Selasa, 28 Mei 2024

Genmuda – Kalau ada nominasi penghargaan buat aktor yang paling sering diselamatin di film-filmnya, mungkin Matt Damon yang bakal jadi juaranya. Kok gitu?

Sebelum diselamatin dari Mars di film terbarunya, ‘The Martian’, Damon sebenarnya udah berulang kali ngalamin hal serupa di film-filmnya yang lain. Bahkan, sebenarnya ada banyak banget film di mana doi butuh pertolongan dari teman-temannya.

Nah, berawal dari kenyataan tersebut, seorang pria akhirnya berinisiatif buat ngeprediksiin seberapa banyak uang yang udah dihabisin buat nyelamatin Damon di beberapa filmnya. Pria itu adalah Kynan Eng, seorang peneliti kecerdasan buatan asal Australia yang berbasis di Zurich, Swiss.

FYI, dalam sebuah postingan Quora di bulan September yang baru viral belakangan ini, Eng udah ngedaftarin film-film di mana Damon perlu diselamatin. Beliau ngitungin anggarannya dan bikin estimasi berapa banyak uang bohongan yang dibutuhin buat setiap aksi penyelamatan. Berikut ini hasilnya:

 

  1. ‘Courage Under Fire’: 300 ribu dolar
(Sumber: 20th Century Fox)

Buat film tahun 1996 ini, Eng bikin estimasi kalau sebuah helikopter penyelamat pada Perang Teluk pertama bakal makan biaya sebesar 300 ribu dolar. Menurut Genmuda.com, uang yang sekarang setara sama 4,1 miliar rupiah itu sebenarnya bisa dipakai buat ngebeli beberapa bus Transjakarta baru.

  1. ‘Saving Private Ryan’: 100 ribu dolar
(Sumber: Dreamworks Pictures)

Menurut tebakan Eng, sebuah regu pencari buat seorang tentara pada Perang Dunia II bakal ngabisin dana sekitar 100 ribu dolar (sekitar 1,4 miliar rupiah). Dengan uang segitu, para pengguna commuter line Jabodetabek mungkin engga perlu ngeluarin ongkos walau cuma buat sekali dua kali.

  1. ‘Titan A.E’: 200 miliar dolar
(Sumber: 20th Century Fox)

Kapal evakuasi yang ngangkut Damon di awal film ini diprediksi Eng bisa makan biaya sampai 200 juta dolar. Kalau dirupiahin (jadi 2.742 triliun rupiah), uang sebanyak itu sebenarnya bisa dipakai buat bantu-bantu pemerintah buat ngebayar sebagian utang luar negeri.

  1. ‘Syriana’: 50 ribu dolar
(Sumber: Warner Bros. Pictures)

Penerbangan kembali dari sebuah perusahaan keamanan swasta di Timur Tengah ke Swiss kemungkinan bisa nelan anggaran sebesar 50 ribu dolar alias sekitar 685,5 juta rupiah. Dengan uang segitu, kamu udah bisa beli satu atau dua rumah besar di kawasan pinggiran Jakarta.

  1. ‘Green Zone’: 50 ribu dolar
(Sumber: Universal Pictures)

Butuh kendaraan militer AS buat kembali dari Timur Tengah? Engga masalah, asalkan kamu punya 50 ribu dolar. Tapi, kalau kamu pakai tiket promo PP yang harganya mulai dari 11 jutaan, uang sisanya masih bisa kamu pakai buat beli mobil sekaligus ngajak keluarga besar kamu beribadah ke Tanah Suci.

  1. ‘Elysium’: 100 juta dolar
(Sumber: TriStar Pictures)

Pengamanan di stasiun luar angkasa itu engga murah, demikian pula halnya dengan kerusakan gara-gara kebakaran Damon. Kalau dikasih 100 juta dolar alias 1,4 triliun, mending dipakai buat ngebenerin WC di sekolah-sekolah yang udah pada rusak dan baunya minta ampun.

  1. ‘Interstellar’: 500 miliar dolar
(Sumber: Paramount Pictures)

Sebuah pesawat luar angkasa yang bisa ngelakuin perjalanan lewat lubang cacing jelas aja ngabisin dana yang jauh lebih besar dari sebuah pesawat militer AS. Kalau Indonesia punya 500 miliar dolar atau setara dengan 6.855 triliun rupiah, mungkin Indonesia udah bisa langsung berhenti ngajuin utang luar negeri.

  1. ‘The Martian’: 200 miliar dolar
(Sumber: 20th Century Fox)

Kayaknya Damon senang banget tersesat di luar angkasa. Kali ini, misi penyelamatan doi pun makan biaya sampai 200 miliar dolar (sekitar 2.742 triliun rupiah). Kalau aja doi engga diselamatin, uang yang bejibun itu mungkin bisa dipakai anak-anak di Indonesia buat kuliah sampai S3 berkali-kali.


So, estimasi total uang yang harus dihabisin buat nyelamatin Damon di beberapa filmnya ternyata bisa mencapai 900 miliar dolar alias 12.339 triliun rupiah. Kalau berdasarkan anggaran filmnya, totalnya memang agak lebih rendah, yaitu sekitar 729 juta dolar (hampir 10 triliun rupiah). Meski begitu, tetap aja uang sebanyak itu udah bisa kamu pakai buat ngebiayain keluarga 7 atau bahkan 10 turunan. (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer