Kamis, 3 Desember 2020

Genmuda – Cieee yang udah masuk tahun kedua kuliah… Masih suka nyasar atau ngerasa awkward engga nih kalo ketemu orang baru? Terlepas dari itu, yang jelas sih sekarang kamu udah resmi jadi senior (muda), Kawan Muda.

Di tahun kedua kuliah kamu ini, dijamin masih ada banyak hal yang bakal ngewarnain hari-hari kamu. Walau sebagian besar hal baru nan menarik mungkin udah kamu alamin di tahun pertama, seengganya di tahun kedua ini masih ada loh sejumlah hal yang perlu kamu cari tau lebih dalam lagi.

So, masih engga percaya? Jadi penasaran? Engga sabar pengen tau apa aja yang mungkin terjadi di tahun kedua kuliah kamu? Well, buat kamu yang pada kepo, berikut ini adalah 5 dari sekian banyak hal yang bakal terjadi dan belum tentu diketaui oleh para mahasiswa tahun kedua:

1. Tahun pertama kuliah kayaknya udah berlalu lama banget

via makeagif.com

Padahal mah baru juga kemarin jadi maba, eh rasanya kayak udah bertahun-tahun yang lalu aja. Pas ngelihat maba-maba yang lewat, kamu jadinya kayak sok ngenilai mereka banget gitu deh dari atas sampai bawah. Kamu ngerasa kalo kamu engga terlihat semuda mereka pas pertama kali masuk kuliah dulu. Bahkan, kamu mungkin beranggapan bahwa kamu engga sepolos mereka yang rajin banget masuk kelas dan tiba tepat waktu. Coba deh dilihat kaca di kamar kamu masih berfungsi atau engga. He-he.

2. Teman-teman mulai berubah

Seiring berjalannya waktu, teman-teman yang tadinya cees kamu banget pas jaman maba perlahan pasti bakal mulai berubah. Dengan keiikutsertaan mereka di UKM atau organisasi kampus dan hubungan baru yang mereka bangun, sebenarnya wajar aja kalo hal itu terjadi. Kamu bisa jadi bakal sadar pula kalo kamu engga lagi punya kesamaan dengan mereka selain tinggal di asrama/kost yang sama atau berasal dari kelas/jurusan yang sama. Ini engga masalah kok, Kawan Muda.

3. Harus milih pengutamaan

via feedyourfictionaddiction.com

Di sejumlah jurusan atau perguruan tinggi tertentu, para mahasiswa udah diharusin buat milih pengutamaan dari tahun kedua. Dengan demikian, kalo kamu anak komunikasi, sekarang kamu mungkin udah disuruh milih bakal masuk pengutamaan jurnalistik, humas, komunikasi pemasaran, atau yang lainnya. Iya sih kamu bisa aja ganti pengutamaan kalo masih sempat dan dibolehin. Terlepas dari itu, milih pengutamaan ini sama ribetnya loh kayak milih jodoh jurusan dan perguruan tinggi.

4. Udah paham cara ngatur jadwal, tapi tetap ketiban sial

Berhubung kamu udah belajar banyak hal di tahun pertama, di tahun kedua seharusnya kamu udah lebih berpengalaman dalam hal milih kelas dan dosen. Harapannya sih jelas kamu engga dapet kelas yang jam 7 pagi atau 4 sore dengan doser yang killer atau ngebosenin. Sayangnya, kamu masih harus harap-harap cemas alias H2C, soalnya yang pengen kayak gitu engga cuma kamu doang, tapi semua mahasiswa termasuk yang maba dan yang udah tingkat akhir sekalipun.

5. Pengen ngebantu maba

via github.com

Walau kamu dan teman-teman kamu suka ngetawain maba yang masih pada pakai seragam SMA, sebetulnya itu mungkin karena kamu teringat sama kayak gimana kamu dulu pas ada di posisi mereka. Oleh karena itu, dari lubuk hati kamu yang terdalam kamu pengen banget ngasih saran ke maba yang kamu kenal, meski kamu sendiri masih pada tahap nyari tau semua hal tentang kuliah. Ya seenggnya itu bisa jadi pengingat lah kalo kamu sekarang engga lagi berada di jenjang paling bawah. (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer