Senin, 6 Juli 2020

Genmuda – Nama Anies Baswedan pastinya udah engga asing lagi buat Kawan Muda (Kalo engga tau kamu mungkin kurang piknik). Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini ramai dibicarain sama netizen seminggu belakangan.

Baru mengampanyekan program Hari Pertama Sekolah, engga lama kemudian Pak Anies harus ngerelain jabatan Kemendikbud usai masuk jajaran menteri yang kena reshuffle di Kabinet Kerja, pada hari Rabu (27/7) dan digantikan olej Rektor UMM, Muhadjir Effendy. Beragam celotehan para netizen pun beragam atas keputusan hak prerogatif Presiden Jokowi.

Berdasarkan survei Indonesia Indicator (I2) yang dilansir dari Kompas, (27/7). Dicopotnya Pak Anies ternyata mengundang 2.947 tweet sedih sekaligus mempertanyakan reshuffle tersebut. Tapi nasi udah menjadi bubur guys, kalo kata The Beatles, “life goes on!”

Meski udah engga menjabat sebagai menteri sosok Pak Anies tetap punya hati di para netizen kok, terutama Generasi Muda. Mau tau apa kenapa? Berikut alasannya:

1. Visioner

(Sumber: Istimewa)

Masih ingat dengan program Indonesia Mengajar? Ide dari beliau inilah yang manjur ngajak Generasi Muda berprestasi untuk mau mengajar di dalam pelosok Indonesia. Hingga sekarang organisasi tersebut malah udah mencetak banyak pengajar muda berprestasi dan siap bersaing di dunia profesional.

2. Quotes-nya memotivasi

Via: Twitter
(Sumber: Twitter)

Selain sebagai mentor dan pengajar, sosok Pak Anies ibarat ‘cambuk’ semangat anak muda lewat quotes yang inspirasional dan ‘dalam’. Engga melulu bahas cinta-cintaan atau galau-galauan, quotes beliau bisa terbilang cukup enteng, realistis, dan bikin kamu mikir buat terus beraksi.

3. Merangkul dan melibatkan anak muda

(Sumber: Turuntangan.org)

Dalam berbagai kesempatan, –baik sebelum dan sesudah menjadi menteri, beliau selalu melibatkan generasi muda buat berpendapat dan mengutarakan ide mereka. Selain mau mendengarkan, Pak Anies juga engga ragu menerima pendapat positif mereka.

4. Selalu punya cerita inspiratif dan bikin kamu bilang, “Gue juga bisa!”

(Sumber: Turuntangan.org)

Engga sedikit cerita dari Pak Anies mampu membuka mata generasi muda buat peduli akan kemajuan bangsa. Mulai dari cara melawan budaya korupsi, melawan kemiskinan, sampe catatan kecil saat menjabat sebagai seroang menteri. Bahkan dalam sebuah kesempatan beliau engga malu bercerita kalo dulu pernah kuliah hingga waktu limit, tapi skripsinya malah ngebut. “Masa kamu engga bisa?”

5. Ramah dan sederhana

Komik Sheila Playground (Sumber: Facebook.comsheilasplayground)
Komik Sheila Playground (Sumber: Facebook.comsheilasplayground)

Sebelum dan setelah menjadi menteri, Pak Anies tetap dikenal sebagai sosok yang sederhana. Usai melepas jabatannya beliau mengatakan, “Saya akan kembali menjadi Anies Baswedan”. Bahkan dikutip dari Kompas, Senin (1/8) Pak Anies diketahui tetap mengampanyekan Gerakan Antar Anak ke Sekolah dengan mengantar puteranya dengan sepeda motor. Tetap mengagumkan dan menginspirasi Generasi Muda ya Pak Anies!

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.