Sabtu, 18 Mei 2024

Genmuda – Speaker smartphone makin ke sini dibuat dengan kualitas yang makin baik. Suara yang keluar makin keras, jernih, bahkan ada yang bisa bikin suaranya ngebass. Suaranya pun bisa kedenger makin mantep kalo dipasangin speaker khusus.

Sayangnya harga speaker portable tergolong lumayan di kantong anak muda, apa lagi yang merknya udah tenar. Tapi tenang, sekarang Genmuda.com pengen nunjukin cara mudah dan murah buat bikin speaker ponsel yang suaranya lumayan buat hiburan di kamar atau ruangan kamu. Beginilah caranya:

1. Pakai earpiece dan gelas karton

via lifehacker.com
(Sumber: lifehacker.com)

Gelas karton yang kamu liat, entah itu dari restoran cepat saji, pesta di rumah tetangga, atau dari tempat sampah, bisa jadi bahan utama pembuat speaker phone. Kamu tinggal butuh earpiece buat bikin speaker stereo.

Caranya tinggal lubangi aja dasar gelasnya. Terus, masukin kepala earpiece dari dasar yang udah di bolongin ke dalam gelas karton. Tinggal set volume ke maksimal, dan voila! Kamu udah berhasil bikin speaker seadanya.

2. Kalo engga mau repot, masukin aja ponselnya ke dalam gelas karton

via lifehacker.com
(Sumber: lifehacker.com)

Ya, bener sih. Berhubung karton terbuat dari kayu otomatis resonansi suara ponselnya jadi bagus. Coba aja liat gitar, pasti suaranya merdu kan?

3. Kardus

via lifehacker.com
(Sumber: lifehacker.com)

Asalkan masih berbentuk boks yang kebuka di satu sisi, kardusnya masih bisa difungsiin sebagai pengeras suara. Serat-serat kayu yang ada di kardus bakalan menghantarkan suara cukup baik, tapi engga sebaik gelas karton yang bentuknya udah silinder.

4. Pakai aja gelas kaca dari dapur

via lifehacker.com
(Sumber: lifehacker.com)

Ngomong-ngomong soal silinder, gelas kaca yang ada di dapur bisa juga kok jadi speaker smartphone dalam keadaan darurat. Sayangnya suara yang keluar cenderung menggema karena pantulan suara di ruang kaca lebih ekstrim daripada kayu atau kertas.

5. Pakai mangkok deh cobain

via makeuseof.com
(Sumber: makeuseof.com)

Secara teori, ini juga bisa jadi pengeras suara darurat buat smartphone. Praktiknya emang bener. Suara yang keluar dari loudspeaker jadi djauh lebih berkelas. Tapi, keseringan terdengar bunyi getaran mangkok yang mengganggu banget suara asli dari ponselnya.

6. Gulungan kertas

via lifehacker.com
(Sumber: lifehacker.com)

Caranya simpel banget nih. Tinggal gulung aja ponsel kamu di dalam kertas. Pastiin cuma ada satu lubang yang keluar dari gulungan kertas itu. Tada~ Kamu udah sekarang udah punya speaker ala-ala yang suaranya oke juga.

PS: Kertasnya jangan tebel-tebel ya, gaes. Kalo ketebelan nanti malah jadi peredam bukannya jadi pengeras suara. Engga percaya? Coba aja sendiri.

7. Pakai bungkus keripik kentang

via makeuseof.com
(Sumber: makeuseof.com)

‘Kertas logam’ di dalam tabung keripik kentang tuh merupakan pemantul suara yang baik. Sementara itu, karton yang jadi bahan utama tabungnya bagus buat ngeredam gaung dan gema. Jadinya, speaker tabung keripik kentang bisa mengeluarkan suara yang dalam sekaligus kaya bunyinya. Bentuknya yang menyerupai corong panjang pun bikin resonansi suaranya baik. Paling pas banget buat dengerin lagu pakai loudspeaker.

Jadi Kawan Muda tinggal pilih sendiri bahan-bahan mana yang tersedia di rumah dan engga bikin kantong cekak. Kamu punya ide lain? Share di comment ya! (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.