Jum'at, 24 September 2021

Genmuda – Kalau dulu ada jaminan kesehatan di Indonesia namanya adalah ASKES. Buat Kawan Muda yang hidup di keluarga PNS, polisi atau TNI pasti ngerti deh fungsi utama ASKES itu apa.

Nah, sekarang lembaga yang mengakomodir jaminan kesehatan secara keseluruhan di Indonesia adalah BPJS. Yup, bahkan kalau kamu sudah punya jaminan kesehatan ASKES wajib ditukar dengan BPJS.

Seperti apa sih BPJS itu?

(Sumber: WordPress)

Banyak Kawan Muda yang bilang pasti pakai BPJS itu sedikit ribet. Mulai dari daftar buat jadi anggota BJPS sampai mau menggunakannya pun banyak persyaratannya. Kalau Kawan Muda perhatiin di kantor BPJS, tiap hari pasti rame banget deh orang antre, bahkan engga sedikit dari mereka yang jadi calo dadakan.

Faktanya nih, hingga 2016 masih banyak masyarakat Indonesia yang belum menjadi anggota BPJS. Hal ini dikarenakan banyak asuransi pihak swasta yang lebih menjanjikan untuk penanganan fasilitas kesehatannya. Maka dari itu, akhir 2015 lalu sempet beredar gosip kalau kartu BPJS dijadikan salah satu syarat buat melakukan perpanjangan KTP ataupun SIM.

Fasilitas Kesehatan BPJS

(Sumber: WordPress)

Fasilitas yang Kawan Muda dapat tergantung berapa iuran yang kamu bayar setiap bulannya. Tersedia fasilitas kelas I hingga kelas III. Rumah sakit atau puskesmas tempat kita berobat pun harus sudah ditentukan dari awal kamu mendaftar dan menggunakan kartu BPJS. Jadi kalau kamu mau berobat di pelayanan kesehatan lain harus ada surat pengantar dari rumah sakit atau puskemas yang telah kamu tentukan pertama kali.

Iuran BPJS Naik (!)

Udah dengar kabar belum Kawan Muda, kalau iuran BJPS bakal naik hingga 35%? Bikin sedih banget ya, secara BJPS ini baru berlaku beberapa tahun doang, dan banyak masyarakat Indonesia yang belum puas dengan pelayanan hingga fasilitas dari BPJS ini.

‘Katanya’ per 1 april 2016 seluruh iuran BPJS bakalan naik. Kelas I dari 59.500 menjadi 80.000, kelas II dari 42.500 menjadi 50.000, kelas III dari 25.500 menjadi 30.000, dan tarif bantuan iuran (PBI) dari 19.250 menjadi 23.000

Terus kamu pasti bertanya-tanya kenapa sih harus naik? Menurut beberapa sumber yang dirangkum oleh Genmuda.com, kenaikan iuran ini diakibatkan karena beberapa tahun berjalanan pemasukan BPJS justru engga sebanding dengan pengeluaran, sehingga terancam mengalami defisit hingga kemungkinan bangkrut.

Maka dari itu, agar BPJS dapat berjalan sekaligus guna meningkatkan infrastruktur sarana prasarana kesehatan, iuran BPJS dinaikkan meski belum tahu akan berlaku kapan.

Apa Aja Fasilitas Kesehatan?

(Sumber: Kabar Kota)

Harusnya dengan iuran yang meningkat hampir 35% itu, fasilitas dan pelayanan untuk Kawan Muda anggota BPJS harus lebih baik dong. Ini dia beberapa sisi yang harus diperbaiki dengan iuran BPJS yang meningkat :

Kemudahan Akses untuk Tempat Pelayanan Kesehatan

As of 3:12pm I have paid off all of my student loans! ALSO I’m going on date with a friend of 3 years tonight. It’s a good fucki

Jika Kawan Muda mendaftar BPJS Online, pasti akan disuruh untuk memilih tempat pelayanan kesehatan yang paling dekat dengan alamat kamu. Padahal, pasti kita punya RS atau Puskesmas yang sudah kita tahu bagaimana kualitasnya. Dengan iuran BPJS yang baru, bisa jadi kesempatan untuk tidak terlalu ketat dengan urusan pilihan tempat pelayanan kesehatan yah.

Fasilitas Kesehatan yang Terjamin

Kesehatan nomor satu banget! Karena iuran BPJS akan digunakan untuk meningkatkan dan membuat sarana prasarana kesehatan jadi lebih baik, maka dari itu yang diutamakan adalah melihat apakah seluruh fasilitas di setiap puskesmas dan RS sudah sesuai dengan kelas yang ada. Jangan sampai, Kawan Muda udah bayar lebih di iuran BPJS namun fasilitas yang didapat engga sesuai dengan tingkat kelas yang kita pilih.

Pelayanan yang Cenderung ‘MengAnakTirikan’ Anggota BPJS

Banyak gosip yang bilang kalau berobat dengan kartu BPJS pasti yang ngelayaninnya jutek, atau bahkan pasien non BPJS menjadi prioritas. Entah benar atau engga, tapi Kawan Muda pasti engga mau hal yang begitu menimpa kamu kan?

Mungkin iuran BPJSnya bisa dipakai untuk meningkatkan pendapatan para tenaga medis atau pelayanan kesehatan dan juga digunakan untuk memberikan pelatihan kepada seluruh pekerja kesehatan. Supaya apa? Ya supaya kabar miring yang udah disinggung tadi bener-bener engga kejadian sama sekali.

Well, dengan naiknya iuran BPJS kira-kira apa aja harapan Kawan Muda buat fasilitas kesehatan ke depannya? Yang paling penting jangan jadi ajang korupsi buat oknum tertentu ya. Selamat beraktivitas, Kawan Muda! (sds)

Comments

comments