Senin, 13 Juli 2020

Genmuda – Deretan bintang tanah air digaet, area Borobudur disulap jadi panggung artistik, dan semua dikemas dalam satu pertunjukan musikal dengan durasi 90 menit. Itulah tiga hal penting buat ngerangkumpeluncuran smartphone terbaru Vivo, yakni Vivo V9.

Bertajuk “Perfect Shot Perfect View” acaranya digelar di area Candi Borobudur, Sleman, Jawa Tengah, pada Kamis (29/3) malam. Acara juga makin istimewa karena disiarkan secara eksklusif oleh 12 stasiun televisi Indonesia dan 10 platform digital.

Tentunya semua itu dirancang Vivo buat ngenalin kamu sama Vivo V9. Setelah acara pertunjukan selesai, Genmuda.com dan media lainnya diajak buat ngobrolin kecanggihan smartphone ini. Mau tau kayak gimana? Nih, baca ulasannya biar kamu jadi punya pertimbangan kalo mau ganti handphone.

Versinya berbeda dari yang rilis di India atau China

©Genmuda.com/2018 Liki
©Genmuda.com/2018 Liki

Sesuai taglinenya, kamera utama V9 udah dilengkapi dual kamera (13MP dan 2MP) dan kamera utama AI Selfie 24 MP (f2.0) lengkap dengan sederet mode kamera seperti Professional, AI bokeh, AI HDR, AI face beauty, AR Sticker, hingga AI Scene Recognition.

Biar tampilannya lebih mewah V9 punya layar 6,3 inch FHD + FullView 1080×2280, RAM 4 GB, kapasitas memori internal 64 GB yang bisa diupgrade MicroSD hingga 256 GB. Smartphone ini juga udah menggunakan sistem operasi Android 8.1 dengan kapasitas baterai standar 3.260 mAh.

Berbeda dengan versi yang keluar di India, prosesor Vivo V9 yang masuk di Indonesia menggunakan Qualcomm Snapdragon 450 Octa-core, bukan yang Qualcomm Snapdragon 626.

Diakui oleh General Manager for Digital and Partnership Vivo Indonesia, Fahriansyah Fahrandi, perbedaan itu dipilih Vivo berdasarkan riset kebutuhan pengguna sekaligus menekan harganya supaya lebih terjangkau.

“Gak menutup kemungkinan jika nanti dibutuhkan kami akan memberikan kejutan (dengan Snapdragon 626) ke depannya” ungkap Fahriansyah kepada awak media.

Selain masalah prosesor, di Indonesia Vivo V9 juga punya tiga varian warna, yaitu emas, hitam, dan biru. Namun khusus warna biru ketersediannya belum bisa dipastikan karena nantinya jumlahnya juga terbatas.

Hadir pula fitur baru seperti ‘game mode’ dan ‘pocket karaoke’ yang bisa manjain aktivitas generasi milenial. “Setelah melakukan riset secara mendetail, maka bisa dibilang Vivo V9 adalah smartphone untuk millennials.” kata General Manager for Brand and Activation Vivo Indonesia, Edy Kusuma.

Agak nanggung

©Genmuda.com/2018 Liki
©Genmuda.com/2018 Liki

Namun demikian, dari semua spesifikasi itu Genmuda.com ngerasa Vivo V9 masih terkesan nanggung. Salah satu yang paling bisa disorot adalah unibodynya yang masih menggunakan material plastik sehingga kamu bisa nemuin bekas sidik jari di dekat area fingerprint. Belum lagi kalo handphonenya gak sengaja jatuh atau tergores, otomatis nodanya bakal susah dihilangkan.

Kualitas hasil foto bokehnya pun belum bisa dibilang sempurna banget karena hasil jepretan diatur secara kecerdasan buatan (AI) jadi perlu perjuangan ‘ekstra’ dari kamu membidik objek gambar.

Overall, dengan banderol harga Rp 3.999.000 sejak pre-order tanggal 29 Maret sampe 5 April 2018, Vivo V9 masuk kategori smartphone terjangkau untuk kantong generasi milenial. Belum lagi masih banyak bundling bonus dari berbagai partner Vivo Indonesia yang sayang kamu lewatin. Jadi cukup impas, yakan!

Kalo Kawan Muda tertarik ikutan pre-order Vivo V9 langsung aja cek TKP di Lazada, Shoppee, JD.id, Dinomarket, Akulaku. FYI, tiap-tiap e-commerce tersebut juga punya berbagai penawaran yang menarik, loh!

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.