga boleh ngomong atau ngobrol, apalagi ketawa cekikikan.

Selain itu, kamu boleh aja terinspirasi dari video-video yang udah ada, tapi sebaiknya kamu tetap cari latar tempat dan gaya kamu sendiri. Kalo udah, jangan lupa pula buat ngeposting hasil videonya di media sosial dengan tagar #MannequinChallenge sekaligus (kalo kamu mau) tag teman kamu buat ngelakuin #MannequinChallenge versinya sendiri.

4. Siapa aja yang udah ikutan?

Dream Team ? #mannequinchallenge

A post shared by Blac Chyna (@blacchyna) on

Well, kalo kamu ngakunya anak kekinian, harusnya sih kamu udah ngelakuin #MannequinChallenge, Kawan Muda. Gimana engga? Sejumlah penyanyi/musisi ternama mulai dari Paul McCartney, Adele, sampai Destiny’s Child aja udah pada ikutan #MannequinChallenge. Selain mereka, ada pula sejumlah artis lainnya kayak James Corden, Kevin Hart, dan Blac Chyna. Bahkan, tokoh politik sekelas Hillary Clinton pun engga mau ketinggalan dan berkolaborasi bareng musisi Bon Jovi buat #MannequinChallenge-nya. Seru banget deh pokoknya!

5. Siapa pelopornya?

Sebagai orang Indonesia, kita patut berbangga nih, Kawan Muda. Ternyata, tren #MannequinChallenge udah ada dari tahun 90-an di Tanah Air. Kalo kamu engga percaya, kamu lihat aja video klip ‘Tenda Biru’ dari Teh Desy Ratnasari. Lebih tepatnya, #MannequinChallenge bisa kamu temuin di bagian tengah video klip tersebut. Gokil engga tuh? (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer