Minggu, 1 November 2020

Genmuda – Teror geng motor “Jepang” di Depok, Jawa Barat reda. Polisi menangkap 26 tersangka yang terlibat kasus perampokan Toko Pakaian Fernando di Jalan Sentosa Raya, Depok, Minggu (24/12). Empat di antaranya positif narkoba.

Aksi kejahatan itu bukan kali pertama. Geng yang punya anggota tiga cewek perekrut itu tercatat di Polda Metro Jaya pernah menjarah tukang gorengan, nasi goreng pinggir jalan, dan sejumlah warung makan di sekitar Depok.

Geng tersebut merupakan salah satu kelompok dari komplotan yang lebih besar. Selain Geng Jembatan Mampang (Jepang), ada juga Geng Rawamaya Beji Rasta (RBR), dan Geng Manusia Tahan Dobrakan (Matador) sebagai komplotannya.

via YouTube
Ini geng motor yang beneran ada di Jepang. (Sumber: YouTube)

Sejumlah anggota kelompok geng mempersenjatai diri dengan benda tajam. Tujuannya, buat nakutin calon korban supaya aksi mereka berhasil. Sejauh ini, penyelidikan masih dilakuin biar ketauan asal senjata tersebut.

Kasus penjarahan yang viral di medsos itu cuma segelintir aja dari kekejaman geng motor gak bertanggungjawab. Sekedar pengen ngingetin, di bawah ini adalah kasus-kasus lainnya.

1. Geng Moonraker teror jalanan malam Bogor

via Istimewa
Geng Moonraker. (Sumber: Istimewa)

Selama beberapa bulan terakhir, kejahatan Geng Moonraker makin menjadi. Bersama-sama, mereka mencegat pengendara motor lain di berbagai ruas jalan Kabupaten dan Kota Bogor, lalu merampok motor korban.

Kekerasan dengan senjata tajam sering dipakai buat lancarin aksi malam mereka. Sekitar November 2011, geng tersebut dibekuk polisi. Sebanyak 11 orang ditangkap, termasuk pimpinan gengnya.

2. Geng Buster bercokol di Cikarang Barat

via kompas.com
Geng Buster ditangkap. (Sumber: kompas.com)

Warga Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi sempat dibuat was-was. Geng Buster kerap nyerang warga secara tiba-tiba pake celurit. Aksi gak manusiawi itu dilakuin cuma demi nambah popularitas geng. Fak banget. Tapi, polisi udah tangkap 8 anggota geng, Oktober lalu.

3. XTC melukai Bandung

via Istimewa
Geng motor XTC. (Sumber: Istimewa)

Citra Bandung sebagai kota penuh keindahan (penduduk, alam, dan musik) rusak berat akibat kekejaman XTC, salah satu geng besar. Anggota geng itu gak ragu buat melukai parah korban perampokan mereka.

Pada beberapa momen, jalan-jalan malam di Bandung bisa begitu mencekam. Rasa ketakutan bisa menjalar dari ujung kaki ke ujung kepala saat dihampiri beberapa motor.

4. Brigezz juga lukai Bandung

via tribratanews.com
Kunjungan Geng Motor Brigezz kunjungi salah satu kantor polisi. (Sumber: tribratanews.com)

Kelompok ini merupakan musuh bebuyutan XTC yang sering berperang satu sama lain. Geng bentukan SMA 7 Bandung era 1980-an ini awalnya berkegiatan balap liar. Lama-lama, juga berlaku kriminal.

Berdasarkan temuan polisi, geng ini punya tiga ajaran. Yaitu, musuhi polisi, lawan orangtua, dan berlaku jahat di tengah malam. Seperti halnya geng motor lain, tindak kriminalitas geng ini juga dilakuin anggota di luar Bandung.

5. Ladies Sexy Road gak seseksi namanya

via viva.co.id
Ilustrasi geng motor cewek ditangkap polisi. (Sumber: viva.co.id)

Bukan cuma cowok, cewek-cewek juga aktif dalam geng motor. Misalnya, anggota Ladies Sexy Road (Laser), geng yang berafiliasi sama Klewang, pimpinan geng motor XTC.

Mereka gak segan berbuan kejahatan demi diterima ke dalam lingkaran pergaulan. 2013 lalu, polisi nangkep sejumlah anggota Laser dalam aksi perusakan.

Lima contoh lain itu adalah macam-macam kelakuan negatif geng motor. Tapi, gak semua geng motor itu jelek. Banyak juga kok yang berperan positif di masyarakat.

Misalnya, dengan wajibkan tiap anggotanya patuhi peraturan lalu-lintas, bareng-bareng beribadah berjamaah, hingga menyantuni orang-orang yang butuhin. Sekarang, pinter-pinter kamu aja milih lingkaran pertemanan. Terus, semoga gak ketemu geng motor jahat. Amiin. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.