Sabtu, 3 Desember 2022

Genmuda – Boneka selalu identik dengan mainan anak cewek, dari mulai yang masih kecil sampe yang dewasa. Karena bentuknya yang imut-imut, mengemaskan, dan minta banget dipeluk kayak pacar, boneka jadi opsi paling umum buat cowok ngasih kado ke cewek. Ngaku deh?

Akan tetapi, lucu ternyata engga melulu melekat sama boneka. Faktanya ada juga boneka menyeramkan dan bikin kita ogah banget beli apalagi dipeluk.

Saking seremnya, akhirnya banyak film-film horor yang ngejadiin boneka sebagai inti cerita film, mulai dari Chucky, Jigsaw, Annabelle, The Boy, sampe di Indonesia juga ada Jelangkung. Kurang fenomenal gimana lagi kan kisah horor boneka?

Nah, saat banyak dari Kawan Muda mikir-mikir buat punya boneka serem, di Thailand ternyata jadi suatu tren soal boneka serem. Tren boneka unik sekaligus serem ini dikenal dengan nama ‘Look Thep’ atau berarti Anak Tuhan.

Boneka ini berukuran sekitar bayi manusia dan sering dibawa oleh beberapa selebritis Thailand. Gokilnya lagi, mereka udah anggap boneka ini lebih mahal daripada tas Hermes. Mau tahu harganya berapa? Mulai dari 2.000-20.000 bath (sekitar Rp 700 ribu hingga Rp 7 juta-an).

 

A photo posted by Velent.C (@velent) on

Para masyarakat Thailand pun percaya kalo boneka ini udah kayak jimat yang memberikan keberuntungan, berkah, dan perlindungan kepada pemiliknya. Oleh sebab itu mereka harus memperlakukan boneka tersebut selayaknya anak sendiri, mulai dari mengajak ngobrol, pergi makan, sampai tidur bareng (sedih kan mblo).

 

A photo posted by Lil ? ?? (@warinbeer) on

Menurut stasiun TV Carbonated masyarakat Thailand percaya roh anak yang udah meninggal diundang masuk ke tubuh boneka melalui ritual. Keberadaan ‘Look Thep’ diyakini sebagai salah satu ajaran aliran kuno di Thailand yang bernama ‘Kuman Thong’, –dimana pengikutnya menyembah janin atau anak bayi mereka yang udah meninggal, dengan harapan roh-roh anak yang telah meninggal dapat mewujudkan impian mereka.

Meski dianggap mitos, akhirnya salah satu maskapai Thailand Airways memberikan kursi penerbangan murah buat penumpang yang ingin membawa ‘Look Thep’ mereka. Walau agak konyol, tapi dalam tiga bulan terakhir permintaan kursi ini mencapai 40 kursi lebih. Nah loh bingung kan?

 

Well, meski dianggap aneh, tren ini pastinya udah jadi bagian kebudayaan lokal masyarakat Thailand. FYI juga buat Kawan Muda, jangan sampe kamu minta oleh-oleh ‘Look Thep’ ya kalo ada teman habis liburan dari Thailand. (kecuali kamu emang greget banget!)

 

Sumber: Mashable

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.