Selasa, 26 Januari 2021

Genmuda – Buat para mahasiswa tingkat akhir, yang namanya skripsi sering kali dianggap sebagai hal yang nakutin. Apalagi kalau udah dikejar deadline, rasanya mungkin bakal kayak pertarungan antara hidup dan mati.

Setelah lebih dari tiga tahun berlalu, kamu akhirnya tiba juga di salah satu saat paling nentuin dalam hidup kamu. Ibaratnya, skripsi merupakan suatu tugas besar yang mau engga mau harus kamu kerjain supaya kamu bisa terbebas dan ngakhirin jeratan tugas-tugas kecil di sepanjang perkuliahan kamu.

Singkatnya, kecuali kampus kamu engga ngeharusin kamu buat ngerjain skripsi, kamu saat ini tentu harus berpacu sama deadline skripsi kamu. Nah, pas udah mau deket-deket deadline itu, terkadang apa yang udah kamu rencanain malah suka engga berjalan segimana mestinya. Berikut ini adalah 6 hal yang pasti kamu pahamin banget kalau kamu lagi dikejar deadline skripsi:

  1. Otak sama tangan jadi suka engga sinkron

Bukan karena diguna-guna orang atau diapa-apain, yang jelas otak sama tangan kamu mendadak jadi suka engga bisa diandalin di waktu yang bersamaan. Di saat otak kamu udah berpikir keras, eh jari kamu malah malas ngetik. Sebaliknya, di saat jari kamu udah lihai lagi buat meluncur di atas keyboard, otak kamu malah jadi mandek. Mungkin kamu kurang minum air putih, Kawan Muda.

  1. YouTube jadi teman setia

Di saat otak mandek atau jari udah pegel, biasanya sih hal yang paling mungkin buat kamu lakuin adalah beralih ke YouTube. Entah itu nontonin video kucing, makanan, debat politik, atau artis yang bikin kontroversi, yang jelas YouTube udah jadi semacam pelarian buat kamu. Sayangnya, walau udah diniatin buat ngebuka YouTube-nya sebentar aja, ujung-ujungnya malah molor jadi berjam-jam.

  1. Godaan buat nongkrong makin besar

Saking capeknya terus-terusan ngerjain skripsi di kamar atau di kampus doang, biasanya kamu pasti bakal pengen keluar buat nyari suasana baru, entah itu di café atau tempat lainnya. Awalnya sih niat kamu mungkin buat sekalian nyari Wi-Fi gratis, tapi lama-kelamaan pasti kamu jadi engga konsen buat ngerjain skripsi dan jadi lebih fokus buat nongkrong.

  1. Kamu makin mahir jadi procrastinator

Ibarat atlet taekwondo yang jagonya udah kebangetan, kamu mungkin udah sampai dapat sabuk hitam dalam hal nunda-nunda ngerjain skripsi. Apapun itu asalkan bukan ngumpulin kata-kata buat tiap lembar skripsi kelihatannya jadi jauh lebih menarik, bahkan yang random kayak mendadak pengen bersihin WC. Kurang-kurangin lah kalau kamu mau cepat pakai toga, Kawan Muda!

  1. Makan, tidur, dan mandi jadi (makin) engga teratur

Pas awal-awal sih makan, tidur, dan mandi masih lancer kayak biasanya aja. Tapi, makin ke sini bawaannya malah jadi makin mager dan alhasil ngelakuin ketiga hal tersebut sesempetnya aja. Well, iya sih kamu memang diuber deadline. Tapi, bukan berarti ngorbanin kesehatan kamu juga ‘kan? Semangat para pejuang skripsi!

  1. Apapun bisa bikin kamu baper

Abang delivery telat nganterin makanan kamu baper, ibu kosan nge-SMS suruh bayar kosan kamu baper, dan bahkan nyokap kamu nelepon mau ngirimin uang kamu malah baper. Ya sebenarnya kamu bukan baper sih, tapi kamu panik karena skripsi kamu engga kelar-kelar padahal deadline-nya udah tinggal ngitung hari. Lagian, gimana mau kelar kalau engga kamu kerjain dan terus-terusan jadi procrastinator?

Kalau sekarang kamu lagi buntu mau ngerjain skripsi mungkin kamu juga bisa coba tips ini dari Genmuda.com. So, selamat menyelesaikan skripsi ya! Semangat! (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer