Jum'at, 25 September 2020

Genmuda – Kata orang, belajar itu bisa kapan aja dan di mana aja. Bahkan, saat udah lulus kuliah dan udah berumur pun, kita sebenarnya masih bisa terus belajar, Kawan Muda.

Pas baru abis diwisuda, banyak di antara kamu umumnya pasti pengen buru-buru cari kerja biar engga kelamaan nganggur. Sebaliknya, mungkin cuma sebagian di antara kamu yang mutusin buat lanjut kuliah lagi tanpa nyari pengalaman kerja dulu atau ngambil jeda buat ngelakuin kegiatan lain.

Terlepas dari itu, pada dasarnya lulus kuliah bukanlah akhir dari masa belajar kamu. Meskipun kamu engga lanjut kuliah atau nempuh pendidikan formal lagi, yang jelas masih ada segudang hal menarik yang bisa kamu pelajari buat bekal kehidupan kamu selanjutnya. Berikut ini adalah 5 dari sekian banyak cara yang sebaiknya kamu terapin supaya kamu bisa terus belajar setelah lulus kuliah:

1. Ikutan kelas online

Jaman udah canggih, kelas online pun sekarang udah banyak banget, Kawan Muda. Entah kamu sekedar mau belajar bahasa asing atau belajar musik, semua bisa kamu lakuin di dunia maya. Enaknya ikutan kelas online adalah kamu bisa nyesuain sendiri waktunya dan otomatis engga perlu hadir di tempat, kecuali kalo ada materi yang emang harus live banget. Kamu pokoknya bisa lebih fleksibel deh.

2. Datang ke seminar atau workshop

(Sumber: thesmallbusinesskit.com)

Siapa bilang seminar atau workshop cuma ada pas kamu kuliah doang? Pas kamu kerja, nantinya juga bakal ada beragam seminar atau workshop yang bisa kamu hadirin kok. Mulai dari yang terkait langsung sama kerjaan kamu sampai yang lebih ke arah diskusi terbuka tentang isu-isu tertentu, kamu tinggal pilih aja deh mana yang menurut kamu paling cocok buat kamu. Jika harus bayar, ya seengganya kamu ngebayar buat perkembangan hidup dan karir kamu ke depannya.

3. Perluas jaringan

Salah satu cara buat memperluas jaringan adalah dengan datang ke acara gathering, baik itu gathering komunitas atau gathering yang lainnya. Awalnya, kamu mungkin bakal ngerasa awkward dan bingung harus ngapain atau ngobrol sama siapa. Tapi, yang penting adalah kamu tahu gimana caranya ngebawa dan ngenalin diri kamu sekaligus jadi pendengar yang baik bagi orang-orang yang baru atau bakal kamu kenal. Ingat, dengan datang ke acara gathering dan ketemu banyak orang, kamu bisa belajar sesuatu yang engga bisa kamu pelajari di tempat lain.

4. Follow tokoh-tokoh ternama di medsos

(Sumber: whitehouse.gov)

Berhubung generasi sekarang merupakan generasi yang medsos abis, ada baiknya kalo kamu manfaatin medsos engga cuma buat ngepoin timeline mantan, tapi juga timeline orang-orang sukses. Dengan kamu nge-follow Presiden Barack Obama misalnya, kamu otomatis bakal bisa ngelihat kayak gimana keseharian beliau dan belajar dari situ. Kalo kamu pengen selangkah lebih maju, kamu mending sekalian aja coba gabung ke komunitas atau asosiasi profesional tertentu.

5. Selalu update berita

Tahu perkembangan beragam hal di sekitar kamu lewat berita itu juga penting loh, Kawan Muda. Sekarang ‘kan sejumlah jejaring sosial udah banyak yang nyediain fitur berbagi berita, jadi kamu manfaatin baik-baik deh tuh fitur-fitur semacam itu. Jangan kebanyakan ngikutin gosip seleb tapi kamu akhirnya malah jadi engga tahu perkembangan dunia ya. Selamat belajar! (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer