Sabtu, 18 Mei 2024

Genmuda – Sebanyak 450 juta netizen di seluruh dunia manfaatin grup ‘Buy and Sell’ di Facebook buat dagang dan belanja barang tiap bulannya. Buat menyikapi jumlah yang terbilang fenomenal itu, Facebook akhirnya luncurin fitur Marketplace, Senin (3/10).

Kalo dalam bahasa Indonesianya, Marketplace itu lebih mirip ‘Pasar Online’ ketimbang ‘Toko Online.’ Jadi, siapapun bisa jualan, masang harga, tawar-menawar, dan beli barangnya.

Dilansir dari News Room Facebook, Direktur Menejemen Produk Facebook, Mary Ku bilang kalo, “Fitur ini sangat berguna buat keluarga ataupun kolektor yang ingin mencari barang di lingkungan sekitarnya.”

via newsroom.fb.com
(Sumber: newsroom.fb.com)

Di fitur ini, pengguna FB langsung bisa ngeliat barang-barang yang dijual di sekitarnya. Tampilan paling atas berisi produk-produk yang dijual orang di daerah terdekat. Makin ke bawah, maka lokasi penjualnya semakin jauh.

Sampai berita ini diturunkan oleh Genmuda.com, Marketplace baru tersedia di Amerika Serikat, Inggris, Australia, dan Selandia Baru. Ditambah lagi, fitur ini baru bisa diakses lewat aplikasi Facebook di smartphone. Sementara netizen di belahan dunia lain terpaksa masih perlu bersabar.

FB Shops yang sekarang

via genmuda.com
Tampilan halaman FB Shops. (Sumber: Istimewa)

Masih dalam sumber yang sama disebutkan pula kalo fitur marketplace bisa diakses lewat menu FB Shops. Fitur itu udah tersedia sebelumnya bahkan di Indonesia sekali pun. Tapi, produk-produk yang ditampilin di FB Shop masih belum disusun sesuai tempat lokasi penjualnya.

Selain itu, postingan yang muncul di FB Shops masih dibuat sama akun Page/Fan Page di Facebook. Sementara itu, FB Marketplace bisa jadi tempatnya akun-akun pengguna biasa buat jualan. Dengan kata lain, kamu engga perlu repot-repot bikin halaman Fan Page.

Gampang dipakai

Bisa dibilang, FB Marketplace adalah penyempurnaan FB Shops. Tempat itu juga ditambahin fitur pencarian. Ketik nama produknya, terus FB langsung nampilin hasilnya sesuai lokasi. Yang paling relevan dan deket muncul paling atas.

Pengguna juga bisa ngejual produk segampang update status. Tinggal upload foto produk, tulis deskripsinya, masukin harga, tentuin kategori produknya, tulis lokasi penjualan, terus posting deh. Voila! Gampang kan?

via newsroom.fb.com
(Sumber: newsroom.fb.com)

Masih perlu pembenahan

Namun bukan berarti terobosan ini engga luput dari kritikan, gaes. Soalnya, fitur ‘pasar online’ FB masih belum selengkap situs e-commerce yang udah lebih dulu berdiri di Indonesia. Pengguna FB pun belum bisa ngasih ‘bintang’ atau penilaian ke penjual-penjual yang ada di situ.

Belum ada keterangan juga mengenai pemasangan fitur penilaian di FB Marketplace. Jadi, Kawan Muda masih perlu berhati-hati seandainya fitur ini udah masuk Indonesia.  Doakan aja semoga FB Marketplace sukses di AS, Inggris, Australia, dan Selandia Baru supaya bisa dikembangkan di Indonesia. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.