Senin, 26 Juli 2021

Genmuda – Menginjak era teknologi kreatif, dunia desain pada dasarnya ikut mengalami kemajuan pesat. Bukan hanya dari segi kegunaan, produk-produk pun perlu didesain dengan apik supaya enak dipakai dan dipandang-pandang.

Namun aneh. Masih ada aja produsen mobil yang ‘kepeleset’ bikin produk dengan desain yang terbilang aneh dan gagal paham. Produk ini pun dikasih nama ugliest car on earth (mobil paling jelek sedunia). Ini dia rangkumannya guys, awas sakit mata. He-he.

1. Jeep Cherokee

(Sumber: Telegraph)

Telegraph bilang kalo Jeep Cherokee punya desain yang paling controversial di antara jenis Cherokee terdahulu. Mobil tipe ini pun masuk sebagai daftar mobil dengan desain paling aneh menurut Telegraph. Kalo diliat sepintas, bentuk moncongnya mirip Pontiac Aztek tahun 2000-an yang mendapat perdikat mobil dengan desain terburuk dari sejumlah media otomotif.

2. Pontiac Aztek

(Sumber: Telegraph)

Tahun 2008, Telegraph ngebuat voting soal mobil terjelek. Hasilnya, Pontiac Aztek yang diproduksi 2001-2005 yang menjadi juaranya. *sedih. Selain itu, mobil ini juga masuk sebagai 50 ugliest car in the world versi majalah TIME. Singkatnya, bentuk mobil ini emang perlu dirombak total sepertinya.

3. Toyota Yaris Verso

(Sumber: Telegraph)

Peminat Toyota yang loyal perlu bersabar soalnya Toyota Yaris Verso juga salah satu kendaraan yang engga enak dipandang. Kalo diliat dari depan, mobil ini mirip kendaraan hatchback dan city-car banget. Sementara bagian pantatnya keliatan besar dan lebar kayak angkot. Konsep apaan sih ini?

4. Fiat Multipla

(Sumber: Telegraph)

Mungkin yang ngedesain mobil ini lagi pusing atau salah bantal. Coba aja liat desain depannya mirip dua mobil yang ditumpuk secara paksa. Emang sih mobil mungil ini muat diisi enam orang. Kalo judulnya mobil tingkat, desain kayak gini mungkin baru keliatan pas. Iya engga?

5. Subaru Impreza

(Sumber: Telegraph)

Seperti halnya Fiat, mobil ini punya performa mesin yang oke mengingat diproduksi sama produsen mobil reli. Namun, proporsi lampu, panjang moncong, dan badan mobil yang bikin desain Subaru Impreza tahun 2000 ini gagal menurut Telegraph. Lampunya terlalu besar, sementara moncongnya terlalu kecil.

6. Subaru Tribeca 2005

(Sumber: Telegraph)

Wajar. Di tahun itu, Subaru baru pertama kali ngelebarin sayap dan bikin mobil SUV. Ketika diluncurin tahun itu, Tribeca langsung dikritik berbagai pihak. Karena itu, desain Tribeca pun diubah total pada 2007. Belajar dari kejadian tadi, Tribeca langsung naik status dengan mobil-mobil Subaru lainnya. Untung aja Subaru mau dengerin pendapat orang.

7. BMW X6

(Sumber: Telegraph)

Bahkan merk sebesar BMW yang biasa ngeraih juara pun bisa terpeleset. Telegraph bilang kalo BMW sangat maksa saat ngedesain BMW X6. Soalnya pabrikan itu nyampur adukin desain mobil coupe dengan SUV dan hasilnya ketinggalan jaman banget. Pasalnya desain serupa pernah dipakai oleh Isuzu di SUV VehiCROSS pada tahun 1999.

Gimana? Ada yang mau nambahin desain gagal lainnya? Tulis aja komentar kalian di bawah ya. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.