Jum'at, 19 Juli 2024

Genmuda – Juni ini, Copa America Centenario, Euro 2016, Grand Prix F1, penunjukkan kembali Alfred Riedl sebagai pelatih PSSI, hingga penembakan tempat hiburan malam gay di Amerika Serikat jadi perbincangan hangat netizen.

Di antara tema itu, perbincangan seputar sepak bola selalu jadi bahasan hangat netizen. Olahraga satu ini emang digadang-gadang sebagai olahraga paling banyak peminatnya di dunia. Namun, turnamen manakah yang paling banyak diperbincangkan? Apakah perebutan gelar ‘King of Europe’ lebih sensasional daripada aksi rabona negara-negara Amerika Latin?

Kita tanya Mbah Google!

Uniknya, Google Trend, Senin (13/6) menyatakan berita F1 lebih populer daripada popularitas Copa atau Euro. Info yang berkaitan dengan F1 berada di posisi kedua Google Trend hari itu. Sementara berita Copa ada di posisi ketiga. Kemudian, berita tentang Euro ada di posisi keempat dan kelima. Posisi pertamanya diisi berita soal penembakan tempat hiburan gay di Orlando, Amerika Serikat.

Berita soal Lewis Hamilton yang menjuarai balapan F1 di Sirkuit Kanada trending karena doi mengutip kata-kata Almarhum Muhammad Ali ketika berpidato di podium. Kutipan “Float like a butter fly and sting like a bee” itu pun digembar-gemborkan media hingga akhirnya menjadi tren.

Sementara itu, Copa America lebih unggul dari Euro 2016 karena pertandingan Brazil kontra Peru. Popularitas dua tim itu, terutama Brazil lah yang mendongkrak popularitas berita-berita terkait Copa America Centenario.

Begini nih kelakuan pembalap karismatik dan si raja pesta Lewis Hamilton di sela-sela balapan. (Sumber: Mirror.co.uk)

Penggemar Piala Eropa jangan berkecil hati

Tenang. Hasil itu hanyalah hasil pencarian per Jumat. Kalo dicari popularitas dalam waktu 7 hari, info-info soal Euro 2016 yang selalu jadi trending topik di Indonesia menurut Google Trends. Info soal prediksi pertandingan jadi yang paling laris.

Puncak pencarian Euro 2016 terjadi tanggal 11 Juni kemarin waktu kick off perdana. Terus, menurun dan meningkat lagi waktu Inggris lawan Russia, 12 Juni. Lalu heboh lagi ketika Jerman kontra Ukraina pada 13 Juni.

Google Trends selalu ngasih poin popularitas Piala Eropa di atas 50 dari 100. Sementara Copa America Centenario dan F1 engga pernah bisa dapet poin popularitas di atas 10. Biar lebih jelasnya, liat aja grafik di bawah ini.

mana yang lebih populer
(Sumber: Google Trends)

Jadi, mana yang lebih populer di Indonesia?

Biarpun popularitasnya sempet kalah dari F1 dan Copa America, Euro 2016 selalu jadi bahan perbincangan rutin netizen. Engga perlu menjual pidato atau pun memanfaatkan pertandingan negara besar, perebutan hagemoni sepakbola di tanah Eropa lah yang lebih diminati. Kalo kawan muda lebih ngikutin Copa America Centenario atau Euro 2016? Ceritain Genmuda.com di kolom komentar ya! (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.