Rabu, 29 Juni 2022

Genmuda – Selain pengumuman kelulusan, hal lain yang paling ditunggu dan bikin engga sabar biasanya adalah pelaksanaan wisuda. Kalau udah lulus tapi belum wisuda, sebagian besar dari kamu mungkin bakal ngerasa kayak masih ada yang kurang.

Di satu sisi, bisa dibilang wisuda merupakan semacam penanda kalau kamu udah benar-benar nyelesain jenjang pendidikan tertentu. Di sisi lain, wisuda juga bisa nandain tahap baru dalam kehidupan kamu. Engga heran, wisuda pun engga cuma bisa bikin deg-degan bahagia, tapi juga deg-degan takut.

Namun demikian, terlepas dari berbagai perasaan yang bakal ngeliputin kamu, ada sejumlah hal terkait wisuda yang sebenarnya engga perlu sampai bikin kamu stres banget. Wisuda seharusnya ngasih kamu pengalaman yang indah, bukannya kekhawatiran gara-gara 7 hal berikut ini misalnya:

1. Mau pakai baju apa

Walau biasanya yang bakal ribet adalah para cewek, engga bisa diungkiri kalau banyak cowok di luar sana sekarang juga engga mau kalah saing dalam hal ini. Iya sih kamu pasti pengen terlihat sempurna di hari wisuda kamu. Tapi, hal ini engga usah dibawa pusing sampai yang gimana-gimana, soalnya nanti baju kamu bakal ketutupan toga di sepanjang prosesi. Kalaupun kamu engga pakai toga, mending kamu utamain kenyamanan kamu dulu ketimbang gimana penilaian orang lain terhadap penampilan kamu.

2. Toga kamu pas atau engga

Udah mah ribet mirikin baju, eh masih ribet pula mikirin toga. Kalau toga kamu ukurannya kebesaran atau kekecilan, ya coba tuker aja ke pihak sekolah atau kampus kamu. Kalau engga bisa, coba cari teman yang bisa diajak tukeran. Kalau masih engga bisa juga, kamu langsung ke tukang jahit aja buat minta diakalin. Intinya, kamu tenangin diri dulu aja, jangan keburu grasak-grusuk.

3. Nama kamu bakal salah sebut atau engga

Dipanggil Gabril padahal pengucapan nama kamu yang benar itu adalah Gebriel emang nyebelin, Kawan Muda. Apalagi dipanggilnya di hadapan banyak orang, kayaknya jadi makin engga berkesan aja deh tuh hari bahagia kamu. Eits, siapa bilang? Masih ada banyak hal menarik yang bisa kamu alamin di hari wisuda kamu, jadi kamu engga perlu mikirin banget soal hal ini. Lagi pula, orang-orang juga engga bakal ngeh, soalnya ‘kan masih ada banyak nama lainnya yang dipanggil selain kamu.

4. Bakal kesandung atau engga pas naik ke panggung/podium

Ini sebenarnya hal yang paling engga perlu kamu khawatirin dari wisuda. Kalaupun kamu tiba-tiba kesandung, ya udah engga usah panik. Teman-teman kamu yang lain juga sibuk dengan langkahnya masing-masing dan engga bakal merhatiin kamu banget dari ujung kepala sampai ujung kaki. Dibawa santai aja lah yang kayak gini mah!

5. Gimana reaksi orang tua kamu

Duh, ortu gue bakal nangis bombay engga ya? Kira-kira ekspresi ortu gue pas ketangkap kamera bakal malu-maluin engga ya? Well, hilangin pertanyaan-pertanyaan semacam itu dari otak kamu. Sebagai ortu, wajar aja kalau mereka diliputi perasaan haru di hari besar nan bahagia yang kamu alamin. Engga usah malu, semua orang umumnya bakal ngerasain hal yang sama.

6. Siapa aja yang bakal datang

Engga peduli sebanyak apa teman, saudara, atau orang-orang terdekat lainnya yang kamu kenal selama ini, ujung-ujungnya paling cuma sebagian dari mereka aja yang bakal datang ke wisuda kamu. Bahkan, bisa jadi yang bakal nyempetin buat hadir justru orang-orang yang engga kamu sangka. Ya udah lah ya disyukurin aja, yang utama ‘kan quality time-nya.

7. Gimana hasil fotonya

Foto bareng keluarga sering kali ribetnya emang naujubilah. Kamunya udah siap dengan pose cetar membahana, eh ortu kamu masih bingung mau duduk atau berdiri maupun mau senyum kelihatan gigi atau engga. Meski begitu, yang terpenting di sini sebenarnya adalah foto wisuda kamu masih bisa nunjukin momen berharga dari pencapaian kamu. Mau kamu sekeluarga posenya beda-beda asal momennya masih bisa ketangkap, itu udah lebih dari cukup.

8. Pendamping wisuda

Plis deh engga usah dibawa panik kalau kamu belum punya pendamping wisuda. Masih banyak teman-teman yang rela datang ke wisudaan kamu. Jika masih buntu, udah banyak juga kok tuh jasa sewa pendamping kuliah, dan kalau mau mencari yang murah meriah ajak aja temen yang udah terjerumus dalam friend-zone kamu. *awas dimodusin. He-he. (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer